Pencarian

KALEIDOSKOP
KEMENTERIAN PEKERJAAN UMUM
TAHUN 2011

'Tahun 2011 merupakan tahun yang penuh tantangan bagi Kementerian Pekerjaan Umum (PU). Betapa tidak, pada 2011 Kementerian Pekerjaan Umum mendapat alokasi anggaran APBN terbesar yang nilainya mencapai Rp 57, 96 triliun, yang 87,2% terserap. Dari alokasi anggaran itu menjadikan Kementerian PU merupakan penerima anggaran terbesar sepanjang sejarah sejak instansi ini didirikan.  Sisi lain, tahun 2011 merupakan tahun kedua dari Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2010-2014, dimana pemerintah mulai memacu sekaligus memprioritaskan pembangunan infrastruktur sebagai ujung tombak atau titian penggerak untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi yang berujung pada peningkatan kesejahteraan masyarakat. Disisi lain, Kementerian PU pada tahun ini  mendapatkan mandat dari Presiden SBY untuk berperan sebagai motor penggerak implementasi program Master Plan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI).


Pusat Komunikasi Publik (Puskompu) mencatat sepanjang tahun 2011, kinerja Kementerian Pekerjaan Umum berhasil menorehkan capaian kinerja kerja yang terbilang cukup membanggakan. Masalah ini tecermin dalam laporan World Economic Forum (WEF) September lalu tentang The Global Competitiveness Report 2011-2012.  Dalam laporan itu menyebutkan, kondisi infrastruktur fisik Indonesia dinilai telah mengalami perbaikan. Terbukti, Peringkat Indonesia dalam infrastruktur naik 6 tingkat, menjadi peringkat 76 untuk periode 2011-2012. Sebelumnya, Global Competitive Index (GCI) pada Juni 2011  juga menyebutkan hal serupa, yang memperlihatkan bahwa peringkat Indonesia di bidang insfrastruktur secara umum semakin membaik dibanding tahun-tahun sebelumnya. Sebagai gambaran; kualitas jalan yang sebelumnya bercokol pada  peringkat 94, namun pada tahun 2010 naik peringkat menjadi urutan 84. 


Sepanjang 2011, tercatat pula orang pertama (Presiden SBY) terlibat langsung dalam peresmian/peninjauan ke proyek ke PU. Presiden meresmikan 6 buah proyek infrastruktur ke PU an antara lain JORR Seksi W1. Meninjau, perbaikan Jalan Nasional di Sulbar,  meninjau Embung Haekrit di NTT dan meninjau ruas lingkar Nagreg pada saat arus mudik Lebaran.  Begitu pula dengan Wakil Presiden Puskompu mencatat dua kali bersama Menteri PU yakni membuka Indonesia International Infrastructure Conference and Exhibition di Jakarta dan kegiatan  PNPM Mandiri di Sulbar. Di tingkat internal, Kementerian Pekerjaan Umum juga berhasil menyusun peta jalan (road map) reformasi birokrasi. Kementerian Pekerjaan Umum juga berhasil meraih peringkat kelima sebagai Badan Publik yang konsisten mengimplementasikan  UU No. 14 Tahun 2008 Tentang Keterbukaan Informasi Publik (KIP).  Sebagai mitra kerja DPR RI, khususnya Komisi V,  Menteri PU secara rutin menghadiri Rapat Kerja (Raker) dengan Komisi V DPR RI. Berapa rapat dengar pendapat penting dan strategis yang pernah dihadiri Menteri PU antara lain rapat kerja mengenai Jembatan Selat Sunda,  Perjanjian Pengusahaan Jalan Tol serta RUU Pembebasan Lahan.


Dalam tahun 2011 pula nilai investasi sektor pekerjaan umum yang diresmikan Presiden menembus angka capaian Rp 202 triliun. Sedangkan  Menteri Pekerjaan Umum dan Wakil Menteri Pekerjaan Umum masing-masing telah meresmikan nilai proyek yang angkanya cukup besar masing-masing Rp 16 triliun dan Rp 2,33 triliun. Beberapa proyek besar tahun 2011 yang diresmikan antara lainpembangunan akses Tanjung Priok seksi E-1 untuk ruas Rorotan-Cilincing;  fly over Balaraja;  fly over Merak;  Lingkar Nagrek, pembangunan jalan tol seksi II - Ungaran-Bawen dan pengoperasian ruas tol seksi I Semarang-Ungaran. Ditambah lagi;  pembangunan  Bendungan Jatigede;  Bendungan Situ Gintung dan peresmian serta serah terima pemanfaatan sambungan rumah air minum dan limbah di wilayah Kalimantan dan Jawa.


Djoko Kirmanto selaku pimpinan Komando Kementerian PU juga telah berupaya maksimal melalui kebijakannya demi terwujudnya pelayanan terbaik kepada publik. Kerja keras beliau telah ditunjukkan melalui berbagai kegiatan antara lain: Tampil di Televisi sebagai nara sumber sebanyak 10 kali, Radio: 2 kali, Rapat Kerja dengan DPR/D: 17 kali, Temu Pers: 4 kali dan Kunker Daerah sebanyak: 44 kali.  Kegiatan tersebut tidaklah ringan, bagi seorang yang kini usianya genap 68 tahun. Darma Bhakti Beliau sebagai Abdi Masyarakat selayaknya menjadi sebuah contoh Keteladanan yang patut ditiru oleh generasi penerus di kalangan  Kementerian PU.


Berikut ini catatan Kiprah Menteri PU sepanjang tahun 2011:


3 Januari

Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto bersama dengan Menteri-menteri bidang Perekonomian yang terkabung dalam KIB-2 menggelar jumpa pers. Djoko dalam kesempatan itu mengungkapkan bahwa pada tahun 2011 Kementerian PU mendapatkan anggaran sebesar Rp 57,96 triliun. Dana itu ucap Djoko akan digunakan untuk program penyelenggaraan jalan, pembangunan dan rehabilitasi jaringan irigasi & rawa, pembangunan/rehabilitasi waduk dan embung, pembangunan/rehabilitasi air baku, pembangunan prasarana pengendalian banjir, rehab OP SDA. Selain itu, yang tak kalah penting tambah Djoko adalah penyelesaian BKT, OP pengamanan pantai , pembangunan rusunawa, pengembangan infrastruktur permukiman di kawasan kumuh, pengembangan infrastruktur permukiman perdesaan, penanggulangan kemiskinan perkotaan, pembangunan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM), dan kegiatan lainnya.


4 Januari

Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto menerima Gubernur Jawa Timur Soekarwo dan perwakilan warga dari 9 (sembilan) RT yang terkena dampak lumpur Sidoarjo. Kedatangan mereka di Jakarta untuk meminta kepastian dari pemerintah mengenai nasibnya selama empat tahun di penampungan sementara. Sisi lain, tuntutan percepatan pemberian ganti rugi atas tanah mereka. Djoko Kirmanto selaku Selaku Dewan Pengarah Badan Penanganan Lumpur Sidoarjo (BPLS) mengatakan bahwa Kementerian yang dipimpinnya telah berkoordinasi dengan instansi-instansi terkait. Djoko menegaskan, lahan warga yang terkena dampak lumpur Sidoarjo diusulkan akan diambilalih pemerintah dan dijadikan lahan untuk kepentingan umum, yang selanjutnya akan dilaporkan kepada Presiden RI.


11 Januari

Menteri Pekerjaan Umum (PU) Djoko Kirmanto menerima kunjungan Mantan Dubes Australia untuk Indonesia Bill Farmer dan perwakilan AusAID, di kantornya di Jakarta. Kunjungan Bill Farmer adalah untuk membahas investasi dan kerjasama antara AusAID dengan Indonesia, khususnya Kementerian PU. Djoko Kirmanto menjelaskan investasi di bidang infrastruktur di Indonesia, khususnya bidang jalan, air minum dan sanitasi sangat besar. Indonesia masih membutuhkan bantuan berupa grant atau loan untuk membangun infrastruktur guna memenuhi kebutuhan hidup dan perekonomian di Indonesia.


12 Januari 2011  

Menteri Pekerjaan Umum (PU) Djoko Kirmanto melantik dua pejabat baru eselon I, yaitu Mohammad Hasan sebagai Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) dan Sri Apriatini Soekardi sebagai Staf Ahli Menteri PU (SAMPU) IV Bidang Hubungan Antar Lembaga. Mohammad Hasan dilantik menggantikan Sumaryanto Widayatin sementara Sri Apriatini Soekardi menggantikan jabatan yang ditinggalkan Mohammad Hasan. Pelantikan dihadiri oleh seluruh jajaran eselon I dan II di lingkungan Kementerian PU. Secara khusus, kepada SAMPU IV Bidang Hubungan Antar Lembaga, Menteri PU Djoko berpesan agar masalah gender dijadikan prioritas, terkait penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya Kategori Madya yang diterima Kementerian PU berkat komitmennya di bidang pemberdayaan perempuan.


14 januari

Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto  meninjau Jalan Jekulo Kudus di ruas jalan Kudus-Pati Pantura Timur yang mengalami kerusakan cukup parah. Kerusakan di ruas jalan ini mencapai 3 km hingga menyebabkan antrean panjang (2 km) yang sebagian besar didominasi kendaraan berat. Perbaikan jalan Kudus-Pati bersifat sementara dan ditaksir bakal menelan dana sekitar Rp 10 miliar. Ditengarai kerusakan jalan diakibatkan oleh tonase dari kendaraan yang berlebih. Oleh karena itu Kementerian PU memerintahkan agar ruas jalan ini (Pati-Kudus) dibeton, agar tidak mudah rusak, akibat kendaraan truk-truk yang kurang mengindahkan aturan larangan muatan berlebih.

                                            

17 Januari 

Menteri Pekerjaan Umum (PU) Djoko Kirmanto menjadi narasumber terkait topik seputar Lahar Gunung Merapi.  Dalam rubrik Dialog “Selamat Pagi Nusantar” yang disiarkan TVRI Jakarta. Djoko menjelaskan, volume lahar dingin yang ada di puncak Gunung Merapi sangatlah besar, sehingga infrastruktur yang berada sekitar Merapi, tidak mampu menampung. Diperkirakan volume lahar dingin di puncak Merapi mencapai 140 juta meter kubik. Padahal kapasitas infrastruktur (sabodam) yang dibangun Kementerian PU hanya mampu menampung 20 juta meter kubik. Secara bertahap, Kementerian PU sudah membangun sabo dam yang bermanfaat  menampung aliran lahar dingin dari puncak, agar tidak langsung mengalir ke hilir.

 

19 Januari 

Djoko Kirmanto kembali melantik 399 pejabat Eselon II dan III di lingkungan Kementerian Pekerjaan Umum, Rabu (19/1) di Jakarta. Dari 399 pejabat yang dilantik terdiri dari 29 pejabat Eselon II dan 370 pejabat Eselon III. Dari 29 orang pejabat Eselon II yang dilantik antara lain Taufik Widjoyono sebagai Kepala Biro Perencanaan dan kerjasama Luar Negeri, Puja Samedhi sebagai Kepala Biro Keuangan, Chaerul Thaher menjadi Sesditjen Bina Marga dan Nurdin Manurung menjadi Inspektur Khusus, Itjen Kementerian PU. Sedangkan untuk Pejabat Eselon III yang dilantik antara lain Sumito Kabag Perencanaan Umum, Biro Perencanaan dan Kerjasama KLN; Etty Winarni Kabid Humas, Lisniarie Munthe Kabid Dokumentasi dan Publikasi dan Benny Hermawan Kabid Pelaporan Pimpinan dan Pemprograman Pusat Komunikasi Publik; Kemas Mohammad Nur Asikin Kabid Kajian, Pusat Kajian Strategis; Sri Sarwoasih Kabag Kepegawaian dan Ortala, Dadang Rukmana Kabag Hukum dan Per-UU-an Ditjen Penataan Ruang.


25 Januari   

Menteri Pekerjaan Umum (PU) Djoko  Kirmanto  menghadiri Sidang Pleno BKPRN membahas tentang Raperpres tentang Rencana Tata Ruang Pulau (Sumatera, Jawa-Bali, Kalimantan, dan Sulawesi) dan lima Raperpres tentang Kawasan Strategis Nasional (KSN). Yakni, Medan-Binjai-Deliserdang-Karo (Mebidangro), Batam-Bintan-Karimun (BBK), Denpasar-Badung-Gianyar-Tabanan (Sarbagita), Makassar-Maros-Sangguminasa-Takalar (Mamminasata), dan kawasan perbatasan negara di Kalimantan. Hadir pula dlm sidang tersebut Menteri Koordinator bidang Perekonomian, Hatta Rajasa dan Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan.

 

4 Februari

Menteri PU, Djoko Kirmanto bersama Gubernur Jawa Tengah, Bibit Waluyo menembuskan terowongan pengelak (break through-diversion tunnel) Bendungan Jatibarang, di Semarang. Turut hadir dalam acara tersebut Dirjen SDA, Moch. Amron, Inspektur Jenderal Kemen PU, Basuki Hadimulyo, Direktur Sungai dan Pantai, Pitoyo Subandrio dan Walikota Semarang, Soemarmo HS. Menteri PU dalam penjelasannya menyatakan, kegiatan pembangunan waduk adalah dalam rangka pengelolaan terpadu sumber daya air dan pengendalian banjir untuk kota Semarang yang terdiri atas tiga komponen yaitu Pembangunan Bendungan Jatibarang, Normalisasi Kali Garang atau Banjir Kanal Barat serta Perbaikan Drainase Kota Semarang.


9 Februari

Menteri Pekerjaan Umum (PU) Djoko  Kirmanto  mendampingi Presiden Republik Indonesia (RI) Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) meninjau ruas jalan Kupang-Soe sepanjang kurang lebih 110 kilometer (km) di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT). Turut hadir dalam peninjauan tersebut  menteri-menteri Kabinet Indonesia Bersatu II dan beberapa gubernur, di antaranya Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro, Menteri Perhubungan Freddy Numberi, serta Gubernur NTT Frans Leburaya. Saat ini ruas jalan Kupang-Soe berkondisi baik dan hampir seluruhnya mulus, meskipun di beberapa titik, lebarnya masih di bawah standar. Selain itu, kondisi medan yang naik turun serta banyak kelokan membuat pengguna jalan harus berhati-hati.


11 Februari

Menteri Pekerjaan Umum (PU) Djoko Kirmanto  mendampingi Presiden Republik Indonesia (RI) Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) meninjau Embung Naiola di Desa Naiola, Kecamatan Bikomi Selatan, Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU), Provinsi Nusa tenggara Timur (NTT). Pemerintah pusat melalui Kementerian Pekerjaan Umum (PU), bekerja sama dengan pemerintah daerah (pemda) provinsi dan kabupaten akan meningkatkan pembangunan situ maupun embung di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT). Langkah tersebut dilakukan untuk mengantisipasi kondisi NTT, yang berlimpah air di musim hujan tetapi mengalami kekeringan di musim kemarau. Keberadaan situ dan embung akan memberikan manfaat yang besar, terutama untuk irigasi maupun air minum. Beberapa menteri Kabinet Indonesia Bersatu II, antara lain Menteri Kelautan dan Perikanan Fadel Muhammad, Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro, serta Bupati TTU Jack Amfotis tampak hadir. Menteri PU berjanji akan menambah jumlah dan meningkatkan kondisi situ dan embung di Provinsi NTT. Kunjungan SBY di Naiola merupakan bagian dari kunjungan Presiden selama 4 hari di NTT.


19 Februari

Menteri Pekerjaan Umum (PU) Djoko  Kirmanto  mendampingi Wakil Presiden (Wapres RI), Boediono, melakukan kunjungan kerja dan temu wicara dengan penerima manfaat PNPM-Mandiri, KUR, Penyuluh KB, Kader Posyandu dan Petugas Kesehatan yang dilaksanakan di Desa Bambu, Kecamatan Mamuju, Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat. Kunjungan kerja Wapres Boedione ke Sulawesi Barat ini juga dihadiri oleh beberapa Menteri Kabinet Indonesia Bersatu jilid II lainnya, diantaranya Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi, Menteri PDT Helmi Faizal Zaini, Menteri Pendikakan Nasional Muh Nuh dan Wakil Menteri Pertanian, Bayu Khrisnamukti. Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri merupakan penyempurnaan dari Program Pengembangan Kecamatan (PPK). Yakni, alokasi dana inisiatif bagi masyarakat yang mengusulkan kegiatan sendiri dalam pemenuhan kebutuhan pedesaan atau perkotaan masyarakat sendiri. Dengan demikian, kegiatan PNPM Mandiri adalah cermin kebutuhan rakyat. Dalam kegiatan tersebut masyarakat yang mengusulkan, merencanakan dan melakukan pekerjaan dengan pendampingan dari pusat.


24 Februari 2011

Menteri Pekerjaan Umum (PU) Djoko  Kirmanto  menjadi keynote speaker dalam forum group discussion(FGD) bertajuk “Pengembangan Infrastruktur untuk Percepatan Pembangunan Perekonomian Nasional” di Jakarta. Djoko mengatakan Infrastruktur merupakan salah satu aspek yang sangat menentukan keberhasilan percepatan pembangunan nasional, terutama di bidang ekonomi, dalam rangka mewujudkan Indonesia yang maju dan demokratis. Pembangunan infrastruktur juga dapat meningkatkan pemerataan pendapatan yang akan mampu menekan angka kemiskinan. Menteri PU mencontohkan, di bidang jalan, Kementerian PU telah melaksanakan pembangunan dan akan terus mengembangkan jalan trans, baik itu di Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, Nusa Tenggara, hingga Papua. Selain itu, akan dipercepat pula pembangunan jalan tol, terutama yang kontraknya sudah ditandatangani.


26 Februari 2011   

Menteri Pekerjaan Umum (PU) Djoko Kirmanto meninjau lokasi pembangunan akses tol Cibubur – Nagrak. Beliau menegaskan untuk mempercepat pembangunan akses tol Cibubur-Nagrak untuk  mengatasi kemacetan yang kerap terjadi di jalan Trans Yogie dan Cibubur Junction. Menurut Djoko pilhaknya melalui Direktorat Jenderal Bina Marga tengah melakukan perbaikan, peningkatan, dan pembangunan infrastruktur jalan baru di sekitar ruas ini. Jalur Trans Yogie merupakan jalan nasional dan merupakan jalur favorit yang digunakan oleh warga komuter sekitar Cibubur menuju Jakarta via tol Jagorawi. Dengan dibangunnya akses tol di area ini warga sekitar desa Cikeas Udik bisa memasuki Tol Jagorawi tanpa harus melewati  dan menumpuk di jalur Trans Yogie.

