2013-06-12 20:31:1

Cipta Karya Sosialisasi Pencegahan Kebakaran Gedung Negara

Direktorat Jenderal Cipta Karya Kementerian PU mensosialisasikan pencegahan dan penanggulangan kebakaran Bangunan Gedung Negara kepada pengelola bangunan gedung di Kementerian/Lembaga di seluruh Indonesia. Sosialisasi tersebut dibuka oleh Dirjen Cipta Karya Imam Ernawi di Pendopo Kementerian PU, Rabu (12/6).

Menurut Imam, untuk medapatkan keandalan bangunan gedung negara, hal pertama yang harus ada adalah komitmen dari pengelolanya. Imam menyebutnya sebagai proses internalisasi. Setelah secara internal kuat, menurut Imam,  baru kemudian melembagakan pentingnya keandalan gedung kepada semua unit terkecil di instansi tersebut.

"Unit kerja pengelola bangunan gedung tidak bisa berkerja sendiri, harus didukung semua unit lain," kata Imam.

Aturan maupun petunjuk teknis tentang bangunan gedung kata Dirjen Cipta Karya,  baik itu tentang merawat bangunan gedung, persyaratan gedung negara, pemeriksaan berkala bahkan yang mengatur khusus kebakaran sudah ada.

"Semuanya sudah diatur secara rinci” Ujar Imam. Hanya saja bagaimana semua aturan itu memudahkan kita dan aparat di kementerian atau lembaga masing-masing mengelola bangunan gedung dengan aman dan selamat “Imbuhnya.

Dalam kesempatan itu, Imam juga mengusulkan agar para pengelola gedung negara memperhatikan pemeliharaan. Ia berharap pengelola bangunan gedung dalam hal ini bisa menganggarkan anggaran untuk pemeliharaan.

 "Stigma bahwa kita hanya bisa bangun tapi tidak bisa memelihara harus dihilangkan," kata Imam.

Sebagai narasumber dalam sosialisasi tersebut yakni Kasubdit Pembinaan dan Pengelolaan Rumah Negara Wahyu Kusumosusanto tentang Penyelenggaraan Bangunan Gedung Negara, Kadis P2B DKI Jakarta Putu Ngurah Indiana tentang penyelenggaraan bangunan gedung Prov. DKI Jakarta, anggota Himpunan Ahli Perawatan Bangunan Indonesia Jimmy Siswanto Juwana terkait pemeliharaan Bangunan Gedung Negara, Pejebat Fungsional TBP Eko Djuli Sasongko tentang analisis biaya kerusakan.

Adapun masalah  penanggulangan kebakaran antara lain disampaikan  Suprapto dari Puslitbang Permukiman Kementerian PU, Subejo Kadis Kebakaran DKI Jakarta dan Abdul Wahid dari Sudin Pemadam Kebakaran Jakarta Selatan.

Dalam acara ini juga diadakan demonstrasi mitigasi kebakaran oleh Tim Sudin Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana Jakarata Selatan bertempat di lapangan voli depan Gedung Utama Kementerian PU. (dvt)

 

Pusat Komunikasi Publik

(12062013

Pusat Komunikasi Publik