Apr 8 2013 10:14AM

Kepengurusan Pergatsi Sulteng dan Sulut Dikukuhkan

Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Gateball Seluruh Indonesia (PB Pergatsi), Djoko Kirmanto mengukuhkan Pengurus Pergatsi Sulawesi Tengah dan Pergatsi Sulawesi Utara di Kota Palu, Sulawesi Tengah (Sulteng), Minggu (7/4) malam. Pengukuhan kedua provinsi tersebut merupakan pengukuhan ke-6 dan ke-7 dalam periode kepemimpinan Djoko Kirmanto.

 

Dalam acara tersebut turut hadir antara lain Gubernur Sulteng Yongki Janggola, Wakil Gubernur Sulteng Sudarto, Sekretaris Jenderal PB Pergatsi Setiabudhi Algamar serta beberapa pengurus PB Pergatsi lainnya diantaranya Danis Hidayat Sumadilaga. Selepas dikukuhkan oleh Djoko Kirmanto, Ketua Pergatsi Sulteng, Saefullah Jafar juga melantik kepengurusan empat Pergatsi tingkat Kabupaten/Kota Sulteng yaitu Palu, Poso, Parigi Moutong serta Toli-toli.

 

Dalam sambutannya, Djoko Kirmanto yang juga merupakan Menteri Pekerjaan Umum (PU) menuturkan, pengurus Pergatsi sangat diperlukan guna lebih mensosialisasikan dan mengembangkan olah raga gateball di tanah air. Hingga saat ini di Indonesia, telah terbentuk 11 pengurus Pergatsi tingkat provinsi. Namun, baru tujuh yang telah dikukuhkan Ketua Umum. Dalam waktu dekat, Djoko Kirmanto akan mengukuhkan kepengurusan Pergatsi Jawa Barat dan Kalimantan Timur.

 

“Gateball mungkin memang belum sepopuler olah raga lainnya, tetapi mulai disukai masyarakat. Hal ini terbukti dengan secara sporadic bermunculan komunitas-komunitas gateball di nusantara,” sebut Ketua Umum PB Pergatsi.

 

Tumbuhnya komunitas gateball secara sporadic menurut Djoko Kirmanto memerlukan peran Pergatsi untuk memfasilitasi dan mengembangkan olah raga tersebut agar dapat menjadi cabang yang lebih maju dan berorientasi pada prestasi. Dia pun berharap kepada para pengurus di Sulteng dan Sulut dapat melahirkan tim juara dan para pemain gateball yang tangguh.

 

Sementara itu Gubernur Sulteng Yongki Janggalo menyambut baik telah dilantiknya Pergatsi di provinsinya. Selanjutnya, Dia mengharapkan kepada para pengurus untuk segera menyiapkan program kerja agar cabang tersebut lebih dikenal dan digemari masyarakat Bumi Tadulako. Tidak hanya itu, dirinya juga meminta agar gateball Sulteng dapat berprestasi di tingkat nasional.

 

Ketua Pergatsi Sulteng, Saefullah Jafar mengatakan kepengurusan siap lebih mengenalkan cabang tersebut kepada khalayak ramai. Dia optimis gateball akan mendapatkan tempat di hati masyarakat Sulteng. Untuk melakukan pembinaan, Dirinya akan sering mengadakan invitasi atau turnamen gateball di provinsi yang telah berusia 49 tahun tersebut. (rnd)

 

Pusat Komunikasi Publik

080413

 



Pusat Komunikasi Publik