 

27 Februari

Menteri Pekerjaan Umum (PU) Djoko Kirmanto mengalungkan medali kepada Tim Gateball nasional Kabupaten Badung Provinsi Bali Minggu sore (27/2), yang menjadi Juara Pertama. Turnamen gateball diselenggarakan dalam rangka Hari Ulang Tahun ke-6 Asosiasi Gateball Jabodetabek (AGJ) di Taman Rekreasi Wiladatika Cibubur Jakarta. Dalam sambutannya Djoko Kirmanto selaku pelindung olah raga gateball mengajak para peserta terus berlatih keras sehingga kualitas pemain terbentuk.  Djoko Kirmanto berharap turnamen gateball ke depan bisa diikuti oleh 60 tim. Turnamen diikuti oleh 30 tim. Djoko berharap Tim mendatang mampu berkiprah di Gateball internasional. 


1 Maret

Menteri pekerjaan Umum (PU) Djoko Kirmanto menghadiri Sidang Kabinet terkait masalah penanganan kemacetan yang menghiasi ruas tol Merak -  Pelabuhan Bakauhuni hingga 12 km di km 97Pihak PT Marga Mandala Sakti (MMS) pengelola Tol Jakarta – Merak mengaku mengalami kerugian cukup signifikan. Sementara itu penanganan antrean dinilai sangat krusial sehingga perlu mendapatkan perhatian serius. Dalam siding tersebut, menteri PU juga didampingi oleh Dirjen Bina Marga, Kepala BPJT dan Direktur Operasi PT MMS . upaya jangka pendek, telah diupayakan oleh Kementerian Perhubungan. Sedangkan Kementerian PU tengah menjajaki kemungkinan dibangunnya Jembatan Selat Sunda (JSS) yang ground breakingnya (pencanangan pertama konstruksi) akan dimulai 2014 mengindahkan istruksi Presiden SBY. Menteri PU juga mengatakan bahwa Saat ini draf Peraturan Presiden (Perpres) terkait pembangunan JSS tengah dibuat. Perpres No.13 tentang Kerjasama Pemerintah & Swasta (KPS) sudah tidak menampung  untuk memuat penanganan JSS. Untuk itu dibutuhkan Perpres yang baru.


3 Maret 

Menteri PU Djoko Kirmanto didampingi Dirjen Cipta Karya menyambut  kedatangan Pemerintah kerajaan Spanyol di Kantor Kementerian PU, Jl pattimura No 20 Jakarta. Pemerintah Kerajaan Spanyol menyatakan ketertarikannya untuk bekerja sama dengan Indonesia dalam bidang perdagangan, transportasi dan komunikasi dan energi. Sedangkan investasi di bidang infrastruktur ke-PU-an, yakni jalan dan jembatan, pengolahan air, sanitasi, serta pengelolaan limbah yang dalam hal ini dikerjakan oleh Kementerian Pekerjaan Umum (PU). Menteri PU Djoko Kirmanto menyambut baik dan optimis delegasi dari Spanyol tersebut. Menteri PU mengatakan bahwa Indonesia juga memiliki agenda untuk mempercepat dan memperluas pembangunan berdasarkan pada komoditas utama yang dihasilkan, seperti pertanian, produksi kakao dan minyak kelapa sawit.

 

7 Maret 

Menteri Pekerjaan Umum (PU) Djoko Kirmanto menghadiri Rapat Kerja dengan Komisi V DPR-RI di Senayan terkait dengan Rencana pembangunan Jembatan Selat Sunda (JSS) dan antisipasi bahaya letusan Gunung Krakatau terhadap insfrastruktur PU. Menteri Pekerjaan Umum (PU) Djoko Kirmanto memaparkan berbagai kajian mengenai Jembatan Selat Sunda (JSS). Kajian tersebut termasuk simulasi gelombang tsunami akibat letusan Anak Gunung Krakatau, dan rekomendasi awal akan tinggi gelombang tsunami akibat letusan gunung Krakatau. Mengacu pada letusan tahun 1883, diperkirakan setinggi 6 meter, ketika sampai di JSS yang jaraknya 50 km dalam waktu satu jam. Sehingga setidaknya pondasi Jembatan harus didesain tahan terhadap gelombang Tsunami setinggi 6 meter tersebut Menteri PU menambahkan, untuk menghadapi bencana dan antisipasi letusan gunung Krakatau, Kementerian PU sudah menyiapkan pedoman-pedoman tanggap darurat sebagai antisipasi kerusakan infrastruktur PU di kawasan Selat Sunda. Misalnya, pedoman tanggap darurat untuk antisipasi kerusakan Bendungan Batutegi di Provinsi Lampung, berdasarkan Keputusan Direktur Jenderal Pengairan No.94/KPTS/A/1998 tanggal 30 Juli 1998.

 

8 Maret 

Menteri Pekerjaan Umum (PU) Djoko Kirmanto melakukan pertemuan dengan Menteri Perumahan Kenya, Peter Shoita Shitanda, di Kantor Menteri PU Jakarta hari ini. Peter Shoita Shitanda berharap Pemerintah Indonesia ikut berpartisipasi dan bekerja sama di bidang konstruksi Djoko Kirmanto yang didampingi Sekretaris Jenderal Kementerian PU Agoes Widjanarko, menyambut baik ajakan tersebut. Hal ini sangat mungkin terjadi karena saat ini banyak perusahaan jasa konstruksi Indonesia yang terlibat dalam pembangunan di Timur Tengah seperti Libya, Qatar, dan Uni Emirat Arab. Peter Shoita Shitanda mengakui kualitas dari pekerjaan konstruksi Indonesia, yang mempunyai program-program pelatihan cukup baik, dengan tenaga ahli yang kompeten. Untuk itu ia berharap akan adanya sharing/exchange expert dalam hal pelatihan dan training dalam bidang konstruksi. Mengenai hal tersebut Djoko Kirmanto menyatakan kesiapannya dan menjelaskan bahwa saat ini Kementerian PU mempunyai tim khusus mengenai pelatihan ini. Tim ini secara rutin mengirim tenaga pengajar untuk mengikuti training di Inggris, untuk menjadi pengajar training disini bahkan mengajar bagi tenaga ahli dari luar negeri.

 

9 Maret 

Menteri Pekerjaan Umum (PU) Djoko Kirmanto menghadiri Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan panitia khusus (Pansus) RUU Pengadaan Tanah untuk Pembangunan, DPR-RI, Rabu (9/3) di Jakarta. beberapa masukan yang disampaikan Menteri PU dalam RDP tersebut antara lain bahwa  Rencana Undang-Undang (RUU) Pengadaan Tanah untuk Pembangunan perlu menetapkan peraturan yang lebih tegas dan jelas terkait dengan konsinyasi dalam pengadaan tanah dan bagaimana mekanisme pencairan konsinyasi tersebut di pengadilan negeri agar terjadi keseragaman. Selain itu, RUU tersebut juga perlu menambahkan pembangunan atau penyediaan Ruang Terbuka Hijau (RTH) sebagai salah satu jenis pembangunan untuk kepentingan umum. Khusus untuk pembangunan jalan tol, hasil telaah Kementerian PU menunjukkan bahwa proses pengadaan tanah yang berlarut-larut akan meningkatkan biaya investasi pembangunan jalan tol. Komponen biaya pengadaan tanah dalam investasi jalan tol yang semula diperkirakan antara 20-25% dalam perkembangannya bisa naik hingga 30-40%.

 

10 Maret  

Menteri PU Djoko Kirmanto saat membuka forum Konsultasi Regional (Konreg) Kementerian Pekerjaan Umum (PU) Wilayah Barat di Jakarta. Dalam konreg tersebut menteri PU mengatakan bahwa Kementerian Pekerjaan Umum (PU) akan memberikan dukungan pembangunan infrastruktur di enam wilayah koridor ekonomi di Indonesia yaitu koridor Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, Bali, dan Papua-Maluku. Hal tersebut dipandang penting dalam rangka percepatan dan perluasan pembangunan ekonomi serta peningkatan kesejahteraan masyarakat, terutama di kawasan sekitar koridor. Tujuan penyelenggaraan konreg sendiri adalah untuk mensinergikan sumber daya pemerintah pusat dan daerah melalui sinkronisasi program dan kegiatan penyelenggaraan bidang PU dan penataan ruang tahun 2012.


14 Maret

Menteri Pekerjaan Umum (PU) Djoko Kirmanto menghadiri Rapat Kerja (Raker) bersama Komisi V DPR RI terkait pembangunan 24 ruas tol yang pelaksanaannya sempat tertunda. Komisi V DPR RI meminta Kementerian Pekerjaan Umum (PU) mengambil langkah-langkah tertentu untuk mempercepat pembangunan 24 ruas tol tersebut, termasuk, melakukan evaluasi terhadap investor-investor yang telah mendapatkan konsesi 24 ruas tersebut Djoko mengatakan Kementerian PU telah melakukan evaluasi terhadap 24 Perjanjian Pengusahaan Jalan Tol (PPJT). Hasilnya, secara umum 24 Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) memiliki kemampuan permodalan yang cukup dan 24 ruas tol memiliki tingkat kelayakan yang memadai. Namun demikian, dirinya juga mengakui adanya ruas yang mengalami kendala sehingga kemungkinan kontraknya akan diputus. Menteri PU mengatakan bahwa hingga tanggal 10 Maret 2011, Kementerian PU telah melakukan proses lelang melalui internet (e-procurement) terhadap 7.896 paket senilai Rp 28,2 triliun. Sebagai catatan, proses e-procurement sendiri telah diaplikasikan di Kementerian PU sejak tahun 2002. Menteri PU menambahkan, pihaknya juga telah melakukan tindak lanjut terhadap 13 rekomendasi dari 8 temuan hasil pemeriksaan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI.

 

15 Maret 

Menteri Pekerjaan Umum (PU) Djoko Kirmanto menghadiri pelantikan perjabat sekretaris di lingkungan Badan Pelaksana, Badan Pengembangan Wilayah Surabaya – Madura di Jakarta. Badan tersebut dibentuk sebagai upaya mendorong percepatan pembangunan di Surabaya – Madura (Suramadu), khususnya Pulau Madura untuk meningkatkan perekonomian Jawa Timur.

16 Maret 

Menteri Pekerjaan Umum (PU) Djoko Kirmanto melantik pejabat struktural eselon I, II, dan III sejumlah 18 orang di Jakarta, Rabu (16/3). Dalam sambutannya, Djoko mengingatkan kembali bahwa pada tahun 2011 ini Kementerian PU mendapatkan anggaran terbesar, sehingga memiliki tanggung jawab yang lebih besar dan lebih berat lagi dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.Lebih lanjut, Menteri PU mengharapkan agar seluruh pejabat dan pegawai di lingkngan Kementerian PU untuk senantiasa bekerja lebih giat lagi, dengan selalu menyesuaikan diri kepada perkembangan zaman dan tuntutan masyarakat. Selain itu, pegawai Kementerian PU juga diharapkan dapat memberikan kontribusi yang positif dalam upaya mewujudkan terciptanya iklim pemerintahan yang baik dan bersih, sebagai salah satu bentuk ke arah yang lebih baik. Sehingga, dapat diwujudkan SDM aparatur yang lebih profesional dan handal, terutama dalam menghadapi berbagai permasalahan bangsa khususnya dalam mendukung pembangunan ekonomi nasional.


18 Maret 

Menteri Pekerjaan Umum (PU) Djoko Kirmanto dan beberapa menteri Kabinet Indonesia Bersatu II serta puluhan pejabat tinggi negara lainnya pada Jumat (18/3) mendampingi Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Wakil Presiden (Wapres) Boediono menyampaikan Surat Pemberitahuan (SPT) Tahunan Pajak Penghasilan (PPh) Orang Pribadi. Acara berlangsung di kantor pusat Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan dengan tema “Peran Ibu dan Anak dalam Meningkatkan Kesadaran Masyarakat Membayar Pajak”.


21 Maret 

Menteri Pekerjaan Umum (PU) Djoko Kirmanto menerima rombongan Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo di kantornya. Djoko mengatakan, Kementerian Pekerjaan Umum (PU) terus mendukung pembangunan infrastruktur di Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel). Hal tersebut terlihat dari kucuran dana APBN untuk Sulsel yang mencapai Rp 1,943 triliun, dengan rincian Rp 949 miliar untuk pengembangan jalan, Rp 611 miliar untuk irigasi, Rp 370 miliar untuk cipta karya dan sisanya untuk tata ruang, serta ditambah Dana Alokasi Khusus (DAK) untuk kabupaten/kota sebesar 324 miliar


22 Maret  

Menteri Pekerjaan Umum (PU) Djoko Kirmanto memberikan sambutan dan materi singkat pada acaraInternational Workshop on New Ecohydrology Demonstration Site Projects ‘Ecohydrology for Managing Sustainable Water Futures. Beliau menegaskan bahwa PU tetap konsisten pada program konservasi penyediaan sumber daya air. Terutama dalam memperbaiki lingkungan daerah tangkapan air pada Daerah Aliran Sungai (DAS) di Indonesia. Mengingat, kondisi daerah tangkapan air tergolong memprihatinkan. Sebagai kementerian teknis, PU memfokuskan pada hal-hal yang bersifat konstruktif seperti membuat waduk, embung, dan DAM. Lebih lanjut dikatakan oleh Djoko, PU membangun waduk, embung dan DAM sebagai penyimpanan air. Hal lain yang dilakukan adalah melakukan penanaman pohon, peremajaan hutan agar siklus air kembali baik. Untuk melakukan hal tersebut diperlukan kerja sama dengan semua pihak, yakni Kementerian Perhutanan, Kementerian Pertanian dan masyarakat.


31 Maret 

Menteri Pekerjaan Umum (PU) Djoko Kirmanto  menerima Wakil Duta Besar Indonesia untuk China, Mayerfes di kantornya.Pemerintah China bermaksud mengundang Menteri Pekerjaan Umum (PU) dalam Forum Investasi Infrastruktur khusus Indonesia - China yang rencananya akan diadakan pada tanggal 25 Mei 2011 di Beijing. Rencananya pada forum tersebut Menteri PU dapat hadir untuk memberikan keynotessekaligus melakukan pertemuan bisnis dengan para stakeholder China yang akan mengikuti pameran forum infrastruktur. Forum ini akan diikuti oleh berbagai negara di seluruh dunia pada tanggal 26 - 27 Mei 2011. Melalui forum ini diharapkan dapat menjembatani kerja sama antara pengusaha di Indonesia dan China. Menteri PU Djoko Kirmanto menyambut baik hal tersebut. Ia mengatakan, Indonesia sudah banyak bekerja sama dengan China dalam pengerjaan proyek, meski baru sebagai kontraktor/pemborong. Bahkan ia mengajak untuk ikut berinvestasi.

 

2 April

Menteri Pekerjaan Umum (PU) Djoko Kirmanto menghadiri Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) KADIN 2011 bertema ”Realisasi Pembangunan Infrastruktur dan Konektivitas untuk Akselerasi Ekonomi Daerah Memasuki Masyarakat Ekonomi ASEAN” di Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel).  Dalam acara tersebut, Djoko Kirmanto mengajak para pengusaha yang tergabung dalam Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Indonesia untuk berpartisipasi dalam pembangunan infrastruktur bidang ke-PU-an, khususnya infrastruktur jalan tol dan air baku. Partisipasi dapat dilakukan dengan menjadi kontraktor untuk mengerjakan pembangunan infrastruktur yang didanai Kementerian PU ataupun sebagai investor. Hal ini penting, mengingat pemerintah hanya mampu membiayai sekitar 40%  dari total kebutuhan investasi infrastruktur ke-PU-an untuk tahun 2010- 2014, sehingga sisanya diharapkan dapat dibiayai lewat kerja sama dengan dunia usaha. Lebih lanjut, Djoko menjelaskan bahwa walaupun anggaran APBN yang diberikan kepada Kementerian PU pada tahun 2011 ini merupakan anggaran terbesar, 50% di antaranya digunakan untuk manajemen jalan nasional sepanjang 38.000 kilometer (km).


4 April

Menteri Pekerjaan Umum (PU) Djoko Kirmanto menjadi narasumber dalam dialog interaktif bersama RRI Pro 3,  di Kediaman Widya Chandra.  Dalam dialog tersebut, beliau mengungkapkan bahwa penyerapan Kementerian Pekerjaan Umum Tahun 2010 mencapai 97% dan dapat menyisinkan anggaran hingga Rp1,6 triliun. Jumlah tersebut dikembalikan kepada kas negara. Untuk itu, Kementerian PU mendapat reward dari Kementerian Keuangan karena dinilai memiliki penyerapan yang baik dan sisa anggaran yang disetorkan kepada kas negara. Selanjutnya, Djoko menyampaikan bahwa alokasi anggaran PU juga diperuntukkan bagi kawasan di luar Pulau Jawa. Hal tersebut sebagaimana disampaikan Wakil Presiden RI. Pembangunan di Pulau Jawa hanya melakukan preservasi dan peningkatan terhadap infrastruktur yang sudah ada. Dikarenakan sekitar 70-80% perekonomian berpusat di Pulau Jawa. Umumnya, pembangunan dilakukan di luar Pulau Jawa dan di Indonesia bagian Timur.


6 April 

Menteri Pekerjaan Umum (PU) Djoko Kirmanto mengisi Kuliah Umum di hadapan para mahasiswa Jurusan Pengairan Fakultas Teknik Universitas Brawijaya – Malang di Jakarta. Djoko menjelaskan tantangan pengelolaan sumber daya air yang sekarang tengah kita hadapi meliputi; Ketidakseimbangan antara ketersediaan dan kebutuhan air dalam perspektif ruang dan waktu; Meningkatnya ancaman terhadap keberlanjutan daya dukung sumber daya air, baik air permukaan maupun air tanah; Menurunnya kemampuan penyediaan air; Meningkatnya potensi konflik penggunaan air.Tantangan lain dalam pengelolaan sumber daya air adalah kurang optimalnya tingkat layanan jaringan irigasi; makin meluasnya abrasi pantai; lemahnya koordinasi, kelembagaan, dan ketatalaksanaan; rendahnya kualitas pengelolaan data dan sistem informasi serta potensi ancaman perubahan iklim global. Untuk itu, pengelolaan sumber daya air memfokuskan antara bagian hulu dan hilir sungai, antara kuantitas dan kualitas air, antara air tanah dan air permukaan serta antara sumber daya lahan dengan sumber daya air, antar sektor, antar kelompok pengguna serta antar daerah sehingga diharapkan dapat mengatasi berbagai masalah kelangkaan air.


