|

BULLDOZER PU KEMBALI IKUTI GRAND PRIX MARCHING BAND XXI

Minggu , 18 Des 2005

BULLDOZER PU KEMBALI IKUTI GRAND PRIX MARCHING BAND XXI

Marching Band Bulldozer PU mengikuti Grand Prix Marching Band XXI yang digelar di Istora Gelora Bung Karno pada tanggal 17-18 Desember 2005. Acara tersebut diikuti oleh 21 unit dari 12 provinsi di Indonesia. Setelah sekitar tujuh tahun tidak mengikuti kegiatan lomba, kali ini Bulldozer siap dengan dukungan dari semua pihak.  Lagu yang ditampilkan antara lain dua lagu latin, tampilan lagu perkusi dan lagu Indonesia 'Pergi Untuk Kembali dari Ello. Lagu tersebut dipilih dan di-arransemen sendiri oleh Bulldozer. Ketua Pelaksana Harian Bulldozer Arief Wibowo menilai semangat peserta sangat tinggi untuk mengikuti lomba ini. Menurut Arief, terakhir kali, Marching Band Bulldozer tampil tahun 1996 dan mendapat peringkat kedua nasional.

Iwan Nursyirwan selaku pembina marching band Bulldozer PU ikut hadir memberi dukungan dan semangat kepada peserta yang tampil. Latihan untuk mengikuti acara ini dilakukan sekitar 4 bulan sejak bulan Agustus. Personil Bulldozer direkrut dari angkatan 2000, 2001 dan 2002, dengan total secara keseluruhan sekitar 92 orang. Menurut Arief, sebagian besar dari mereka belum pernah tampil dalam lomba, oleh karena itu persiapan terus dilakukan secara reguler.dua kali seminggu. Latihan biasanya dibina oleh alumni Bulldozer dan pelatih dari luar, namun kali ini praktis hanya dari alumni. Mendekati acara, latihan ditingkatkan menjadi 4 kali seminggu. Kali ini Bulldozer berhadapan dengan UI sebagai juara bertahan, Semen Padang, dan UGM.

Lebih lanjut Arief mengatakan, ajang marching band dinilai bergengsi dan bergerak ke arah yang lebih modern. Marching Band lebih dinamis karena terdiri dari musik, perkusi dan kelompok pendukung yang memberikan ciri dengan penampilan  tari dan bendera. 

Dalam acara Grand Prix itu, panitia mendatangkan pengamat dari luar negeri untuk melihat kualitas standar marching band di Indonesia. Waktu yang diberikan panitia untuk membawakan empat lagu hanya sekitar 12 menit.

Nama bulldozer sendiri, menurut Arief, sudah dikenal karena usianya genap usia 30 tahun pada 2007 nanti. Banyaknya peminat yang ikut serta dalam keanggotaan Marching Band Bulldozer, maka keanggotaan tidak hanya diperuntukan bagi karyawan Dep.PU. Dibuka peluang bagi keluarga besar Departemen PU yang berminat menjadi anggota. Recruitment anggota melewati proses seleksi yang tidak mudah. Saat ini sudah 22 angkatan dengan satu angkatan sekitar 50 pendaftar yang diterima. (ind)

Pusat Komunikasi Publik

181205

 

 

181205

 

 

Tag :  

Share