Slide 1

Berita Berita BPPSPAM > BPPSPAM Dampingi PDAM Padang Panjang Terapkan ZAMP


Selasa, 02 Januari 2018, Dilihat 132 kali

Pada tahun 2018, Badan Peningkatan Penyelenggaraan Sistem Penyediaan Air Minum (BPPSPAM) mengawali pelaksanaan tugas dan fungsinya dengan mendampingi PDAM Kota Padang Panjang menerapkan Zona Air Minum Prima (ZAMP) di daerah pelayanannya. Advisor BPPSPAM, Ir.  Budi Sutjahjo ST MT bersama staf Bagian Teknis BPPSPAM telah memulai program pendampingan ZAMP dengan melakukan survei persepsi pelanggan dan pengukuran kualitas air di  daerah layanan PDAM Kota Padang Panjang pada tanggal 27-30 Desember tahun 2017. 

Walikota Padang Panjang, H. Hendri Arnis, BSBA. Berkomitmen untuk meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat,  mulai tahun 2018 PDAM akan mulai menerapkan pelayanan air siap minum di sebagian daerah pelayanan sesuai dengan ketentuan Permenkes Nomor 492 Tahun 2010 tentang Persyaratan kualitas Air Minum. Adapun daerah yang dijadikan pilot project pelayanan ZAMP yaitu di Zona I yang terletak di Kecamatan Silaing Bawah.

Hendri juga telah menyiapkan dana sebesar Rp. 5 miliar untuk mendukung PDAM meningkatkan layanannya kepada masyarakat. Selain itu miliar Hendri juga telah meminta jajaran direksi PDAM untuk melatih SDMnya untuk mendukung pelaksanaan ZAMP. “Pemda telah menyiapkan dana sebesar 5 miliar rupiah untuk mendukung PDAM meningkatkan layanannya kepada masyarakat”

Budi Sutjahjo mengatakan bahwa ada 3 syarat pelayanan  yang harus dipenuhi  sebelum PDAM menerapkan layanan ZAMP yaitu sisa chlor bebas di titik terjauh minimal 0,3 ppm, tekanan beban puncak minimal 0,7 bar, pengaliran 24 jam dan melakukan perbaikan pipa kurang dari 24 jam apabila terjadi kebocoran.

Dari hasil pengukuran tekanan dan survei persepsi pelanggan yang dilakukan PDAM bersama BPPSPAM diperoleh bahwa tekanan air pada beban puncak di PDAM Padang panjang baru mencapai 0,3 bar. Untuk menambah tekanan pada jam puncak, BPPSPAM menyarankan untuk melakukan penambahan zona pelayanan ZAMP sehingga tekanan dari pipa yang berasal dari Lubuk Mata Kucing dapat dimaksimalkan menjadi 0,7-1,1 bar.(el/Irn)