8 April 

Menteri Pekerjaan Umum (PU) Djoko Kirmanto melakukan pertemuan dengan CEO GS Group ConstructionWoo Sang Ryong di Jakarta. GS Group Construction, salah satu perusahaan konstruksi asal Korea Selatan, tertarik untuk ikut terlibat dalam pembangunan Jembatan Selat Sunda (JSS). Mereka juga akan mengajak investor dan kontraktor dari negara lain untuk ikut berpartisipasi. Menteri PU mengatakan, sebagai investor, GS Group Construction dapat pula berinvestasi dalam bidang penyelenggaraan air bersih dan jalan tol. Dan sebagai kontraktor, mereka dapat berpartisipasi dalam berbagai bidang infrastruktur. Di bidang air bersih misalnya, ketersediaan air bersih dan aman dikonsumsi sekarang ini baru mencakup 50% dari kebutuhan masyarakat. Oleh sebab itu, Kementerian PU mempunyai rencana besar dalam sistem penyelenggaraan air bersih dan akan terbuka apabila ada investor maupun kontraktor asing yang akan ikut berpartisipasi.


13 April 

Menteri Pekerjaan Umum (PU) Djoko Kirmanto Rabu siang (13/4) membuka secara resmi PameranConBuild and Renewables Indonesia 2011 yang digelar di Arena Pekan Raya Jakarta. Dalam sambutannya, Menteri PU mengungkapkan penyelenggaraan ConBuild kerapkali digelar di berbagai negara. Menurut Menteri PU, globalisasi sektor konstruksi merupakan fenomena yang tidak bisa dihindari. Terlihat lebih dari 150 negara telah menyatu dalam wadah anggota World Trade Organization (WTO). Begitu pula dengan 10 negara di ASEAN, juga berpartisipasi dalam negosiasi jasa liberalisasi di wilayah tersebut, yang menyentuh pula  sektor jasa konstruksi. Dijelaskan Djoko, negara-negara yang terhimpun dalam WTO dan ASEAN telah sepakat akan mengapuskan penghalang perdagangan pada sektor jasa konstruksi.  Itu sebabnya isu paling strategis tidak terpaku pada pro dan kontra globalisasi, melainkan cara-cara mengatasi berbagai hambatan. Menteri PU memparkan, ada 4 strategi dalam upaya menjawab tantangan global. Pertama, membangun kapasitas sumber daya manusia agar mampu bersaing. Kedua membangun sinergi antara pelaku jasa konstruksi. Ketiga, membangun hubungan timbal balik antara stakeholder industri dalam wilayah eksternal. Keempat, membangun jaringan untuk wilayah internasional seperti membangun kepercayaan, kompetensi dan saling menguntungkan dalam berbagai aspek.


17 April 

Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kimanto membuka secara resmi uji coba operasi tol Akses Tanjung Priok seksi E-1 untuk ruas Rorotan-Cilincing secara gratis, Minggu (17/4) di Jakarta. Pemanfaatan ruas tol E 1 secara gratis bagi pengguna sampai hingga diputuskan pemenang tender operator jalan tol tersebut pada Mei mendatang. Menurut Djoko Kirmanto, uji coba operasi jalan tol sepanjang 3,4 kilometer (km) ini dalm upaya mempermudah akses transportasi kendaraan pengangkut barang maupun orang menuju Pelabuhan Tanjung Priok yang hingga kini melalui akses tol dalam kota. Adapun nilai investasi ruas tol tersebut sebesar Rp722,7 miliar.

 

27 April 

Menteri Pekerjaan Umum (PU) Djoko Kirmanto, Rabu siang (27/4), meresmikan Flyover (FO) Balaraja, Provinsi Banten. Dalam sambutannya Djoko Kirmanto mengatakan Fly Over Balaraja merupakan bagian dari paket Flyover Merak-Balaraja. FO tersebut bermanfaat untuk meningkatkan kelancaran arus lalulintas dan mempersingkat waktu tempuh dari dan menuju kawasan  industry. Dengan catatan jalan yang ada tetap dijaga untuk menjadi jalan lokal yang baik. Pada acara tersebut, Djoko Kirmanto didampingi oleh Wakil Menteri PU Hermanto Dardak, dan Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Marga Djoko Murjanto. Turut hadir Wakil Bupati Tangerang Rano Karno dan juga perwakilan dari kedutaan Jepang.


29 April  

Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto melantik Kepala Badan Pelaksana Badan Pengembangan Wilayah Surabaya-Madura (BPBPWS) Moch,. Irian, Jumat (29/4) di Jakarta. Dalam sambutannya Djoko Kirmanto mengatakan, tugas BPBPWS yang utama adalah mengoptimalisasi pengembangan wilayah Surabaya-Madura sebagai pusat pengembangan perekonomian Jawa Timur. Sebagaimana terkandung dalam Perpres No.27/2008, BPBPWS bertugas menyusun rencana induk dan rencana kegiatan pengembangan wilayah Suramadu, melaksanakan pengusahaan Jembatan Tol Suramadu dan Tol Lingkar Timur, dan melaksanakan pengusahaan pelabuhan petikemas di Pulau Madura. Selain itu juga membangun dan mengelola wilayah kaki Jembatan Suramadu serta kawasan khusus di Pulau Madura, menerima dan melaksanakan pelimpahan sebagian wewenang dari Pemerintah Pusat dan/ atau Pemda.

 

3 Mei 

Menteri Pekerjaan Umum (PU) Djoko Kirmanto berdialog dengan siswa-siswa SD Al Azhar Pusat yang mengikuti acara "Planners Goes to School" di lobby gedung Direktorat Jenderal (Ditjen) Penataan Ruang Kementerian Pekerjaan Umum (PU), minggu lalu. Djoko berharap, acara tersebut mampu melahirkan generasi-generasi muda yang peduli pada lingkungan dan pembangunan kota. Menteri Pekerjaan Umum (PU) Djoko Kirmanto mengatakan bahwa generasi muda perlu diberikan wawasan mengenai pembangunan kota dan perencanaan kota. Oleh karena itu, dirinya mendukung acara-acara semacam "Planners Goes to School" oleh Ikatan Ahli Perencanaan Indonesia (IAP), yang mengajak anak-anak untuk mengenal sejak dini mengenai perencanaan kota. Acara "Planner Goes to School” merupakan terobosan IAP dalam melakukan pencerdasan terhadap pembangunan kota dan aspek tata ruang. Sebab, persoalan pembangunan perkotaan dewasa ini tidak hanya menghadapi persoalan teknis dan birokratis semata.


4 Mei 

Menteri Pekerjaan Umum (PU) Djoko Kirmanto menghadiri Seminar Nasional Bendungan Besar dan Rapat Anggota Tahunan Komite Nasional Indonesia untuk Bendungan Besar (KNI-BB) Tahun 2011 di Bali, Rabu (4/5). Dalam seminar dengan tema “Bendungan Sebagai Infrastruktur Untuk Pengendalian Banjir” ini, Djoko juga mengatakan perlunya mengetahui apakah desain kriteria pada saat perencanaan pembangunan bendungan semula masih valid atau tidak. “Ini untuk menguji bahwa banjir yang akhir-akhir ini terjadi bukan disebabkan oleh menurunnya kapasitas waduk atau bangunan pelimpah yang sudah melampaui,” ujarnya.


5 Mei 

Menteri Pekerjaan Umum (PU) Djoko Kirmanto membuka Pameran Hari Air Dunia (HAD) XIX Tahun 2011 di Jakarta, Kamis (5/5). Acara ini dihadiri oleh seluruh jajaran pejabat eselon I di lingkungan Kementerian PU dan Menteri Perumahan Rakyat (Menpera) Arief Rachman. Dalam sambutannya, beliau mengatakan bahwa kunci untuk mengatasi permasalahan sumber daya air (SDA) yang multidimensional adalah dengan komunikasi yang terjalin baik, sehingga dapat membangun koordinasi dan kolaborasi antar stakeholder.Djoko berharap pameran ini mampu mendorong tumbuhnya inovasi dan ide kreatif dalam rangka pengelolaan SDA yang efektif dan efisien, di tengah keterbatasan sumber daya dan perubahan sosial yang begitu cepat. Pameran ini juga diharapkan menjadi sarana “temu-stakeholders” untuk mengkomunikasikan secara visual mengenai hal-hal yang telah dan akan dilakukan terkait pengelolaan SDA.

6 Mei 

Menteri Pekerjaan Umum (PU) Djoko Kirmanto membuka acara Musyawarah Nasional (Munas) II Masyarakat Peduli Perumahan dan Permukiman Indonesia (MP3I) di Bandung, Jumat (6/5). Dalam acara tersebut, Djoko mengatakan bahwa Pembangunan infrastruktur perumahan dan permukiman, terutama di daerah perkotaan, perlu memperhatikan dan memberikan prioritas kepada masyarakat berpenghasilan rendah (MBR). Penyediaan perumahan dan permukiman yang layak bagi MBR akan mengurangi adanya permukiman kumuh, dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat pada umumnya. Djoko menjelaskan, pertambahan penduduk Indonesia, terutama yang tinggal di perkotaan mengalami peningkatan pesat dalam beberapa dekade terakhir. Pada tahun 2010, jumlah penduduk yang tinggal di perkotaan kurang lebih 54 persen dan pada tahun 2025 nanti diperkirakan akan mencapai 68 persen. Meningkatnya penduduk perkotaan tersebut berimbas pada dibukanya lahan-lahan baru untuk permukiman, yang tidak jarang mengurangi ruang terbuka hijau (RTH).

 

7 Mei 

Kementerian Pekerjaan Umum (PU) dan Masyarakat Peduli Perumahan dan Permukiman Indonesia (MP3I) melakukan penandatanganan memorandum of understanding (MoU) di bidang pengembangan perumahan dan permukiman. Penandatanganan dilakukan oleh Menteri PU Djoko Kirmanto dan Ketua MP3I Aca Sugandhy di sela-sela pembukaan Munas II MP3I di Bandung, Jumat (6/5). Diharapkan, dengan penandatanganan MoU tersebut, akan tercapai kerja sama dan muncul terobosan-terobosan dalam menyelesaikan masalah permukiman dan perumahan, terutama bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR). Dalam wawancara dengan wartawan seusai acara, Djoko mengatakan pemerintah akan mendorong pembangunan perumahan dan permukiman di Jawa Barat (Jabar). Sebab, Jabar merupakan daerah denganbacklog (kekurangan) perumahan terbesar di Indonesia.


10 Mei 

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Hatta Rajasa didampingi Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto, , hari ini Selasa (10./5) meresmikan jembatan layang (fly over) Merak. Hadir dalam peresmian tersebut Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto, Wakil Menteri Perhubungan Bambang Susantono, Wakil Gubernur Banten HM Masduki, Dirjen Bina Marga Djoko Murjanto, Kepala BP Konstruksi Bambang Guritno, Ketua Komisi V DPR RI Yasti Soepredjo M serta perwakilan dari Japan Bank for International Cooperation(JBIC).Dengan adanya jembatan layang tersebut, diharapkan kemacetan yang biasa terjadi di depan pintu gerbang pelabuhan Merak bisa dikurangi. Jembatan ini diharapkan menjadi solusi untuk mengatasi kemacetan yang sering terjadi di wilayah Merak sehingga tidak lagi mengganggu kelancaran arus barang dan mobilitas manusia.


12 Mei 

Kementerian Pekerjaan Umum (PU) bekerja sama dengan PT. Djarum melalui program “Trees for Life”melakukan penghijauan di sepanjang ruas jalan Semarang-Losari dengan penanaman 7.300 pohon trembesi pada bulan ini. Langkah awal program tersebut ditandai dengan penanaman pohon dan penandatanganan prasati oleh Menteri Pekerjaan Umum (PU) Djoko Kirmanto dan President Director Djarum FoundationVictor Rahmat Hartonodi Dusun Onggorawe, Desa Loireng, Kecamatan Sayung, Kabupaten Demak, Provinsi Jawa Tengah (Jateng) pada Rabu (11/5). Program penghijauan di Demak tersebut merupakan lanjutan program penanaman sebanyak 2.767 pohon trembesi di sepanjang jalan Semarang-Kudus pada tahun lalu.  Dalam arahannya, Djoko mengatakan bahwa kegiatan penghijauan merupakan salah satu sasaran dalam Rencana Aksi Nasional Mitigasi dan Adaptasi Bidang PU dalam Antisipasi Perubahan Iklim. Menteri PU menjelaskan, program penanaman pohon merupakan salah satu prioritas pemerintah sejak beberapa tahun yang lalu. Hal ini dibuktikan dengan gerakan “One Man One Tree” yang dicanangkan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) pada Hari Penanaman Pohon Nasional tanggal 28 November 2008 yang lalu. Contoh lainnya adalah pemberian 100 ribu bibit pohon trembesi kepada Provinsi Aceh tahun 2009 silam.


13 Mei 

Menteri Pekerjaan Umum (PU) Djoko Kirmanto melakukan pertemuan dengan jajaran direksi PJT I di Malang, Jawa Timur, Jumat (13/5). Hadir dalam acara tersebut, Direktur Jenderal (Dirjen) Sumber Daya Air (SDA) Kementerian PU Mochammad Amron, Kepala Pusat Komunikasi Publik (Puskom) Kementerian PU Waskito Pandu, dan Direktur PJT I Tjoek Walujo Subijanto. Beliau mengatakan akan mendukung inisiatif dan inovasi Perusahaan Umum Jasa Tirta (PJT) I dalam mengembangkan Sistem Penyediaan Air Minum dan Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA). Artinya, setiap program harus memberikan manfaat yang nyata kepada masyarakat.  Menteri PU juga menyoroti secara khusus permasalahan yang terjadi di waduk-waduk di Indonesia, yaitu sedimentasi. Djoko menjelaskan, opsi untuk mencegah sedimentasi tersebut merupakan langkah terbaik daripada pengerukan waduk. Sebab, selain kemampuan kapal keruk terbatas, pengerukan waduk juga memerlukan pula penyediaan spoil bag dan itu bukan sesuatu yang mudah.


13 Mei 

Menteri Pekerjaan Umum (PU) Djoko Kirmanto menjadi narasumber dalam diskusi interaktif dengan civitas akademik Universitas Brawijaya di Malang, Jawa Timur, Jumat (13/5). Beliau mengatakan, Indonesia perlu meningkatkan daya saing internasional sehingga dapat mengundang lebih banyak investasi, terutama di bidang infrastruktur. Saat ini, tingkat daya saing Indonesia secara umum berada pada peringkat 44 dari 139 negara, sedangkan infrastruktur (sebagai salah satu pilar daya saing) berada pada peringkat 82 dari 139 negara. Sementara itu, khusus untuk jalan, posisi Indonesia berada pada peringkat ke 94. Djoko mengatakan, saat ini pemerintah dalam melaksanakan pembangunan selalu mengacu kepada strategi yang disebut “Triple Track Strategy Plus” yang meliputi peningkatan penciptaan lapangan kerja (pro job), pertumbuhan ekonomi yang berkualitas (pro growth), pengentasan kemiskinan (pro poor), serta kelestarian lingkungan (pro green).


15 Mei 

Menteri Pekerjaan Umum (PU) Djoko Kirmanto melakukan inspeksi ke Stadion jakabaring, Palembang,  yang sedianya akan digunakan untuk pelaksanaan Sea Games. Djoko Kirmanto menjelaskan, penydiaan beberapa infrastruktur pendukung penyelenggaraan Sea Games seperti, air bersih, jalan lingkungan, kolam retensi dan sarana Ruang Terbuka Hijau (RTH) menjadi tugas Kementerian PU. Menurutnya, semua fasilitas tersebut termasuk pekerjaan sarana olah raga lain akan selesai sesuai rencana.    Berdasarkan laporan yang disampaikan, pelebaran jalan protokol Kol. H. Burlian dan pekerjaan overlay menuju stadion yang saat ini dikerjakan diakui Menteri PU diperuntukkan untuk mendukung palaksanaan Sea Games November mendatang. Pekerjaan utilitas sedikit mengganggu, mengingat diruas jalan ini kendaraan cukup padat. Untuk memperlancar pekerjaan ini pihak Kementeri PU telah berkoordinasie dengan pihak Telkom, Walikota termasuk Gubernur Sumsel, tambah Menteri PU. Ditambahkan, selain pelebaran jalan. Jembatan Kramasan juga penyelesaiannya akan dipercepat guna memperlancar kegiatan Sea Games.

 

16 Mei 

Menteri Pekerjaan Umum, Djoko Kirmanto menerima bantuan Program Hibah Air Minum yang diberikan Pemerintah Australia (AusAID) Senin (16/5) di Palembang. Penandatangan Program Hibah senilai AUS 20 Juta untuk periode 2010 -2011 dilakukan Djoko Kirmanto (Menteri PU) dan Jacqui De Lacy (Pimpinan AusAID) disaksikan Dirjen Cipta Karya, Budi Yuwono, Walikota Palembang Eddy Sentana Putra, Direktur PDAM Palembang, Syaiful DEA dan utusan dari Bappenas.Program hibah tersebut antara lain diperuntukkan bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) di Kota Palembang (5000 KK) dan Kabupaten Muara Enim (1000 KK) yang masing-masing tersebar di 10 kecamatan dan 5 kecamatan.   Adapun 10 Kecamatan dimaksud yakni Ilir Barat (2), Ilir Timur (2), Kalidoni, Maju, Seberang Ulu (2), Kertapati, Gandus, Sematang Borang. Sedangkan 5 Kecamatan di Muara Enin yaitu Sungai Rotan, Beringin, Pulau Panggung, Ujanmas dan Gunung Megung.Dalam sambutannya Menteri PU menyatakan, pelayanan dibidang air bersih untuk  masyarakat belum sebanding dengan pertumbuhan penduduk di tanah air. Masalah ini menjadi tantangan berat pemerintah ke depan. Pasalnya, seiring dengan peningkatan jumlah penduduk yang pasti membutuhkan layanan akses air system perpipaan. Disatu sisi sumber air semakin langka.


