Pencarian

PELEBARAN JALAN AKSES MARUNDA RAMPUNG OKTOBER 2008

Rabu , 16 Jul 2008

PELEBARAN JALAN AKSES MARUNDA RAMPUNG OKTOBER 2008

 

Pelebaran jalan akses Marunda guna meningkatkan kapasitas jalan yang cukup padat lalu lintasnya tersebut ditargetkan dapat rampung Oktober 2008. Pelebaran jalan dengan perkerasan beton (rigid pavement) dari semula 7 meter menjadi 14 meter atau 2 lajur pada masing-masing arah, dilakukan sepanjang 2,6 Km dan telah diselesaikan sepanjang 1,3 Km. Saat ini pelebaran jalan tengah dilakukan mulai dari Jembatan Kecil hingga Simpang Rorotan dekat Pom Bensin. Sebenarnya status jalan tersebut merupakan jalan provinsi, namun telah ada kesepakatan bahwa Ditjen Bina Marga Departemen PU membantu perbaikan jalannya, sementara untuk perbaikan jembatan yang ada diruas tersebut menjadi tanggung jawab Pemerintah DKI Jakarta jelas Kepala Satuan Kerja SNVT Jalan dan Jembatan Metropolitan Jakarta Ditjen Bina Marga Departemen PU, Arie Armada di Jakarta, Selasa (15/7).

 

Pelebaran jalan yang dilakukan oleh Ditjen Bina Marga tidak mengganggu atau menutup ruas jalan yang ada karena dilakukan pada sisi kanan kiri jalan yang ada. Menurut Arie Armada, kemacetan yang sempat terjadi di Jalan Akses Marunda disebabkan oleh arus kendaraan peti kemas dari Pelabuhan Tanjung Priok yang akan masuk ke Jalan Cilincing Raya dialihkan ke Jalan Akses Marunda.

 

Pengalihan tersebut dilakukan karena di Jalan Cilincing Raya yang merupakan jalan provinsi, tengah dilakukan peninggian badan jalan oleh Dinas Pekerjaan Umum DKI Jakarta. Titik kemacetan pada jalan akses Marunda terjadi di dua persimpangan yang menjadi tempat keluar masuk truk dari kawasan industri disekitarnya yakni di Simpang Budi Darma dan Simpang Kawasan Industri KBN Marunda. Selain itu kemacetan juga terjadi menjelang jembatan (oprit) di Jembatan Cakung Drain karena truk-truk peti kemas mengurangi kecepatannya. Untuk ruas utama Jalan Cakung Cilincing yang Mei lalu selesai dilebarkan menjadi 6 lajur dan diperkuat dengan konstruksi beton oleh Ditjen Bina Marga Departemen PU tidak terjadi kemacetan.

 

Jalan Pakin

Sementara perbaikan Jalan Pakin sepanjang 440 meter di dekat Pasar Ikan, Jakarta Utara yang sebelumnya mengalami rusak berat akibat genangan air rob dan arus lalu lintas kendaraan berat dan padat ditargetkan dapat rampung pada September mendatang. Demikian disampaikan Pejabat Pembuat Komitmen Pemeliharaan Jalan dan Jembatan Metropolitan Jakarta Wilayah III, Aryanto Sihombing.

 

Menurutnya dari 12 meter lebar jalan yang ada, peninggian badan jalan setinggi 25 cm dilakukan 3 tahap yakni masing-masing 4 meter. Tahap pertama kita tinggikan 4 meter ditengah dan telah selesai. Tahap kedua dilakukan pada lajur jalan menuju Jembatan Dua, namun kendaraan dari kedua arah tetap bisa melintas. Kendaraan yang menuju Jembatan Dua menggunakan lajur jalan yang telah selesai ditinggikan jelasnya.

 

MenurutAryanto Sihombing, peninggian jalan menggunakan rigid pavement tidak bisa langsung dilalui kendaaan namun perlu waktu dua minggu menunggu tercapainya mutu beton.Pekerjaan peninggian sendiri dilakukan pada malam hari.(gt)

 

Pusat Komunikasi Publik

160708


Index Berita


Tag :  

Share