Pencarian

PELANTIKAN PEJABAT SATKER DITJEN SDA WILAYAH TIMUR

Selasa , 14 Feb 2012
Peran pejabat struktural eselon IV dan Pejabat Inti Satuan Kerja (Satker) dalam struktur organisasi pemerintah merupakan ujung tombak dari seluruh kegiatan pengelolaan sumber daya air baik kegiatan fisik dan non fisik.

Hal tersebut disampaikan oleh Plt. Direktur Jenderal (Dirjen) Sumber Daya Air (SDA) Kementerian Pekerjaan Umum (PU) Mochammad Amron dalam acara pelantikan dan pengambilan sumpah para pejabat Eselon IV serta Pejabat Inti Satuan Kerja di lingkungan Ditjen SDA Kementerian PU, kemarin (13/2) di Jakarta. Adapun satuan kerja yang dilantik adalah pejabat Eselon IV dan Pejabat Inti Satuan Kerja yang berasal dari Pusat, Balai dan Balai Besar Wilayah Indonesia Timur, serta BBWS Bengawan Solo.

Ditegaskan Amron, Pejabat Eselon IV dan Pejabat Inti Satker harus bisa menguasai kemampuan manajerial dan kemampuan teknis operasional yang didukung dengan penguasaan sistem, tata cara dan prosedur kerja yang sudah tertuang dalam Undang-Undang dan ketentuan-ketentuan yang berlaku. Amron menambahkan yang tidak kalah pentingnya adalah mengenai koordinasi yang optimal dengan pemerintah daerah untuk pejabat yang berada di daerah atau lapangan.

Sejak akhir tahun 2006, sudah terbentuk Balai dan Balai Besar wilayah Sungai yang secara efektif di mulai tahun 2007. “Tugas balai sebagai pengelola sumber daya air di wilayah sungai yang tugasnya tidak hanya berupa pekerjaan fisik atau pembangunan infrastruktur seperti pada saat kepanjangan tangan dari Ditjen SDA yang ada di daerah masih berupa proyek-proyek,” ujar Amron.

Pengelolaan sumber daya air yang dilaksanakan dengan benar akan membuat kegiatan yang berupa fisik dan non fisik yang saling terkait nantinya infrastruktur yang dibangun akan bermanfaat dan berkelanjutan.  

Amron mengatakan seluruh Pejabat Inti Satker yang terlibat dengan kegiatan-kegiatan di lapangan agar selalu berkoordinasi dengan orang-orang yang berada di struktural balai. Hal ini dilakukan agar kegiatan yang dilaksanakan di lapangan akan selalu merupakan bagian dari program balai secara keseluruhan.

“Saya yakin kegiatan yang dilakukan dengan kebersamaan yang tinggi akan menghasilkan kinerja balai yang baik dan terus meningkat sebagai pengelola wilayah sungai,” jelas Amron

Adapun pejabat yang dilantik adalah Constandji Nait, SP. MT sebagai PPK Operasi dan Pemeliharaan SDA BWS Nusa Tenggara II, Ali Cahyadi Achmad, ST, MT sebagai PPK Perencanaan dan Program BWS Maluku Utara dan Dave Harold Irhajdi M, ST, M. Eng. Sc sebagai PPK Perencanaan dan Program BWS Sulawesi II.

Di dalam proses jabatan tersebut, diharapkan akan dapat mengakselerasi proses aktivitas roda organisasi agar dapat berpartisipasi sesuai dengan tugas pokok dan fungsi Ditjen SDA.(datinSDA/ifn)


Index Berita

Pusat Komunikasi Publik
Tag : SDA, Pelantikan  

Share