18 Mei 

Menteri Pekerjaan Umum (PU) Djoko Kirmanto membuka Konferensi Internasional ke-5 tentang Geoteknik untuk Mitigasi dan Rehabilitasi Bencana sekaligus Konferensi Internasional ke-3 tentang Geoteknik dan Teknik Jalan di Semarang. Konferensi tersebut merupakan hasil kerjasama antara Kementerian Pekerjaan Umum (PU) dengan Universitas Diponegoro (Undip) dan Himpunan Pengembangan Jalan Indonesia (HPJI) Pertemuan dihadiri pula oleh Wakil Menteri PU Hermanto Dardak, Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Marga Djoko Murjanto, Wakil Gubernur Jawa Tengah Rustriningsih, dan Rektor Undip Sudharto Prawata Hadi. Dalam kesempatan tersebut, Menteri PU menekankan konferensi dapat memberi kontribusi pemecahan masalah bencana sehingga dapat mengurangi kerugian baik secara materi, moril, maupun rusaknya infrastruktur.Dalam acara tersebut, dibahas pula kemajuan teknologi geoteknik terkait berbagai kejadian bencana alam besar terakhir ini, antara lain di Jepang dan Selandia Baru. Dari berbagai kejadian terakhir, terlihat bahwa sebagian besar bangunan sudah mampu tetap berdiri tanpa kerusakan struktur berarti dibandingkan kejadian sebelumnya, serta dibutuhkan perhatian khusus untuk tanah yang mengalami liquifaksi.

 

21 Mei 

Menteri Pekerjaan Umum (PU) Djoko Kirmanto menghadiri acara Puncak Peringatan Hari Air Dunia (HAD) XIX Tahun 2011 di kawasan Bendungan Gintung, Banten, Sabtu (21/5). Dalam kesempatan tersebut, Djoko mengatakan Saat ini, paling tidak terdapat 2 miliar orang di dunia (termasuk di Indonesia) yang tidak memiliki akses air bersih yang sehat. Selain itu, ada 2 juta ton limbah yang mengalir ke badan air dan 90 persen bencana alam yang terjadi berkaitan dengan air. Oleh karena itu, masyarakat perlu meningkatkan kepedulian dan kesadaran akan arti pentingnya air. Djoko mengatakan, setiap insan perlu memberikan perhatian terhadap air, baik jumlah maupun kualitasnya, serta menjaga keberlangsungan air. Dirinya menambahkan, kita juga perlu menjaga daerah resapan air sebab saat ini banyak daerah resapan air yang justru digunakan permukiman atau industri.  Padahal, kita memerlukan ruang-ruang terbuka untuk menampung air.


23 Mei 

Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto menghadiri Rapat Koordinasi Sistem Transportasi untuk 6 Kota Besar di Jakarta. Menteri PU mengatakan penyelesaian masalah transportasi perkotaan, khususnya kemacetan, tidak bisa dilakukan secara sektoral dengan hanya membangun jalan, namun membutuhkan pendekatan yang lebih komprehensif, salah satunya melalui penataan ruang. Demikian disampaikan Menteri Pekerjaan Umum (PU) Djoko Kirmanto dalam Rapat Koordinasi Sistem Transportasi untuk 6 Kota Besar di Jakarta, minggu lalu. Masalah lainnya adalah peningkatan jumlah kendaraan yang melampaui kapasitas penambahan luas jalan, peningkatan jumlah penglaju (commuter), serta penggunaan badan jalan yang tidak sesuai fungsi sehingga mengurangi kapasitas jalan. Masalah-masalah tersebut pada hakekatnya merupakan akumulasi dampak dari ruang yang tidak tertata dengan baik. Oleh karena itu, percepatan legalisasi Raperpres Kawasan Kawasan Strategis Nasional (KSN) Perkotaan mendesak untuk diwujudkan sebagai penyelesaian masalah metropolitan secara efektif.


29 Mei 

Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto selaku Ketua Umum Pergatsi periode 2011-2014 menghadiri pengukuhan Pengurusan Besar Persatuan Gateball Seluruh Indonesia (Pergatsi), Minggu (29/5) di Cibubur, Jakarta.  Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto mengatakan, Gateball adalah olah raga yang menggunakan taktik dan strategi. Hal lain yang menarik adalah adanya pembatasan waktu pemukulan selama 10 detik. Hal tersebut melatih pemain untuk berpikir dengan cepat dan tepat. Susunan Pengurus Besar Pergatsi  antara lain Ketua Umum Djoko Kirmanto, Wakil Ketua I Jatmiko, Wakil Ketua II Basoeki Hadimoelyono, Sekretaris Jenderal Setia Budhy Algamar dan Ketua Bidang Sarana dan Prasarana Susalit Alisius. Pergatsi sebagai wadah organisasi induk bertanggung jawab pada pembinaan dan perkembangan olah raga Gateball. Pembentukan Pergatsi dimulai pada Munas I di Bali tanggal 17 Oktober 2010. Dilanjutkan di Temanggung pada 30 Oktober 2010 yang menghasilkan pembentukan organisasi dan pengurus induk Pergatsi.


30 Mei 

Menteri Pekerjaan Umum (PU) Djoko Kirmanto melakukan pertemuan dengan para pengusaha Malaysia yang tergabung dalam Associated Chinese Chambers of Commerce and Industry of Malaysia (ACCCIM). Hadir pula mendampingi dalam acara tersebut, para pejabat eselon I dan II, antara lain Wakil Menteri Hermanto Dardak, Sekretaris Jenderal Agoes Widjanarko, Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Marga Djoko Murjanto dan Dirjen Penataan Ruang Imam Ernawi. Dalam pertemuan tersebut, Djoko menjelaskan bahwa kesempatan berinvestasi di bidang jalan tol dan penyediaan air minum sangat terbuka. Untuk itu, menurut Menteri PU, pemerintah telah melakukan berbagai macam upaya untuk memfasilitasi dan meminimalkan resiko investasi swasta.


31 Mei 

Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto memberikan Pembekalan Mahasiswa di Universitas Gadjahmada, di Yogyakarta. Dalam sambutannya, beliau mengatakan capaian laju pertumbuhan ekonomi sekitar 6% selama periode 2004-2008 belum cukup untuk mewujudkan tujuan masyarakat Indonesia yang sejahtera. Padahal. percepatan pertumbuhan ekonomi yang diinginkan adalah pertumbuhan ekonomi yang mengikutsertakan sebanyak mungkin penduduk Indonesia (inclusive growth). Dengan demikian dapat mengurangi jumlah kemiskinan serta memperkuat kapasitas keluarga Indonesia. Ditambahkannya, pengurangan kemiskinan tidak sepenuhnya dapat mengandalkan pertumbuhan ekonomi, tetapi juga memerlukan berbagai intervensi yang efektif. Untuk mengurangi kesenjangan antardaerah, pertumbuhan ekonomi harus tersebar ke seluruh wilayah Indonesia, terutama daerah-daerah yang masih memiliki tingkat kemiskinan yang cukup tinggi. Sedangkan, sumber pertumbuhan ekonomi yang berkualitas dan berkelanjutan harus berasal dari peningkatan produktivitas yang sangat ditentukan oleh peningkatan kualitas sumber daya manusia, utamanya dalam penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi. Kepada para mahasiswa, Menteri PU beliau juga menghimbau agar para mahasiswa mendharmabaktikan ilmu dan pengetahuan yang dimiliki.


7 Juni

Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) menyerahkan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) Laporan Keuangan Kementerian Pekerjaan Umum (PU) Tahun 2010. Penyerahan dilakukan oleh Anggota IV BPK Ali Masykur Musa dan diterima oleh Menteri PU Djoko Kirmanto. Dalam kesempatan tersebut, Djoko menyatakan bahwa Kementerian PU akan terus berusaha meningkatkan kinerja di bidang pengelolaan keuangan dan aset, mengingat sejak tahun lalu Kementerian PU sudah mendapatkan predikat Wajar Dengan Pengecualian (WDP) setelah beberapa tahun sebelumnya sempat berstatusdisclaimer. Namun, tentunya Menteri PU ingin meningkatkan lagi supaya mendapat predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP).

 

9 Juni 

Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto menerima rombongan pemerintah Jepang yang di pimpin oleh anggota House of Representatives Hiroshi Moriyama di Jakarta. Dalam kesempatan tersebut, Djoko mengatakan bahwa Metropolitan priority area di Jabodetabek, termasuk salah satu program besar dalam koridor ekonomi kita. Sebagaimana diketahui bahwa Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi di Indonesia (MP3EI) sedang disusun, dengan bantuan yang sangat besar dari pemerintah Jepang, yang bisa digunakan sebagai dasar membangun Jakarta dan sekitarnya, sehingga kemacetan kota Jakarta dapat dikurangi.

 

10 Juni

Menteri Pekerjaan Umum (PU) Djoko Kirmanto meresmikan Embung Haekrit yang terletak di Desa Manieten, Kecamatan Tasifeto Timur,  Kabupaten Belu, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT). Embung Haekrit dibangun dengan biaya Rp 34,860 miliar dan memiliki volume tampungan bersih 2,39 juta m3 dengan luas area irigasi potensial mencapai 300 ha. Kedalaman maksimal embung adalah 15 m serta kedalaman minimal 2 m, sedangkan panjang tanggul/puncak mencapai 220 m dengan tinggi badan bendungan 16,5 m dan kapasitas air baku sebesar 30 lt/det. Dalam arahannya, Djoko mengatakan bahwa prioritas pemerintah dalam pengelolaan sumber daya air (SDA) adalah untuk memenuhi kebutuhan pokok masyarakat sehari-hari dan penyediaan irigasi bagi pertanian rakyat. Hal tersebut juga dilakukan dalam rangka mencapai salah satu target Millennium Development Goals (MDGs) yaitu mengurangi hingga setengah proporsi masyarakat yang tidak memiliki akses terhadap air minum yang aman dan prasarana dasar sanitasi.

 

10 Juni

Menteri Pekerjaan Umum (PU) Djoko Kirmanto secara simbolis meresmikan 5 proyek di NTT yaitu Jaringan Irigasi Daerah Irigasi (DI) Malaka di Kabupaten Belu seluas 7.020 ha, Prasarana Pengamanan Pantai Maumere di Kabupaten Sikka, serta Prasarana Embung Kecil (94 buah) dan Embung Irigasi (3 Buah), Prasarana Pendayagunaan Air Tanah (JIAT) seluas 1.870 ha, dan Prasarana Pengelolaan Air Baku 211,5 lt/det yang ketiganya tersebar di seluruh Provinsi NTT.

 

10 Juni 

Menteri Pekerjaan Umum (PU) Djoko Kirmanto  bertemu dengan dan Bupati Belu Joachim Lopez di NTT. Hadir pula dalam pertemuan tersebut Ditjen SDA Mochammad Amron, Direktur Sungai dan Pantai Pitoyo Subandrio, Direktur Irigasi dan Rawa Imam Agus Nugroho, Direktur Pengembangan Air Minum Danny Sutjiono, Kepala Pusat Komunikasi Publik Waskito Pandu, serta Wakil Gubernur NTT Esthon Fonay. Dalam pertemuan tersebut, Kepala Bappeda Belu Falentinus Pareira menjelaskan bahwa saat ini daerahnya tengah merencanakan pembangunan beberapa sarana infrastruktur. Di antaranya, pembangunan jalan sabuk perbatasan yang menghubungkan jaringan Jalan Nasional Kupang-Atambua-Motaain dan jalan sabuk perbatasan Motaain-Turiskain – Metamauk dengan total panjang 212,35 km. Menanggapi hal tersebut, Menteri PU menyatakan apresiasinya atas langkah-langkah yang telah dan akan diambil oleh pemerintah Kabupaten Belu. Menurutnya, posisi dan peran Belu sangat strategis karena lokasinya yang berada di daerah perbatasan.

 

13 Juni

Menteri Pekerjaan Umum (PU) Djoko Kirmanto hadir dalam Rapat Dengat Pendapat Umum (RDPU) antara Komite II DPD RI dengan Kementerian Pekerjaan Umum (PU) di Jakarta. Komite II Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI mengusulkan agar pemakaian aspal alam buton (asbuton) dapat dimasukkan ke dalam revisi UU No.38 Tahun 2004 Tentang Jalan. Kualitas asbuton dipandang lebih baik dalam menjaga kondisi jalan nasional agar tidak mudah rusak. Namun pada kenyataanya, pemakaian aspal buton yang belum maksimal dalam pembangunan jalan di Indonesia. Menteri PU mengatakan, pemerintah memberikan jaminan pasar dalam pemanfaatan pemakaian asbuton untuk digunakan oleh kontraktor pemenang tender proyek infrastuktur jalan. Hal tersebut demi mendorong investor penghasil asbuton meningkatkan produksi kebutuhan aspal nasional. Namun sampai sekarang, belum ada investor yang benar-benar mampu menyediakan aspal buton untuk pembangunan jalan dalam tingkat besar. Berdasarkan penelitian Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kementerian PU, meski harganya lebih mahal dari aspal minyak, aspal buton yang telah diproses hasilnya lebih baik dari aspal minyak. “Sejujurnya saya lebih memilih aspal buton daripada aspal minyak. Selain mengurangi biaya impor, juga menciptakan lapangan pekerjaan,” ujar Djoko.  

15 Juni 

Menteri Pekerjaan Umum (PU) Djoko Kirmanto hadir dalam Rapat Kerja Komite IV DPD RI dengan Menteri PU Djoko Kirmanto yang didampingi jajaran pejabat eselon I Kementerian PU di Jakarta. Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI mendukung upaya Kementerian Pekerjaan Umum (PU) dalam mendorong pembangunan dan perbaikan sarana strategis pada wilayah koridor ekonomi yang dilaksanakan setiap tahun. Hal ini dipandang penting guna meningkatkan perdagangan regional dan mempercepat peran daerah sebagai gerbang perdagangan internasional. Rapat tersebut membahas Pokok-Pokok Kebijakan di Bidang Pekerjaan Umum dalam RAPBN TA 2012 dan RAPBN-P TA 2011.

 

20 Juni 

Menteri Pekerjaan Umum (PU) Djoko Kirmanto menjadi narasumber dalam acara Public Corner, di Metro TV. Dalam acara tersebut, menteri PU mengatakan bahwa Program Master Plan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3I) merupakan fokus pemerintah dalam pembangunan Indonesia ke depan. Fokus tersebut melalui pertumbuhan ekonomi yang tinggi dan influsi, diharapkan Indonesia menjadi 12 besar kekuatan ekonomi. Salah satu langkah untuk mengangkat Indonesia agar menjadi 12 kekuatan besar di dunia pada tahun 2025 dan 8 besar pada tahun 2045 melalui perkembangan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan. Pemerintah menerbitkan MP3I dengan strategi utama yakni menuju Negara maju yang lebih sejahtera melalui percepatan dan perluasan pembangunan ekonomi Indonesia 2011-2025.

 

21 Juni
Menteri Pekerjaan Umum (PU) Djoko Kirmanto menandatangani Memorandum of Understanding dengan Center for River Basin Organizations and Management (CRBOM) di Malang. MoU tersebut sebagai bentuk kerja sama antara Pusat Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Air Kementerian Pekerjaan Umum (PU) bersama Perusahaan Umum (Perum) Jasa Tirta I dalam rangka pertukaran pengetahuan dan perluasan kebijakan dalam pengelolaan sumberdaya air terpadu pada satuan wilayah sungai. Penandatanganan dilakukan pada acara 1st Network of Asian River Basin Organization (NARBO) Integrated Water Resources Management (IWRM) Executive Retreat on Leadership and International Seminar on Corporate River Basin Organizations di Malang. Dalam acara tersebut, menteri PU mengatakan bahwa Indonesia dinilai sebagai negara yang telah berhasil mengelola sistem pengelolaan manajemen sumber daya air, salah satu contohnya pengelolaan oleh Perum Jasa Tirta I pada daerah aliran Sungai Berantas. Ia juga menambahkan bahwa selama ini Asia telah lama terkenal sebagai wilayah dengan potensi air yang melimpah, karena Jika dibandingkan dengan negara di Eropa dan Australia, kita memiliki potensi 13.508 km3.

 

22 Juni 

Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto menerima kunjungan delegasi dariAbu Dhabi Investment  Authority  (ADIA) dan menyambut baik keinginan  bekerja sama dalam beberapa sektor infrastruktur terutama pembangunan jalan tol dan penyediaan air bersih. Kepada delegasi ADIA, Djoko mengatakan bahwa pihaknya sedang memfokuskan pada program Master Plan Percepatan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI), terutama dalam investasi bidang infrastruktur. Dirinya juga menambahkan bahwa Hingga tahun 2014, kebutuhan investasi air minum, sanitasi dan jalan tol membutuhkan dana Rp 700 triliun. Dari jumlah tersebut, sekitar 40 % merupakan biaya pemerintah. Sisanya, 60% diberikan kesempatan kepada pihak swasta, investor lokal, dan juga investor asing untuk berinvestasi.

 

25 Juni

Menteri Pekerjaan Umum (PU) Djoko Kirmanto meresmikan Jembatan Pabelan “A” di ruas Jalan Keprekan-Batas Yogyakarta Km 12+650, Desa Prumpung, Kecamatan Muntilan, Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah. Pembangunan kembali jembatan yang sempat putus karena diterjang banjir lahar dingin Gunung Merapi tersebut memerlukan waktu 60 hari dengan biaya sebesar Rp 25 miliar yang berasal dari dana Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Dengan selesainya perbaikan, arus lalu lintas dapat berjalan normal kembali seperti biasa. Jembatan Pabelan sendiri memiliki dua ruas/jalur yang masing-masing difungsikan sebagai lalu lintas satu arah. Sisi sebelah utara untuk melayani arus dari Magelang menuju Yogyakarta, sedangkan sisi sebelah selatan dilewati kendaraan dari arah sebaliknya. Sisi sebelah selatan atau ruas “A” inilah yang putus akibat lahar dingin Merapi. Selama jembatan putus, arus lalu lintas dari arah Magelang maupun ke Yogyakarta menggunakan sisi jembatan sebelah utara yang masih bisa dilewati. Namun, akibatnya terjadi kemacetan karena penumpukan kendaraan.

 

1 Juli

Menteri Pekerjaan Umum (PU) Djoko Kirmanto menghadiri pembukaan acara Family Gathering  yang diselenggarakan oleh keluarga besar Inspektorat Jenderal (Itjen) Kementerian PU, bertempat di Via Renata dan Delamar Palasari Indah Cimacan, Cipanas, Puncak Jawa Barat.  Acara ini dihadiri oleh pegawai Itjen beserta keluarga dan para pensiunan Itjen. Dalam sambutannya, Menteri PU menyampaikan bahwa acara seperti ini sangat perlu diadakan di lingkungan Itjen, sebab seperti yang diketahui hampir seluruh pegawai Itjen sering ditugaskan ke luar kota selama satu atau dua minggu, sehingga waktu berkumpul dengan keluarga menjadi berkurang. Oleh karena itu, adanya Family Gathering ini diharapkan dapat menambah erat silaturahmi dan kekompakan keluarga besar Itjen Kementerian PU.Diharapkan, ke depannya Itjen dapat terus meningkatkan kinerjanya, sehingga Kementerian PU dapat menjadi lebih baik lagi.

 

4 Juli 

Pemerintah Indonesia yang diwakili oleh Menteri Pekerjaan Umum (PU) Djoko Kirmanto dan jajarannya menghadiri undangan Singapore International Water Week (SIWW) 2011 yang dilaksanakan pada 4-8 Juli 2011. Ajang pertemuan para menteri bidang air ini mengangkat tema “Sustainable Water Solutions for a Changing Urban Environment” dan isu-isu perubahan iklim yang telah banyak mengubah wajah lingkungan perkotaan saat ini. SIWW 2011 dibuka oleh Wakil Perdana Menteri Singapura yang juga merangkap sebagai Menteri Keuangan dan Tenaga Kerja, Tharman Shanmugaratnam. Acara tersebut menghadirkan para ahli di bidang air minum, para pengambil keputusan, serta stakeholder bidang air minum dari 50 negara di dunia untuk berdiskusi, bekerjasama, serta bertukar ide dan inovasi, teknologi, pembiayaan dalam mencari jawaban pengelolaan air yang holistik.

 

5 Juli

Menteri Pekerjaan Umum (PU) Djoko Kirmanto menjadi pembicara dalam acara Minister’s Plenary  yang merupakan rangkaian acara dari Singapore International Water Week (SIWW) 2011. Acara ini menghadirkan  pembicara seperti Presiden Kongo serta para menteri yang menangani masalah air dari beberapa negara, termasuk Indonesia. Dalam pidatonya, Djoko Kirmanto menyampaikan, untuk menghadapi persaingan global, setiap kota dituntut memiliki sistem penyediaan air minum dan sanitasi yang handal dan memadai sepanjang tahun agar berkembang dan menikmati hasilnya. Menteri PU menyampaikan bahwa Indonesia saat ini masih ‘on the track’dalam mencapai target air minum dalam Millennium Development Goals (MDGs) 2015. Namun demikian, Indonesia masih mengalami beberapa tantangan dalam mendapatkan air baku yang berkualitas serta pembangunan infrastruktur yang mempertimbangkan penurunan kualitas lingkungan. Untuk mengejar target penyediaan air minum misalnya, Djoko Kirmanto menyatakan, Indonesia sudah melakukan upaya antara lain menyediakan dana Rp 37 triliun dan sisanya sebesar Rp 28 triliun diupayakan dari swasta (public private partnership), maupun kerjasama antara swasta dengan penyelenggara (business to business), serta mendorong partisipasi masyarakat.

 

8 Juli

Menteri Pekerjaan Umum (PU) Djoko Kirmanto melakukan kunjungan kerja ke Pusat Litbang Permukiman (Puskim) Kementerian PU di Bandung, Jawa Barat. Dirinya mengharapkan produk-produk hasil penelitian dan pengembangan (litbang) di lingkungan Kementerian PU dapat lebih diimplementasikan dan diperluas jangkauannya bagi kepentingan masyarakat. Oleh karena itu, dirinya meminta adanya dukungan yang lebih besar dari kementerian lain, terutama Kementerian Riset dan Teknologi serta Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) dalam mengembangkan dan memasyarakatkan produk-produk hasil litbang PU.

 

8 Juli

Menteri Pekerjaan Umum (PU) Djoko Kirmanto membuka acara Lokakarya Penataan Kurikulum Pendidikan Magister Pengelolaan Sumber Daya Air (MPSDA) yang merupakan hasil kerjasama Kementerian PU dengan Institut Teknologi Bandung (ITB),  di Balai Diklat Wilayah II Bandung

 

14 Juli

Menteri Pekerjaan Umum (PU) Djoko Kirmanto meresmikan pemanfaatan 5 Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Ibu Kota Kecamatan (IKK) untuk sekitar 32 ribu jiwa pada 4 kabupaten di Sulawesi Selatan, Rabu (13/7). Total air yang diproduksi kelima SPAM tersebut sebanyak 80 liter per detik dan sejak 2 tahun terakhir sudah dimanfaatkan oleh sekitar 3.868 Sambungan Rumah (SR), sehingga masih tersisa 2.532 SR yang belum dimanfaatkan. Lima SPAM IKK tersebut antara lain di IKK Galesong Selatan Kabupaten Takalar (20 liter/detik), IKK Sanrobone Kabupaten Takalar (20 liter/detik), IKK Bajo Kabupaten Luwu (20 liter/detik), IKK Sinjai Timur Kabupaten Sinjai (10 liter/detik), dan IKK Leppangeng Kabupaten Bone (10 liter/detik). Peresmian bertempat di Kampung Nelayan Kecamatan Galesong – Takalar, dan dihadiri Gubernur Sulawesi Selatan Syahrul Yasin Limpo, para bupati atau perwakilannya, Direktur Jenderal (Dirjen) Cipta Karya Budi Yuwono, Direktur Pengembangan Air Minum Danny Sutjiono, dan ratusan warga yang memadati pantai Barombong, Takalar.

 

21 Juli

Menteri Pekerjaan Umum (PU) Djoko Kirmanto secara resmi membuka acara Launching Konstruksi Indonesia 2011 di Jakarta, tadi malam (21/7). Dalam sambutannya, Djoko mengatakan bahwa tahun 2011 ini merupakan tahun pertama dari Agenda 5 Tahunan Ke-2 (2011-2015) Transformasi Konstruksi Indonesia yang memiliki agenda menggairahkan perkembangan sektor konstruksi melalui pendekatan strategis dan pendayagunaan sumber daya konstruksi nasional maupun global. Menurut Menteri PU, secara umum kapitalisasi sektor kontruksi dan pasar jasa konstruksi pemerintah terus meingkat dari tahun ke tahun. Demikian pula pasar jasa konstruksi di sektor swasta, nilainya juga terus meningkat, bahkan telah mampu mengungguli nilai pasar jasa konstruksi pemerintah, yakni sekitar 60% dari total nilai pasar jasa konstruksi nasional. Kecenderungan peningkatan tersebut merupakan buah dari penetapan pembangunan infrastruktur sebagai prioritas pembangunan nasional.

 

21 Juli

Menteri Pekerjaan Umum, Djoko Kirmanto menerima APBN Perubahan Tahun 2011 untuk keperluan belanja instansinya sebesar Rp 56.726.300.000. Besarnya anggaran APBN-P itu dibacakan oleh Ketua Komisi V DPR-RI, Kementrian PU, Kementerian Perhubungan, Kementerian Perumahan Rakyat, Kementerian Pembangunan Daerah Tertinggal dan Pelaksana Tugas Badan SAR adalah Mitra Kerja Komisi V.  Dari Nota Keuangan Pemerintah Kementerian PU mendapatkan alokasi anggaran sebesar Rp 56.394.800.000 ditambah lagi dengan optimalisasi bdan angaran senilai Rp 331.500.000.000. Dengan demikian total anggaran keseluruhan untuk Kementerian PU menjadi Rp 56.726.300.000 (Lima Puluh Enam Triliun, Tujuh Ratus Dua Puluh Enam Miliar, Tiga ratus juta Rupiah). Dana sebesar itu akan dimanfaatkan bagi pekerjaan rehab – rekons infrastruktur yang rusak akibat bencana alam, persiapan dukungan rencana tata ruang pengembangan infrastruktur di sepanjang Koridor Ekonomi Nasional, pengembangan infrastruktur Permukiman untuk MBR untuk kawasan khusus serta peningkatan kompetensi Badan Litbang.

 

25 Juli

Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto didampingi Wakil Menteri PU Hermanto Dardak, Sekretaris Jenderal Kementerian PU Agoes Widjanarko, dan Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) Wilayah VI Makassar Nurdin Samaila menerima kunjungan Gubernur Sulawesi Tengah Longki Djanggola, Senin (25/7) di Jakarta. Topik pembahasa dalam kunjungan tersebut yakni efisiensi dan efektifitas ketersediaan dana untuk pekerjaan program. Hadir dalam kunjungan tersebut Wakil Ketua Komisi V DPR RI yang berasal dari Dapil Sulawesi Tengah, Muhidin Mohammad Said. 

 

26 Juli

Menteri Pekerjaan Umum (PU) Djoko Kirmanto bersama Duta Besar India Biren Nanda meresmikan Gedung Workshop Vocational Training Center For Construction Sector (VTCCS) darihasil kerjasama antara Pemerintah India melalui Indian Technical and Economic Cooperation (ITEC) Programme, Kementerian Luar Negeri  India dengan Kementerian Pekerjaan Umum, di Balai Pelatihan Konstruksi Wilayah I Banda Aceh (26/7) di Aceh. Pembangunan gedung ini sangat relevan dengan program pemerintah guna meningkatkan daya saing sektor konstruksi yang berkontribusi mendukung percepatan pembangunan infrastruktur di seluruh Indonesia.

 

28 Juli

Menteri Pekerjaan Umum (PU) Djoko Kirmanto memberikan arahan dalam Rapat Kerja (Raker) Kementerian PU di Jakarta. Dirinya menginstruksikan kepada para satuan kerja (satker) di lingkungan Kementerian PU untuk mempercepat proses penyerapan anggaran tahun 2011 ini. Langkah-langkah yang perlu dilakukan antara lain evaluasi terhadap paket-paket bermasalah serta mempercepat proses pengambilan keputusan tindak lanjut untuk memberikan solusi di lapangan. Ditambahkan Menteri PU, progres penyerapan anggaran PU saat ini mencapai Rp 15,51 triliun sehingga ke depan diperlukan kerja keras hingga akhir tahun anggaran (TA) 2011. Secara khusus, Djoko meminta kepada para Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) dan Kasatker agar lebih kreatif dalam menyelesaikan berbagai persoalan proyek khususnya terkait dengan rekanan yang kurang “performed” di lapangan. Menteri PU juga meminta kepada semua jajaran Kementerian PU di pusat maupun di lapangan agar meningkatkan lagi koordinasi dengan pemerintah daerah, terutama kegiatan yang terkendala karena permasalahan penetapan lokasi, pembebasan lahan, atau masalah kesiapan masyarakat.

 

3 Agustus

Menteri Pekerjaan Umum (PU) Djoko Kirmanto meresmikan Pengalihan Aliran Sungai Cimanuk Melalui Terowongan Pengelak pada Proyek Pembangunan Waduk Jatigede di Sumedang, Jawa Barat. Seperti diketahui, pembangunan Waduk Jatigede merupakan salah satu sub sistem dalam satu kesatuan sistem pengelolaan wilayah Sungai Cimanuk dan menjadi proyek yang ditunggu-tunggu oleh masyarakat. Sebagai kelanjutan proses pembangunannya, maka dilakukan pengalihan aliran Sungai Cimanuk melalui terowongan pengelak. Waduk Jatigede bermanfaat sebagai penampungan air bagi irigasi rentang di wilayah Indramayu dan Majalengka seluas 90.000 hektar, penyediaan air baku untuk pengembangan industri di pantai utara, pengendalian banjir di wilayah pantai utara Cirebon-Indramayu, serta penyediaan listrik melalui PLTA dengan potensi 110 MW. Sesuai perhitungan, besarnya laju sedimentasi di Waduk Jatigede sebesar 5,32 Mm/tahun atau 7,77 juta m3/tahun, sehingga didapatkan usia guna bendungan Jatigede adalah 50 tahun.Berdasarkan permasalahan sedimentasi tersebut, maka perlu upaya kegiatan konservasi DAS Cimanuk secara sinergis antara instansi Kementerian PU dengan Kementerian Kehutanan dan Pemerintah Provinsi Jawa Barat, serta kabupaten terkait.

 

3 Agustus

Menteri Pekerjaan Umum (PU) Djoko Kirmanto melakukan kunjungan kerja lapangan ke Nagreg, Kabupaten Bandung, dalam rangka meninjau jalur baru di Lingkar Nagrek sepanjang 5,4 km untuk kesiapan menampung arus mudik dan arus balik Lebaran tahun 2011 ini.  Pelebaran jalan beton yang dilakukan di 4 jalur dan perbaikan patching di tiap jalur telah selesai.Dijelaskan Djoko, Lingkar Nagreg kini telah terbagi menjadi 2 jalur yang masing-masing dibuat searah, sehingga arus dari Bandung dan yang mengarah ke Bandung tidak lagi bertemu di titik kemacetan di jalur lama. Agustus Menteri Pekerjaan Umum (PU) Djoko Kirmanto dan Direktur Jenderal Australian AID  Peter Baxter, Kamis (4/8) di Banjarmasin, Kalimantan Selatan meresmikan sekaligus menyerahterimakan pemanfaatan sambungan rumah (SR) air minum dan air limbah di wilayah Kalimantan dan Jawa. Total SR yang diresmikan dan telah dirasakan manfaatnya oleh Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) sebanyak 11.250 SR untuk air minum dan 4.826 SR untuk air limbah.

 

5 Agustus 

Menteri Pekerjaan Umum (PU) Djoko Kirmanto mengadakan buka puasa bersama di kediamannya. Acara buka puasa bersama ini dihadiri oleh pejabat dan pegawai di kementerian PU.

 

10 Agustus

Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto mengukuhkan pengurus Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi Nasional 2011-2015, Rabu (10/8) di Jakarta. Dalam sambutannya Djoko berharap LPJKN menjadi motor pendorong pengembangan jasa konstruksi Indonesia. Yakni dengan tetap menjaga daya kritis dan bersikap independen, serta dengan penuh rasa tanggung jawab terus memberikan sumbangan-sumbangan pemikiran yang konstruktif demi kemajuan pengembangan jasa konstruksi Indonesia.

 

10 Agustus

Menteri Pekerjaan Umum (PU) Djoko Kirmanto mengukuhkan pengurus Komite Eksekutif Komite Nasional Indonesia untuk Bendungan Besar (KNI-BB) periode 2011- 2013, kemarin (10/9) di Jakarta. Pembaharuan Komite Eksekutif KNI-BB sebanyak 33 orang ini telah disetujui pada rapat anggota biasa KNI-BB, tanggal 4 Mei 2011 di Denpasar, Bali, dalam rangkaian acara Seminar Nasional Bendungan Besar dan Rapat Anggota Tahunan 2011 KNI-BB. Hadir pula dalam acara pengukuhan ini para anggota tim yang diperlukan untuk mendukung  pelaksanaan program KNI-BB saat ini, yang terdiri dari Tim Verifikasi Keuangan, Tim Pelaksana dan Tim Verifikasi Daftar Bendungan, Tim Pendukung Keanggotaan KNI-BB pada Dewan Sumber Daya Air Nasional, dan Tim Promosi dalam rangka rencana penyelenggaraan Annual Meeting Ke-82 KNI-BB di Bali tahun 2014.

 

13 Agustus

Menteri Pekerjaan Umum (PU) Djoko Kirmanto meresmikan Pengalihan Aliran Sungai (River Closure) Kreo pada proyek pembangunan Waduk Jatibarang di Semarang, Jawa Tengah. Waduk Jatibarang segera memasuki tahap konstruksi menyusul rampungnya pembangunan terowongan pengelak sepanjang 421 meter (m) yang selanjutnya akan digunakan untuk pengalihan aliran Sungai Kreo selama pekerjaan konstruksi.Dalam peresmian tersebut, Djoko mengatakan bahwa penyelesaian pembangunan Waduk Jatibarang sudah mencapai 26,46% yang terdiri atas pembangunan terowongan pengelak 100%, bangunan pelimpah (spillway) 30%, jalan sementara 60%, serta gedung kantor sementara 100%.

 

12 Agustus

Dalam rangka mempererat tali silaturahmi di bulan Ramadhan ini, Kementerian Pekerjaan Umum (PU) pada Jumat (12/8) di Jakarta mengadakan acara buka puasa bersama sekaligus pertemuan dengan ikatan alumni UGM, ITB, dan ITS serta seluruh jajaran eselon I sampai dengan eselon III di lingkungan internal PU. "Banyak para alumnus yang bertugas di Kementerian PU, oleh karenanya silaturahmi ini akan menambahnetworking dan diharapkan semoga hubungan antar alumnus semakin baik," ujar Menteri PU Djoko Kirmanto dalam sambutannya. Puasa adalah syarat, takwa adalah target. Lebih lanjut ia katakan, semakin bertakwa seseorang, akan menghasilkan 2 pengertian yang kontradiktif, antara mendapatkan cobaan terus dan juga anugerah dalam hidup. Alat ukurnya adalah amal shaleh dari manusia, sehingga harta, pangkat dan kedudukan tidak akan lagi berarti.

 

17 Agustus

Menteri Pekerjaan Umum (PU) Djoko Kirmanto menjadi inspektur dalam Upacara Bendera Memperingati HUT RI ke-66, hari ini (17/8) di Kantor Kementerian PU, Jakarta. Tema Nasional Peringatan Hari Kemerdekaan RI tahun ini adalah “Dengan Semangat Proklamasi 17 Agustus 1945, Kita Tingkatkan Kesadaran Hidup dalam ke-Bhinneka-an untuk Kokohkan Persatuan NKRI, Kita Sukseskan Kepemimpinan Indonesia dalam Forum ASEAN untuk Kokohkan Solidaritas ASEAN”. Dalam amanatnya, Djoko mengatakan, dasar pemikiran pembangunan yang mengutamakan persatuan bangsa harus mulai tertanam dalam keterpaduan perencanaan, mulai dari penyusunan Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Nasional, Pulau, hingga Kawasan Strategis Nasional (KSN), yang di dalamnya termasuk penataan ruang pada kawasan-kawasan perbatasan.  Pembangunan infrastruktur yang dilakukan Kementerian Pekerjaan Umum (PU) tidak hanya mengarahkan pembangunan nasional untuk tujuan meningkatkan kesejahteraan sosial dan ekonomi semata, tetapi juga upaya untuk memperkokoh kesatuan wilayah dan persatuan bangsa Indonesia.

 

15 Agustus

Menteri Pekerjaan Umum (PU) Djoko Kirmanto menjadi narasumber dalam acara Dialog PU yang ditayangkan TVRI di Jakarta. Dalam acara tersebut, dirinya mengatakan bahwa Jalur alternatif untuk arus mudik Lebaran 2011 telah disiapkan oleh Kementerian Pekerjaan Umum (PU) bekerja sama dengan Kementerian Perhubungan (Kemenhub), pemerintah daerah (pemda) setempat, dan pihak kepolisian. Djoko mencontohkan di Cikopo misalnya, setelah Simpang Mutiara, Simpang Jomin, dan Simpang Cikampek, akan ada jalur alternatif bagi pengendara motor agar tidak terlalu “semrawut”. Setelah daerah Cikopo pun, jika arus lalu lintas sudah padat, maka akan dialihkan ke Subang. Untuk arus mudik di wilayah Way Jepara dan Ketapang, Lampung (Sumatera), jalur alternatif diarahkan ke Lintas Timur Sekali melalui Pantai Timur yang lintasnya lebih baik daripada Lintas Timur Sumatera sebagai lintas utamanya. Menteri PU menjelaskan, agar kelancaran mudik dapat berjalan dengan baik, ada manajemen trafik yang akan mengendalikan lalu lintas.

 

18 Agustus

Menteri Pekerjaan Umum (PU) Djoko Kirmanto bersama rombongan melakukan peninjauan ke Tol Sumo Seksi 1A Waru. Peninjauan ini terkait dengan akan meresmikan Tol Surabaya-Mojokerto (Sumo) Seksi 1A Waru pada hari Sabtu, 27 Agustus 2011 mendatang.

 

19 Agustus

Menteri Pekerjaan Umum (PU) Djoko Kirmanto didampingi Gubernur Provinsi Maluku Karel Albert Ralahalu dan Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Marga Kementerian PU Djoko Murjanto mencanangkan pembangunan Jembatan Merah Putih di Kota Ambon. Pembangunan jembatan yang telah digagas sejak 1995 tersebut akan terbagi menjadi 2 tahap, yaitu tahap pertama untuk pembangunan jembatan pendekat pada tahun 2011-2013, dan tahap kedua untuk pembangunan bentang utama jembatan pada tahun 2013-mid 2014. Biaya pembangunan Jembatan Merah Putih Galala-Poka Kota Ambon mencapai Rp 249,614 miliar dari APBN tahun 2011-2013. Setelah acara pencanangan pembangunan Jembatan Merah Putih, Menteri PU bersama Gubernur Maluku dan Wakil Ketua MPR RI Meilani S. Leimena selaku perwakilan Ahli Waris Dr. J. Leimena melakukan peletakan batu pertama Monumen Pahlawan Nasional Dr. Johannes Leimena di Simpang Poka, Kota Ambon. Drs. J. Leimena adalah putra Maluku yang dinobatkan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono sebagai pahlawan nasional pada tahun 2010 lalu.

 

23 Agustus

Menteri Pekerjaan Umum (PU) Djoko Kirmanto meninjau Desa Aboru berdasarkan instruksi khusus Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Dalam kunjungannya, menteri PU mengatakan bahwa Kementerian Pekerjaan Umum (PU) akan mengalokasikan dana tambahan untuk pembangunan infrastruktur di Desa Aboru, Pulau Haruku, Kabupaten Maluku Tengah. Infrastruktur yang dimaksud berupa jalan dan jembatan, air minum, dan perkuatan tebing. Menurut Djoko, untuk air minum, pemerintah pusat sudah menyiapkan dana kurang lebih Rp 2 miliar untuk segera bisa  dilaksanakan. Sedangkan untuk jalan, sudah disediakan dana dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) dan nanti akan ada sebagian dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). Lebih lanjut, Menteri PU mengungkapkan harapannya agar kebutuhan infrastruktur tersebut dapat dipenuhi sebelum akhir tahun anggaran 2011 ini, terutama mengingat akan ada acara Natal Sedunia, di mana seluruh masyarakat yang asal usulnya dari Pulau Haruku akan pulang untuk merayakan Natal.

24 Agustus

Menteri Pekerjaan Umum (PU) Djoko Kirmanto mendampingi Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) saat meninjau Lingkar Nagrek di Jawa Barat, kemarin. Presiden mengapresiasi positif kinerja Kementerian PU dalam membangun Lingkar Nagrek dan dirinya berharap adanya pengurangan beban lalu lintas di jalur Nagrek lama. Sebagai informasi, proyek Lingkar Nagrek dimulai tahun 2006 untuk mengantisipasi tumpukan kendaraan serta mengurangi resiko kecelakaan pada tanjakan Nagrek yang tiap tahun menjadi perhatian, khususnya ketika arus mudik Lebaran tahunan. Pada arus mudik 2010 silam, Lingkar Nagrek sudah dioperasikan namun ditutup kembali untuk diadakan pengerjaan penurunan kemiringan dari 18% ke kisaran 9-10% dan pembangunan semi tunnel sepanjang 400 meter.

 

26 Agustus

Menteri Pekerjaan Umum (PU) Djoko Kirmanto pada Jumat (26/8) mendampingi Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) meninjau arus mudik di Stasiun Gambir. Sebelumnya, rombongan Presiden meninjau arus mudik Jakarta-Tegal, dan kembali ke Jakarta dengan menggunakan kereta api (KA). Pantauan di lapangan menunjukkan bahwa kepadatan penumpang sudah mulai terlihat di Gambir. Acara tersebut merupakan bagian dari Safari Ramadhan Presiden yang dilakukan sejak hari Senin (22/8). Selama hampir 1 minggu tersebut, Presiden beserta rombongan meninjau beberapa titik utama arus mudik, serta mengunjungi pula beberapa lokasi proyek pemerintah, termasuk lokasi Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri  dan sentra usaha kecil.

 

27 Agustus

Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto meresmikan ruas Tol Surabaya-Mojokerto seksi 1A (Waru-Sepanjang) sepanjang 1,89 km, Sabtu (27/8) di Jawa Timur.  Total panjang tol Surabaya-Mojokert 36,27 kilometer. Dengan masa konsesi selama 42 tahun, terhitung sejak perintah mulai bekerja pada 27 April 2007.Pengusahaan jalan tol Surabaya – Mojokerto dimulai pada 2006 dengan perubahan Perjanjian Pengusahaan Jalan Tol Surabaya – Mojokerto pada 2011. Biaya investasi untuk pembangunan dan pengoperasian jalan tol tersebut sebesar Rp 3,2 triliun. Berasal dari dana investor yakni PT Marga Nujyasumo Agung (MNA) dan pinjaman bank yaitu BNI, BRI dan Bank Bukopin. Pembangunan tol Surabaya – Mojokerto merupakan bagian dari perencanaan pemerintah dalam upaya membangun 3,087,8 km jalan tol. Hingga kini, sekitar 758 km jalan tol telah beroprasi dan dikelola oleh beberapa badan usaha jalan tol.

 

5 September

Hari pertama masuk kerja di Kementerian Pekerjaan Umum setelah Libur panjang Idul Fitri 1432 H diawali dengan silaturrahim antara pegawai di lingkungan Kementerian PU dengan Menteri dan para pejabat. Sejak pagi terlihat antrIan panjang para pegawai yang ingin berlebaran dengan Menteri dan para pejabat. Bukan hanya karyawan yang melakukan antrian. Para tamu penting seperti mitra kerja, sahabat terlihat diantara antrian panjang. Meski begitu, tetap saja terlihat di raut wajah mereka kecerian. Kegiatan serupa sepertinya sudah menjadi budaya sekaligus agenda rutin bagi  Instansi/Lembaga non pemerintah saat memasuki pertama kerja pasca Lebaran.


7 September

Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto menjadi narasumber dalam acara dalam dialog di TVRI. Dalam dialog tersebut djoko mengatakan Kementerian Pekerjaan Umum berkoordinasi dengan Kepolisian dan Kementerian Perhubungan telah melakukan berbagai upaya agar masyarakat dapat mudik denyan aman, nyaman dan tertib. Dalam rapat dengan Presiden RI, tiga istansi tersebut menyatakan bahwa  mudik Lebaran 2011 lebih baik dari tahun 2010. Infrastruktur jalan membaik, moda transportasi diperbanyak dengan frekuensi ditingkatkan. Serta, manajemen lalu lintas  berjalan dengan cukup jelas. Walaupun jumlah kecelakaan meningkat, tapi jumlah korban jiwa menurun. Kegiatan selama arus mudik dan arus balik Lebaran akan dievaluasi lebih detail.


8 September

Menteri Pekerjaan Umum (PU) Djoko Kirmanto kemarin (8/9) melakukan inspeksi ke Situ Cipule, Kecamatan Ciampel, Kabupaten Karawang, Provinsi Jawa Barat. Dalam inspeksi tersebut, dirinya menyatakan optimis bahwa apa yang menjadi tanggung jawab Kementerian PU dalam kesiapan Situ Cipule sebagai venuepenyelenggaraan Lomba Dayung SEA Games 2011 dapat selesai pada waktunya. Ia mengatakan bahwa situ tersebut sebenarnya berfungsi sebagai waduk biasa yaitu sebagai tanggul inspeksi pengendalian banjir, mengurangi banjir, dan sebagainya. Namun, juga dapat berfungsi sebagai tempat olahraga dayung. Oleh sebab itu, apa yang dilakukan oleh Kementerian PU hanya mempercepat dan menyempurnakan agar bisa dimanfaatkan untuk event dayung tepat pada waktunya.

13 September

Menteri Pekerjaan Umum (PU) Djoko Kirmanto menghadiri rapat Tim Koridor Ekonomi Jawa di Jakarta. Djoko  yang juga merupakan Ketua Tim Kerja Koridor Ekonomi Jawa Komite Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (KP3EImengatakan implementasi Master Plan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI), khususnya di Koridor Ekonomi Jawa, perlu memberikan kesempatan yang luas bagi pihak swasta untuk berpartisipasi. Termasuk, memberikan kesempatan kepada swasta untuk menduduki jabatan strategis dalam Tim Kerja Koridor Ekonomi Jawa, misalnya sebagai ketua sub sektor. Dalam rapat tersebut, Djoko mengajak kepada para peserta untuk menyatukan persepsi mengenai MP3EI, dengan mengacu kepada peraturan-peraturan yang menjadi dasar hukum, di antaranya Perpres No. 32 Tahun 2011 Tentang Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI) 2011 – 2025.


15 September

Menteri Pekerjaan Umum (PU) Djoko Kirmanto menginstruksikan kepada Direktorat Jenderal (Ditjen) Bina Marga Kementerian PU dan PT. Jasa Marga (Persero) agar segera memasang pita penggaduh (rumble strip) atau rambu kejut di Tol Cipularang, khususnya di titik-titik yang dianggap rawan terjadi kecelakaan.Djoko menjelaskan, Cipularang merupakan salah satu jalan tol di Indonesia yang baik secara ekonomi maupun finansial sangat menguntungkan. Dikatakan Menteri PU, Tol Cipularang memang merupakan ruas yang kondisi geografisnya sebenarnya kurang ideal, karena perbedaan ketinggian antara Bandung dan Jakarta, sehingga  adanya tanjakan ataupun turunan tidak dapat dihindari. Djoko juga menjelaskan bahwa terjadinya kecelakaan dipengaruhi berbagai faktor, tidak hanya jalan, tetapi juga faktor manusia dan kendaraan. Pengelola jalan tol juga telah memasang rambu batas kecepatan di sepanjang Tol Cipularang. Namun, mungkin rambu tersebut kurang menjadi perhatian pengendara, karena biasanya eseorang ketika sudah mengemudi konsentrasinya hanya tertuju pada jalan. Oleh karena itu, adanya rambu kejut akan lebih efektif untuk mengingatkan para pengendara untuk lebih berhati-hati.

15 September

Menteri Pekerjaan Umum (PU) Djoko Kirmanto menghadiri acara halal bihalal yang diadakan oleh Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kementerian Pekerjaan Umum (PU). Kegiatan tersebut merupakan kegiatan rutin dan merupakan salah satu program kerja DWP PU sekaligus sarana pertemuan silaturahmi antar anggotanya agar lebih solid.

16 September

Menteri Pekerjaan Umum (PU) Djoko Kirmanto selaku Ketua Umum PERGATSI (Persatuan Gateball Seluruh Indonesia) beserta seluruh jajaran Unit Eselon I di lingkungan Kementerian PU memasyarakatkan olahraga gateball sebagai cabang olahraga rekreasi yang bisa diikuti oleh semua lapisan dari berbagai usia dan gender, di Lapangan Olahraga Bhayangkara Mabes Polri, Jakarta. Menteri PU mengatakan, untuk menjadi masyarakat gateball internasional, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi, di antaranya harus memiliki ADRT (anggaran dasar rumah tangga) yang sekarang sedang disiapkan. Targetnya akhir 2011 ini sudah harus menjadi anggota WGU yakni yang ke-41. Menurutnya, gateball sebagai olahraga rekreasi tidak hanya memiliki arti yang penting dalam kerangka meningkatkan derajat kesehatan dan kebugaran masyarakat, tetapi juga penting dalam kerangka membangun persatuan dan kesatuan bangsa, kedamaian dan kerukunan, persaudaraan dan persahabatan, serta meningkatkan kesejahteraan, ketahanan, dan produktivitas seluruh rakyat Indonesia.


16 September

Menteri Pekerjaan Umum (PU), Djoko Kirmanto membuka acara Seminar Nasional Penanganan Aliran Sedimen dan Dies Natalis X Program Pendidikan Bencana Di Magister Pengelolaan Bencana Alam Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta. Seminar Nasional dengan tema “Pengelolaan Bencana Sedimen dan Erupsi Gunung Merapi Berbasis Teknologi Mitigasi dan Konservasi Lingkungan” tersebut diselenggarakan oleh Direktorat Sungai dan Pantai Direktorat Jenderal (Ditjen) Sumber Daya Air (SDA) Kementerian PU bekerjasama dengan Magister Pengelolaan Bencana Alam Fakultas Teknik UGM serta JICA yang didukung oleh HATHI dan MSD Network. Menteri PU menjelaskan bahwa bencana alam yang terjadi pada tahun 2010, seperti banjir bandang Wasior, gempa bumi di Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat dan erupsi/letusan Gunung Merapi menyebabkan ancaman aliran sedimen dan banyaknya korban manusia, harta benda, ekonomi, sosial dan dampak trauma kepada masyarakat luas. Oleh karena itu, dalam UU No. 24 tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana telah jelas disebut bagaimana definisi prabencana, tanggap darurat, rehabilitasi dan rekonstruksi serta bagaimana aplikasinya.


20 September

Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto, Senin (19/9) di Jakarta mengatakan akan segera mengumumkan kenaikan tol yang dipastikan berlaku bulan September ini. Dari 13 ruas tol yang direncanakan naik, hanya 10 ruas tol yang mengalami kenaikan tarif. Tiga ruas tol ditunda kenaikan tarifnya dikarenakan belum sesuai  Standar Pelayanan Minimal (SPM).Kesepuluh ruas tol yang akan mengalami kenaikan tarif adalah Jagorawi, Jakarta-Tangerang, tol Dalam Kota, tol BSD, tol Ulujami-Bintaro, JORR (Jakarta Outer Ring Road), Cipularang, Padaleunyi, tol Semarang, dan Ungaran. Sedangkan, tiga ruas yang mengalami penundaan kenaikan tarif adalah tol Tangerang-Merak, Surabaya-Gempol, dan Kanci-Palimanan.


20 September

Menteri Pekerjaan Umum (PU) Djoko Kirmanto memberikan sambutan dalam acara Launching Green Building Indonesia (GBCI) yang bertemakan “Through Green Building to Sustainable Nation”, tadi malam (20/9) di Jakarta. Dalam sambutannya, dirinya menegaskan bahwa pengurangan dan/atau konservasi energi, khususnya yang bersumber dari bangunan gedung, sebagai bagian dari upaya green building, kiranya perlu mendapat perhatian lebih besar dari kita. Upaya efisiensi yang dapat dilakukan antara lain dengan menerapkan prinsip bangunan yang ramah lingkungan, energi efisien, konservasi air, penggunaan material daur ulang, dan pengelolaan tapak bangunan serta desain bangunan yang lebih cerdas. Kementerian PU saat ini juga sedang mengembangkan inisiatif untuk menerapkan konsep green buildingpada desain dan pembangunan gedung baru di Kampus PU Pattimura, sehingga menjadi salah satu kandidat gedung pemerintah yang diajukan untuk mendapatkan sertifikat dari GBCI.


21 September

Menteri Pekerjaan Umum (PU) Djoko Kirmanto didampingi Direktur Jenderal (Dirjen) Penataan Ruang Imam Santoso Ernawi meninjau langsung semburan lumpur Lapindo di Sidoarjo, Jawa Timur, Rabu (21/9). Tinjauan tersebut dilakukan terkait penetapan siaga satu tanggul penahan lumpur lapindo oleh Badan Penanggulangan Lumpur Sidoarjo (BPLS). Penetapan status siaga satu dilakukan menyusul adanya  longsoran lumpur dari dalam kolam penampungan di kawasan Siring yang berbatasan langsung dengan Jalan Raya Porong. Untuk meminimalisasi korban, BPLS bekerjasama dengan kepolisian setempat untuk mengamankan warga di sekitar longsoran dan warga yang hendak mendekati lokasi. BPLS juga melakukan pengawasan selama 24 jam untuk mengamati pergerakan lumpur di dalam kolam penampung.


22 September

Wapres  RI Boediono didampingi Menteri Pekerjaan Umum (PU) Djoko Kirmanto dan Kepala Badan Pengawasan Lumpur Sidoarjo (BPLS) Sunarso meninjau semburan Lumpur Sidoarjo, Kamis (22/9) di Sidoarjo, Jawa Timur. Menuntaskan ganti rugi warga dan meninggikan tanggul menjadi salah satu penanganan yang segera dilakukan. Boediono juga mengintruksikan agar penanganan lumpur segera diselesaikan.


29 September

Menteri Pekerjaan Umum (PU) Djoko Kirmanto memimpin rapat ke-2 Tim Kerja Koridor Ekonomi Jawa KP3EI di Jakarta . Djoko yang juga merupakan Ketua Tim Kerja Koridor Ekonomi Jawa Komite Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (KP3EI) berharap jajaran pemerintah daerah (terutama gubernur) berperan aktif dalam rangka menyukseskan Master Plan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI). Peran pemerintah daerah sangat penting mengingat merekalah yang sehari-hari berinteraksi langsung dengan masyarakat sehingga lebih mengetahui isu-isu teraktual di daerah. Untuk itu, Menteri PU berharap masing-masing provinsi segera membentuk Tim Kerja Koridor Ekonomi Jawa di tingkat daerah demi kelancaran koordinasi. Dirinya juga menginstruksikan agar provinsi segera mengidentifikasi dan menyusun program-program di daerah yang sekiranya bisa mendukung program MP3EI di level nasional, sehingga sinergi program dapat dicapai.


29 September

Menteri Pekerjaan Umum (PU) Djoko Kirmanto hadir dalam acara talkshow E-View yang disiarkan MNC Bussiness TV. Dalam acara tersebut, dirinya mengatakan Kementerian Pekerjaan Umum (PU) saat ini terus berupaya untuk mengimplementasikan kebijakan pembangunan bidang infrastruktur yang berorientasi lingkungan demi mengatasi fenomena perubahan iklim (climate change). Dalam level konkret, upaya tersebut dilakukan melalui berbagai program, antara lain pembangunan bangunan hijau (green building) dan pengembangan ruang terbuka hijau (RTH). Dijelaskan Menteri PU, pemerintah telah menyusun action plan dalam rangka mitigasi dan adaptasi perubahan iklim. Termasuk di dalamnya, pembangunan gedung maupun infrastruktur harus bersifat green building maupun green infrastructure.

 

3 Oktober

Menteri PU menghadiri peringatan Hari Habitat Dunia. Di Istana wapres. Kementerian PU bersama beberapa instansi antara lain Kementerian Perumahan Rakyat, Bappenas, Kemenlu dan Kemendagri membentuk sekretariat nasional Hari Habitat sejak 2007. Sekretariat tersebut sebagai wadah untuk membahas upaya-upaya mewujudkan perumahan dan permukiman yang layak dan berkelanjutan.


3 Oktober

Menteri Pekerjaan Umum (PU) Djoko Kirmanto menginstruksikan kepada pengurus Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi Nasional (LPJKN) yang baru untuk segera melaksanakan tugas pelayanan sesuai dengan 5 tugas lembaga yang diamanatkan oleh Undang-Undang (UU) No. 18 Tahun 1999 tentang Jasa Konstruksi. Sejalan dengan hal tersebut, di tingkat provinsi, kepengurusan Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi Daerah (LPJKD) juga akan segera dikukuhkan oleh gubernur. Dijelaskan Djoko, pengurus LPJKN periode 2011-2015 telah dikukuhkan oleh Menteri PU sejak tanggal 10 Agustus 2011, sesuai dengan Surat Keputusan Menteri PU No. 223/KPTS/M/2011 dengan Ketua Tri Widjajanto, Wakil Ketua I Putut Marhayudi, serta Wakil Ketua II Wiratman Wangsadinata dan Sarwono Hardjomuljadi.

 

4 Oktober

Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto Selasa (4/10) mengumumkan tarif baru jalan tol. Sesuai dengan UU No. 38/2004, evaluasi dan penyesuaian tarif tol dilakukan setiap dua tahun sekali. Dengan perhitungan, tarif baru = tarif lama (1 + inflasi). Kementerian Pekerjaan Umum mengeluarkan Keputusan Menteri PU Nomor 277/KPPS/M/2011 tentang penyesuaian tarif 14 ruas tol pada tanggal 27 September 2011. Tarif tol baru berlaku per tanggal 7 Oktober 2011 pukul 00.00 WIB. Dari 14 ruas tol, 12 ruas tol mengalami kenaikan sekitar Rp 500-2.500.


5 Oktober

Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto membuka pameran foto dalam rangka memperingati Hari Habitat Dunia di gedung Sapta Taruna Kementerian PU Jakarta. Dalam wawancaranya dengan wartawan, Djoko menyoroti masalah persampahan. Dirinya mengatakan sampah apabila  dikelola dengan baik, bisa menjadi sumber daya dan menghasilkan keuntungan yang bernilai ekonomis tinggi. Tahun ini, Hari Habitat Dunia yang diselenggarakan Kementerian PU  bertemakan “Cities and Climate Change". Keberadaan sampah dianggap sebagai salah satu penyebab kerusakan lapisan ozon yang bermuara pada pemanasan global. Oleh karena itu, Kementerian PU melalui Dirjen Cipta Karya turut berperan aktif dalam pengelolaan sampah dengan program 3R (reduce, reuse dan recycle).

6 Oktober

Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto menjadi narasumber dalam acara Public Corner di MetroTV. Dalam paparannya , menteri djoko mengatakan bahwa penataan ruang memberikan dasar bagi pembangunan inftastruktur yang jelas. Rencana tata ruang yang telah memiliki legalitas (Perda), dapat menjadi basis kuat untuk melakukan pembangunan secara tertib. Saat ini Indonesia telah memiliki Rencana Tata Ruang Wilayah Nasional (RTRW) yang menjadi acuan perencanaan makro strategis nasional.


11 Oktober

Menteri Pekerjaan Umum (PU) Djoko Kirmanto melantik 40 pejabat baru lingkungan Kementerian PU, di Jakarta, Selasa (11/10). Para pejabat yang dilantik terdiri dari 30 pejabat eselon III a, dan 11 pejabat eselon III b. Dalam sambutannya, Djoko mengharapkan agar para pejabat terutama yang baru dilantik dapat meningkatkan kualitas kerjanya ke arah yang lebih baik, sehingga bisa mewujudkan sumber daya manusia yang profesional dan handal, terutama dalam menghadapi berbagai permasalahan bangsa, khususnya dalam mendukung pembangunan ekonomi nasional melalui pembangunan infrastruktur ke-PU-an.


11 Oktober

Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto menghadiri Konferensi Sanitasi dan Air minum Nasional 2011di Jakarta . dalam acara tersebut, beliau menyampaikan bahwa tingkat pelayanan sanitasi dan air minum layak masih rendah. Hal utamanya disebabkan keterbatasan kemampuan pendanaan pengembangan air minum dan sanitasi dan belum optimalnya pengelolaan sarana dan prasarana yang sudah dibangun. Dari hasil pencapaian pembangunan  Milenium 2010, proporsi rumah tangga dengan akses air minum layak sebesar 47,71 % pada 2009. Sedangkan, proporsi rumah tanga dengan akses sanitasi layak sebesar 51,1% pada 2009. Pencapaian tersebut mencerninkan bahwa laju penyediaan infrastruktur air minum dan sanitasi belum dapat mengimbangi laju pertumbuhan penduduk. Menurut Djoko Kirmanto, kepedulian dan wawasan semua pihak terhadap sanitasi dan air minum perlu ditingkatkan.


12 Oktober

Menteri Pekerjaan Umum (PU) Djoko Kirmanto bersama anggota Komisi V DPR RI Nusyirwan meletakan batu abadi di lokasi proyek Waduk Jatigede di Sumedang, Jawa Barat. Batu abadi diletakkan di level yang paling rendah dari waduk tersebut. Peletakkan batu merupakan titik awal melakukan penimbunan bendung utama Main Dam yang hari ini sudah dapat dilakukan. Waduk Jatigede mepunyai peranan yang penting. Karena akan memberikan jaminan irigasi untuk sekitar 90.000 ha. Serta akan mengurangi masalah banjir yang sering menimpa Kabupaten Indramayu. Dengan adanya waduk ini banjir akan menjadi berkurang. Selain itu juga waduk ini juga sudah disiapkan untuk bisa men generate listrik 110 mw.  Menteri Pekerjaan Umum (PU) Djoko Kirmanto mengatakan bahwa kegunaan dari Waduk Jatigede sangat penting. Selain irigasi dan penanggulangan banjir, waduk ini juga disiapkan untuk bisa menghasilkan listrik sebesar 110 megawatt (MW).


18 Oktober

Menteri Pekerjaan Umum (PU) Djoko Kirmanto mewakili pemerintah menghadiri  pengesahan Rancangan Undang-Undang (RUU) tentang Rumah Susun (Rusun) oleh DPR RI dalam rapat paripurna di Jakarta. Dalam pidatonya, Djoko mengatakan bahwa RUU ini merupakan delegasi dari UU No. 1 tahun 2011 tentang Perumahan dan Kawasan Permukiman, khususnya pasal 46. Pengaturan dalam RUU rusun -melalui beberapa norma yang dituangkan- sangat penting untuk memberikan kepastian hukum, sekaligus mampu mempercepat pemenuhan kebutuhan perumahan, peningkatan kualitas permukiman kumuh, termasuk penataan perumahan dan kawasan permukiman melalui penyelenggaraan rusun.


24 Oktober 2011 

Menteri PU Djoko Kirmanto  menghadiri rapat kerja antara Komisi V DPR RI dan kementerian/lembaga mitra kerja terkait, termasuk Kementerian PU, kemarin (24/10) di Jakarta.Kementerian Pekerjaan Umum (PU) sesuai dengan nota keuangan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) tahun 2012 mendapatkan alokasi dana sebesar Rp 61,181 triliun dan tambahan anggaran hasil optimalisasi sebesar Rp 1,381 triliun sehingga total RAPBN 2012 Kementerian PU mencapai Rp 62,562 triliun. Menteri PU Djoko Kirmanto mengatakan bahwa tambahan anggaran tersebut akan difokuskan untuk bidang Sumber Daya Air (SDA), terutama untuk ketahanan pangan dan penanganan kawasan pantai. “Paling besar terutama untuk SDA, lalu selain itu juga saya utamakan untuk penataan ruang,” katanya.


25 Oktober 

Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto usai meresmikan "Ground Breaking Pembangunan Rusunawa ITB Kampus Jatinangor" di Sumedang (25/10). Kementerian Pekerjaan Umum (PU) akan membangun Rumah Susun Sewa (Rusunawa) di Institut Teknologi Bandung (ITB) kampus Jatinangor, Kabupaten Sumedang. Rusunawa akan dibangun sebanyak 2 twin block dimana setiap twin block memiliki 96 unit. Artinya, jumlah total unit rusun milik ITB itu berjumlah 192 unit.

 

26 Oktober 2011

Menteri Pekerjaan Umum (PU) Djoko Kirmanto melakukan kunjungan lapangan ke Bendungan Leuwigoong di Garut. Dalam kesempatan itu beliau mengatakan pembangunan Bendungan Leuwigoong di Garut, Jawa Barat akan tuntas dan bisa dioperasikan pada Juli 2013. Saat ini, progres fisik hingga 24 Oktober 2011 sudah sekitar 32,28%. Bendungan Leuwigoong/Copong akan mengairi di sembilan Kecamatan yaitu Banyuresmi, Leuwigoong, Cibiuk, Karangpawitan, Wanayasa, Sukawening, Cibatu, Garut Kota, dan Malangbong. Bendungan ini juga akan mengairi 45 desa dengan waktu konstruksi 2 tahun dari 2 Agustus 2010 - 31 Juli 2013.

 

27 Oktober 2011    

Menteri PU Djoko Kirmanto mengahdiri penandatanganan amandemen PPJT Ruas Tol Cikampek – Palimanan oleh Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan PT Lintas Marga Sedaya.  Menteri PU Djoko Kirmanto menilai pembangunan ruas tol Cikampek – Palimanan sebagai pekerjaan yang paling siap melakukan pembangunan dengan progress pembebasan tanah mencapai 90%. Pelaksanaan konstruksi dilaksanakan Februari 2012 hingga Juli 2014. Dalam persiapan pekerjaan, beberapa hal yang masih terkendala adalah tanah yang belum dibebaskan secara keseluruhan sekitar 10% terdiri dari tanah wakaf, tanah kas desa, asset desa dan tanah masyarakat. Pelaksanaan gorund breaking direncanakan Bulan Desember 2011. Tahun lalu, pemerintah menganggarkan dana pembebasan lahan sebesar Rp 2,3 triliun melalui badan layanan umum. Dana tersebut untuk mempercepat proyek-proyek infrastruktur pemerintah. Tahun ini diperkirakan anggaran untuk kebutuhan yang sama dianggarkan sebesar Rp 3,85 triliun.Beberapa ruas jalan tol yang dalam tahap pekerjaan adalah Ruas Tol W2 dengan penyelesaian selama 18 bulan. Pekerjaan JORR II ruas Cimanggis – Cinere sudah mencapai dari Cimanggis ke Jalan Raya Bogor. Akses Tanjung Priok juga tengah dalam pekerjaan.

 

29 Oktober 

Demikian disampaikan Menteri Pekerjaan Umum (PU) Djoko Kirmanto menghadiri dan memberikan sambutan dalam acara Wisuda Sarjana Strata (S1) dan Diploma III (D3) Jurusan Teknik Sipil dan Teknik Lingkungan Sekolah Tinggi Teknologi Sapta Taruna (STTST) yang diselenggarakan di Gedung Sapta Taruna Kementerian PU. Untuk Wisuda periode ini, STTST kembali mewisuda 80 lulusannya dengan rincian 30 orang Sarjana Strata (S1) jurusan Teknik Sipil, 4 orang Sarjana Strata (S1) Teknik Lingkungan, 30 orang Sarjana Muda (D3) jurusan Teknik Sipil dan 16 orang Sarjana Muda (D3) jurusan Teknik Lingkungan.


1 November 

Menteri Pekerjaan Umum (PU) Djoko Kirmanto meninjau Instalasi Pengolahan Air (IPA) Donorojo, di lokasi sumber air Dung Banteng, Kecamatan Donorojo, Kabupaten Pacitan. kemarin (1/11) dengan didampingi Direktur Jenderal (Dirjen) Cipta Karya Budi Yuwono, Direktur Pengembangan Air Minum Ditjen Cipta Karya Danny Sutjiono, Direktur Bina Pelaksanaan Wilayah II Ditjen Bina Marga Winarno, Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) V Ahmad Ghofar Ismail, dan Wakil Bupati Pacitan Prayitno. Menteri PU juga berkesempatan meninjau IPA Sumber Barong di Desa Candi, Kecamatan Pringkuku, masih di Kabupaten Pacitan. Dalam wawancara di tempat tersebut, Djoko mengatakan bahwa tujuan kunjungannya ke Pacitan adalah dalam rangka melihat langsung kondisi ketersediaan air serta progres pembangunan instalasi air minum di Pacitan.


3 November 

Menteri Pekerjaan Umum (PU) Djoko Kirmanto didampingi oleh Kepala Balai Besai Wilayah Sungai Ciliwung - Cisadane (BBWS-Cilicis) Imam Santoso dan Direktur Pengembangan Pemukiman Direktorat Jenderal (Ditjen) Cipta Karya Amwazi Idrus meninjau Sungai Ciliwung di beberapa wilayah yang dilewati oleh sungai tersebut. Tinjauan tersebut untuk mengetahui titik-titik mana yang harus diwaspadai terjadinya banjir memasuki musim penghujan ini.


4 November

Menteri Pekerjaann Umum Djoko Kirmanto membuka Pekan Olah Raga –PU (POR-PU), Jumat (4/11) bersama Wakil Menteri PU Hermanto Dardak. Pembukaan POR-PU ditandai dengan menekanan sirene dan pengguntingan pelepasan rangkaian balon ke udara oleh Ibu Lies Djoko Kirmanto dan Ibu Hermanto Dardak. Pekan Olah Raga – PU ini diselenggarakan dalam rangkaian Hari Bakti PU ke-66 dengan diisi berbagai pertandingan olah raga di lingkungan Kementerian PU. Tujuan diselenggarakan POR-PU adalah meningkatkan SDM di lingkungan Kementerian PU serta kesetiakawanan. Olah raga diyakini berguna bagi tubuh untuk kesehatan dan kesegaran, melemaskan otot-otot dan meningkatkan daya tahan tubuh terhadap berbagai penyakit ringan seperti flu atau batuk. Olah raga juga dapat meningkatkan kemampuan otak dengan memberikan pasokan oksigen dalam tubuh dan memperlancar sirkulasi darah dalam tubuh yang dapat meningkatkan kinerja otak, mengurangi stress dengan merengangkan otot-otot sehingga tubuh dan otak menjadi segar dan membakar lemak dengan gerakan-gerakan tubuh. POR – PU diisi oleh pertandingan olah raga seperti Tenis Meja, Catur, Tenis Lapangan, bulu tangkis, bola nasket, bola voli dan gateball. Penyerahan piala juara umum akan diberikan pada puncak acara Hari Bakti PU tanggal 3 Desember 2011.


7 November 

Menteri Pekerjaan Umum (PU) Djoko Kirmanto yang juga menjadi Pembina Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia (PODSI)  tadi malam (7/11) melepas kontingen 140 atlet Indonesia cabang olahraga dayung di Jatiluhur, Purwakarta, Jawa Barat dalam rangka Sea Games ke 26 tahun 2011 yang khusus untuk cabang dayung akan dilaksanakan di Situ Cipule, Karawang, Jawa Barat. Dalam sambutannya, Djoko menargetkan para atlet untuk mendapatkan minimal 14 medali emas dan menjadi juara umum cabang olah raga dayung Djoko menambahkan bahwa sampai saat ini atlet dayung Indonesia sudah menjadi pedayung terbaik di Asia Tenggara, dan untuk itu ia pun berpesan agar mereka menjadi atlet dayung terbaik di dunia.

 

8 November 

Menteri PU Djoko Kirmanto dalam acara Puncak Peringatan Hari Tata Ruang 2011 di Jakarta, kemarin (8/11). Acara tersebut mengambil tema “Empowerment for Green Cities : From Planning. Sebanyak 60 kabupaten/kota, yang terdiri atas 34 pemerintah kabupaten dan 26 pemerintah kota saat ini telah menyiapkan Rencana Aksi Kota Hijau (RAKH) sebagai bagian dari keikutsertaan dalam prakarsa Program Pengembangan Kota Hijau (P2KH). Program tersebut tahun 2011 ini mulai diinisiasi oleh Kementerian Pekerjaan Umum (PU) dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas ruang kota agar terjamin keberlanjutannya, sekaligus dapat responsif terhadap perubahan iklim. Dijelaskan Menteri PU, inisiatif mewujudkan kota hijau memiliki makna strategis karena dilatarbelakangi beberapa faktor, antara lain tingginya tingkat urbanisasi dan menurunnya kualitas ruang perkotaan.


9 November 

Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto melakukan pengerukan pertama di Sungai Citarum, Desa Dayeuh Kolot, Kec. Baleendah, Bandung, Jawa Barat. Pengerukan dilakukan mengingat kondisi Sungai Citarum saat ini sangat memperihatinkan. Pengerukan tersebut juga bagian dari Pencanangan Rehabilitasi Prasarana Pengendali Banjir Sungai Citarum. Sungai Citarum memiliki panjang 297 km menempati posisi strategis secara nasional. Kegiatan tersebut sudah menjadi kesepakatan pemerintah pusat, pemda dan masyakat. Turut hadir dalam kegiatan tersebut Wakil Menteri PU Hermanto Dardak, Deputi Meneg PPN/ Bappenas Bidang Sarana dan Prasarana Dedy Supriyadi Supriatna, Gubernur Provinsi Jawa Barat Ahmad Heryawan, Dirjen Sumber Daya Air dan Kementerian PU Moch. Amron. Wilayah Sungai Citarum melayani sekitar 25 juta penduduk dengan tiga waduk yaitu, Saguling, Cirata dan Jatiluhur yang menghasilkan pembangkit listrik tenaga air sebesar 1.400 megawatt. Tenaga listrik tersebut menerangi Pulau Jawa dan Bali. Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto dalam acara tersebut menyerahkan pompa kepada tiga desa yakni Desa Dayeuh Kolot, Desa Andir dan Desa Baleendah di Jawa Barat.


12 November

Menteri Pekerjaan Umum (PU) Djoko Kirmanto didampingi Gubernur Jawa Tengah Bibit Waluyo dan Wakil Ketua Komisi V DPR-RI Nusyirwan Soejono melakukan pengguntingan pita tanda dimulainya pencanangan (ground breaking) pembangunan jalan tol seksi II Ungaran – Bawen dan peresmian pengoperasian ruas tol seksi I Semarang-Ungaran di Ungaran, Semarang, Jawa Tengah. Dengan diresmikannya penggunaan jalan tol yang berjarak 11 kilometer itu, diharapkan dapat mengatasi kepadatan  arus lalu lintas dari Semarang-Ungaran yang sangat padat . Untuk sementara, jalan tol  tersebut  masih dinyatakan tertutup untuk truk dan bus. Ruas jalan tol Seksi I Semarang – Ungaran yang dioperasikan ini merupakan bagian dari rencana pembangunan tol Semarang – Solo .


13 November

Menteri Pekerjaan Umum (PU) Djoko Kirmanto memberikan sambutan dalam acara peringatan Hari Tata Ruang 2011 di Jakarta. Dalam acara tersebut dirinya  mendorong agar semua kota yang ada di Indonesia dapat memiliki ruang kota yang responsif terhadap perubahan iklim. Dalam jangka panjang, Djoko berharap agar semua kota tersebut dapat menjadi kota hijau yang berkelanjutan.


15 November 

Menteri Pekerjaan Umum (PU) Djoko Kirmanto memberikan keynote speech dalam acara Konferensi Nasional Teknik Jalan ke-9 Himpunan Pengembangan Jalan Indonesia (HPJI) di Jakarta.Hadir pula dalam acara tersebut, Wakil Menteri PU yang juga merupakan Ketua Umum HPJI Hermanto Dardak, Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Marga Kementerian PU Djoko Murjanto beserta jajaran, serta anggota DPR RI Ahmad Muqowwam.Dijelaskan Menteri PU, pengembangan infrastruktur memang merupakan salah satu prioritas pemerintah pada periode pembangunan 2010-2014. Sebab, kondisi yang ada menunjukkan bahwa dibandingkan negara-negara lain, kualitas infrastruktur kita masih cukup tertinggal. Di samping itu, tambah Djoko, kesenjangan infrastruktur antar wilayah yang masih cukup tinggi, khususnya antara Indonesia Bagian Barat dan Indonesia Bagian Timur, memberikan permasalahan tersendiri dalam melakukan pemerataan hasil-hasil pembangunan. Ditambah lagi, terdapat tingkat urbanisasi yang cepat di mana diperkirakan pada tahun 2025 jumlah penduduk perkotaan di Indonesia mencapai 65% dari keseluruhan penduduk.


16 November 

Menteri Pekerjaan Umum (PU) Djoko Kirmanto, Rabu (16/11)  menyaksikan final cabang olahraga dayung SEA Games ke-26 di arena dayung Situ Cipule, Kabupaten Karawang. Ia juga berkesempatan mengalungkan medali pada atlit Dayung yang berhasil merebut medali emas pada nomor rowing  jarak 2000 meter. Bersama-sama dengan Menteri Kepemudaan dan Olahraga (Menpora) Andi Mallaranggeng, Djoko Kirmanto mengalungkan dan memberi ucapan selamat kepada kontingen Indonesia peraih medali emas dari jenis Lightweight Men Four (LM4-) tersebut. Mereka adalah kuartet Budi Aji Agus, Yakin Muhad, Irham, dan Lakiki Mochammad Ali Darta yang mampu mencapai waktu tercepat yaitu 6 menit 16,86 detik yang kemudian disusul tim dayung dari Vietnam dan Thailand.


17 November 

Menteri Pekerjaan Umum (PU) Djoko Kirmanto menjadi narasumber pada Pertemuan Pusat dan Daerah Penguatan Kelembagaan Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan (TKPK) Daerah Tahun 2011 di Jakarta. Dirinya mengatakan Saat ini banyak sekali Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) yang mempunyai tunggakan pada pemerintah pusat. Oleh sebab itu, bagi PDAM yang memenuhi syarat-syarat untuk disehatkan, maka denda hutangnya akan dibebaskan. Dalam pidatonya yang bertema peran TKPK Daerah dalam upaya melaksanakan program klaster 4 khususnya program penyediaan air bersih dan program peningkatan kesejahteraan masyarakat miskin perkotaan tersebut, Djoko mengatakan bahwa hanya hutang pokok yang harus dikembalikan, tanpa sisa bunga, dan itu pun jatuh temponya bisa di-extend. Selain restrukturisasi utang, PDAM yang tidak sehat tersebut juga akan mendapatkan bantuan teknis dari pemerintah pusat berupa bagaimana membuat business plan yang baik, dan bagaimana menetapkan tarif yang sehat.

17 November 

Menteri Pekerjaan Umum (PU) Djoko Kirmanto mengunjungi Asean Fair 2011 di Bali. Dalam kunjungannya, dirinya mengomentari mengenai Waduk Titab di Singaraja, Bali yang akan mampu mengairi air irigasi sebesar 1.700 ha. Waduk Titab yang diluncurkan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) saat meresmikan 17 proyek di 6 koridor perekonomian Indonesia pada Mei 2011 ditargetkan akan selesai pada tahun 2014 dengan nilai investasi multiyears sebesar Rp 120 miliar pada tahun 2011. Dan, pada tahun 2012, akan meningkat sekitar Rp 300 sampai Rp 400 miliar. Tahun 2011 ini, rencananya akan dibangun 8 waduk dan 60 embung serta rehabilitasi 39 waduk dan 60 embung. Dana pembangunan serta rehabilitasi waduk dan embung pada 2011 diambil dari alokasi anggaran bagi pengelolaan sumber daya air sebesar Rp Rp 12,65 triliun.Selain menjelaskan mengenai Waduk Titab, Djoko juga menyebutkan proyek dan produk PU di Asean Fair.

 

18 November 

Festival Werdhapura Pesta Rakyat dan Seni resmi dibuka oleh Menteri Pekerjaan Umum (PU) Djoko Kirmanto didampingi oleh Direktur Jenderal (Dirjen) Penataan Ruang Imam Santoso Ernawi dan KepalaDinas PU Provinsi Bali Dewa Putu Punia Asa di Bali. Festival ini diadakan sebagai rangkaian dari tema ASEAN Fair, yaitu pesta persaudaraan yang diekspresikan dalam seni budaya negara-negara ASEAN. Selain pesta rakyat dan festival seni, juga diadakan kegiatan bersih Pantai Sanur yang bekerja sama dengan pemerintah daerah Bali,  serta seminar Ikatan Ahli Perencanaan (IAP) mengenai perencanaan kota dan kawasan. Menteri PU juga meresmikan Werdhapura sebagai tempat penggunaan village planning centremasalah kota dan kawasan.


21 November 

Menteri Pekerjaan Umum (PU) Djoko Kirmanto membuka diskusi pakar dengan tema "Tuntutan Kompetensi Perencana untuk Mewujudkan Ruang yang Aman, Nyaman, Produktif, dan Berkelanjutan" di Bali. Dalam pidatonya, beliau mengatakan bahwa Salah satu tantangan yang kini dihadapi oleh para perencana diIndonesia dalam menghadapi kompetisi global adalah masalah perkotaan dan wilayah yang semakin kompleks. Oleh karenanya, diharapkan semua perencana yang tergabung dalam Ikatan Ahli Perencanaan Indonesia (IAP) dapat menjawab tantangan tersebut, yakni mewujudkan ruang wilayah yang aman, nyaman, produktif, dan berkelanjutan. Djoko mengatakan bahwa dalam KTT ASEAN ke-19 di Bali dibahas persiapan menuju ASEAN Economic Community (AEC) pada tahun 2015.  Dalam menghadapi AEC 2015, telah ditetapkan Instruksi Presiden No. 11 Tahun 2011 tentang Pelaksanaan Komitmen Cetak Biru Masyarakat Ekonomi ASEAN Tahun 2011 sebagai komitmen Indonesia untuk mendukung iklim investasi dan perdagangan serta peningkatan daya saing nasional.


20 November 

Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto, membuka secara resmi Charity Golf Tournament Konstruksi Indonesia 2011 di Royale Golf Club Halim Jakarta. Pembukaan acara teresbut ditandai dengan Tee Off pukul 07.00 WIB. Charity Golf 2011 diikuti oleh sekitar 250 peserta yang berasal dari berbagai unsur masyarakat jasa konstruksi seperti Kontraktor, Konsultan, Asosiasi Profesi dan Perusahaan, praktisi, anggota DPR, dan seterusnya. Charity Golf Tournament Konstruksi Indonesia 2011 merupakan salah satu kegiatan yang dilaksanakan dalam KI 2011. Tema Konstruksi Indonesia 2011 yakni Mewujudkan Konstruksi Indonesia yang Kreatif, Inovatif dan Berdaya Saing dalam rangka Mendukung Pembangunan Infrastruktur yang Berkelanjuta. Diharapkan KI 2011 dapat menghasilkan kesan kepada masyarakat Indonesia yang menunjukan kemampuan para pelaku konstruksi nasional dalam menghasilkan produk-produk konstruksi yang berdaya saing.

 

22 November 

Menteri Pekerjaan Umum (PU) Djoko Kirmanto bersama dengan Menteri Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat (Menkokesra) Agung Laksono, Menteri Kesehatan Endang Rahayu Sedyaningsih, dan Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo meninjau posko penanganan banjir di Kelurahan Pengadegan, Kecamatan Pancoran, Jakarta Selatan. Dalam wawancara dengan wartawan di sela-sela acara kunjungan, Menteri PU mengatakan, secara teknis, solusi yang paling memungkinkan untuk mengatasi banjir adalah membuat sodetan. Djoko juga mengatakan bahwa faktor perilaku masyarakat sangat berperan dalam mengatasi banjir. Sebab, menurutnya, banjir yang selama ini terjadi tidak lepas dari faktor tertutupnya jaringan drainase oleh sampah.  “Perubahan perilaku itu bukan hanya membersihkan halaman sendiri tetapi kemudian sampahnya dibuang ke sungai. Sampah harus dikumpulkan. Karena, walaupun ada Banjir Kanal Timur dan Barat, kalau selokannya penuh sampah, masalah banjir akan selalu terjadi.


23 November 

Menteri PU Djoko Kirmanto membuka Pameran dan Seminar Konstruksi Indonesia (KI) 2011 di Jakarta Convention Center. Pameran berlangsung tanggal 23 – 25 November 2011 di Ruang Cenderawasih, JCC. Tema KI 2011 menwujudkan KI yang kreatif, inovatif, dan berdaya saing dalam rangka mendukung pembangunan infrastruktur yang berkelanjutan. Konstruksi berkelanjutan merupakan proses konstruksi yang menggunakan metode/konsep, bahan bangunan yang tepat, efisien dan ramah lingkungan di bidang konstruksi. Hal tersebut perlu dilakukan sebagai respon dalam penanganan pemanasan global. Kedepannya, pembangunan seluruh proyek konstruksi mempertimbangkan pola ramah lingkungan. Sehingga diperlukan SDM atau pelaku jasa konstruksi yang memiliki kinerja berkualitas dan mampu bersaing dengan kontraktor asing. Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan peningkatan kompetensi, profesionalisme dan kualitas konstruksi.


23 November 

Menteri Pekerjaan Umum (PU) Djoko Kirmanto melepas tim bola vola putra dan putri Kementerian PU yang akan berlaga pada acara Invitasi Bola Voli Nasional Antar Klub Badan Pembina (Bapor) Korpri ke-1 Tahun 2011 tanggal 24 s.d. 28 November di Solo, Jawa Tengah.  Hadir pula dalam acara tersebut, Staf Ahli Menteri PU (SAMPU) Bidang Sosial Budaya dan Peran Serta Masyarakat Graita Sutadi yang juga merupakan Ketua Bapor PU dan Direktur Bina Pelaksanaan Wilayah II Ditjen Bina Marga Winarno yang juga menjadi Ketua Tim Manajer Bola Voli PU. Dalam arahannya, Menteri PU berpesan agar setiap atlet menjaga nama baik Kementerian PU dengan selalu bersikap sportif. Dirinya juga mengatakan bahwa  olahraga merupakan hal yang sangat baik bagi kesehatan, sehingga perlu dikembangkan.


24 November 

Menteri Pekerjaan Umum (PU) Djoko Kirmanto menerima kunjungan Vice Minister for Infrastructure, Ministry of Land, Infrastructure, Transport and Tourism Jepang, Mr Yuichi Masuda, di Jakarta. Dalam kesempatan tersebut, Yuichi Masuda mengatakan bahwa terkait dengan Metropolitan Priority Area (MPA), pihaknya akan berusaha sebaik mungkin untuk terlibat dan menyumbangkan pengetahuan. Seperti diketahui, Jakarta saat ini sangat padat dan macet, sehingga perlu diatur kembali, salah satu caranya adalah dengan memindahkan sebagian kegiatan ekonomi ke luar Jakarta, dan salah satu referensi yang  akan dipakai adalah mengembangkan hasil studi MPA tersebut. Mashuda datang ke Jakarta dalam rangka menghadiri seminar di Pameran Konstruksi Indonesia 2011 mengenai gempa dan joint operation antara perusahaan Jepang dan Indonesia.  Djoko juga menyebutkan satu teknologi Jepang yang saat ini digunakan dalam rangka mengahadapi lahar dingin, yaitu sabo. Di Indonesia diterapkan paling banyak di kawasan Merapi, juga di Jakarta,Sulawesi Selatan, dan Semeru (Jawa Timur).

25 November 

Menteri PU, Djoko Kirmanto membuka Rapimnas Gapeksindo di Jakarta. Dalam sambutannya, beliau berharap kepada Gabungan Pengusaha Konstruksi Indonesia (Gapeksindo) agar ke depan dapat lebih berperan aktif dalam kancah dunia jasa konstruksi nasional. Dengan demikian organisasi yang berdiri 9 tahun lalu mampu menjadi jembatan bagi aspirasi masyarakat jasa konstruksi dalam mengembangkan pelayanan jasa konstruksi secara profesional sekaligus menjadi mitra pemerintah dalam pengembangan jasa konstruksi. Sejalan dengan itu Menteri PU memberikan masukan, agar Gapeksindo dalam melakukan evaluasi kinerja dan menyusun program ke depan hendaknya dilandasi oleh filosofi yang tepat dan keinginan kuat dari para anggotanya.


26 November 

Menteri pekerjaan Umum (PU) Djoko Kirmanto bersama para pejabat di lingkungan Kementerian PU dan para wartawan yang tergabung dalam Forum Wartawan PU (FORWAPU) menyusuri jogging track di kawasan Taman Safari, Cisarua, Bogor, akhir minggu lalu. Di usianya yang menginjak 68 tahun, Djoko beserta istri terlihat masih kuat dan bugar melewati trek sejauh 4 kilometer, yang naik turun dan berkelok. Ditambah lagi, karena malam sebelumnya turun hujan, jalan yang dilalui pun cukup becek dan mengharuskan para peserta untuk melompat guna menghindari genangan-genangan air. Acara menyusurijogging track tersebut merupakan rangkaian akhir dari acara Team Building yang diselenggarakan oleh Pusat Komunikasi Publik (Puskompu) Sekretariat Jenderal (Setjen) Kementerian PU, yang bertemakan “Menjalin Keakraban dengan Media”.

26 November 

Menteri PU tiba di lokasi bersama ambruknya Jembatan Kutai Kartanegara (Kukar) di Tenggarong, Kutai Kartanegara, bersama Menkokesra Agung Laksono yang didampingi Kapolda Kaltim Bambang Widaryatmo dan Bupati Kutai Kartanegara Rita Widyasari, serta Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional VII Subagio. Beliau mengatakan Pemerintah memberi perhatian serius terkait insiden ambruknya Jembatan Kutai Kartanegara (Kukar). Menurut Menteri Pekerjaan Umum (PU) Djoko Kirmanto ambruknya jembatan Kukar adalah insiden langka dalam sejarah konstruksi jembatan di Indonesia. Djoko menegaskan, pihaknya akan menurunkan tim dari Pusitbang Jalan dan Jembatan Kementerian PU untuk melakukan penyelidikan insiden ambruknya konstruksi jembatan tersebut .

 

28 November 

Menteri Pekerjaan Umum (PU) Djoko Kirmanto hadir dalam acara  Metro TV terkait ambruknya Jembatan Kutai Kartanegara (Kukar) adalah penyelamatan dan evakuasi korban. Lebih lanjut dikatakannya bahwa penanganan teknis harus mendapat kajian yang sangat komprehensif dari semua segi, sehingga perlu ada proses penelitian yang cukup untuk mengetahui penyebab runtuhnya Jembatan Kukar. Beliau menegaskan, bahwa Dalam pemeliharaannya Jembatan Kutai Kartanegara rutin dilakukan oleh pemerintah daerah setempat, namun sebagai kementerian teknis yang bertanggung jawab akan keseluruhan infrastruktur diIndonesia, maka secara moral Kementerian PU perlu melihat hal-hal yang menyebabkan terjadinya runtuh dan wajib memberikan pengarahan-pengarahan bila mana diperlukan.