|

PERINGATAN HARI IBU DI LINGKUNGAN DEP.PU

Kamis , 22 Des 2005

PERINGATAN HARI IBU DI LINGKUNGAN DEP.PU

Peringatan Hari Ibu Kamis (22/12) di lingkungan Departemen PU diperingati dengan melaksanakan upacara bendera yang diikuti segenap pegawai dan anggota Dharma Wanita Persatuan di lingkungan Dep.PU dengan pembina upacara Dirjen Cipta Karya Agoes Widjanarko dan komandan upacara Kasubdit Perencanaan Teknis dan Pengaturan Ditjen Cipta Karya Siti Bellafolijani. Rangkaian peringatan itu dilanjutkan dengan penyelenggaraan ceramah tentang "Apa dan Bagaimana Kita Mencegah Terkena Penyakit Flu Burung dan Antraks".

Sementara itu, dalam sambutannya Dirjen Cipta Karya, mengatakan peringatan Hari Ibu tidak hanya untuk menghargai jasa-jasa perempuan sebagai seorang ibu, tetapi juga jasa perempuan secara menyeluruh baik sebagai ibu dan isteri maupun warga negara serta sebagai pejuang dalam merebut, menegakkan dan mengisi kemerdekaan dengan pembangunan nasional.  Melalui peringatan Hari ibu, seluruh rakyat Indonesia terutama generasi muda diingatkan akan makna Hari Ibu sebagai hari kebangkitan, serta persatuan dan kesatuan perjuangan kaum perempuan yang tidak terpisahkan dari kebangkitan dan perjuangan bangsa.

Makna dan pesan yang terkandung pada peringatan Hari Ibu antara lain sebagai hari kebangkitan perempuan Indonesia; menjunjung harkat dan martabat perempuan Indonesia sebagai Ibu Bangsa; menyatakan kesetaraan dan keadilan gender dalam aspek pembangunan keluarga, masyarakat, bangsa dan negara; meningkatkan peran perempuan Indonesia dalam publik bukan hanya peran domestik dalam proses pembentukan keluarga, masyarakat, bangsa dan negara dalam upaya mewujudkan pembangunan berkelanjutan; serta meningkatkan pengetahuan dan kesadaran hukum kaum perempuan Indonesia untuk lebih berkiprah dalam bidang ekonomi, politik dan sosial lainnya, bebas dari korupsi, kolusi dan nepotisme. Perempuan Indonesia merupakan perempuan tangguh, yang mampu menghadapi segala tantangan dalam pencapaian Millenium Development Goals.

Dalam rangka memeriahkan Hari Ibu, Dharma Wanita Persatuan (DWP) PU Unit Kerja Sumber Daya Air memberikan pencerahan tentang ancaman penyakit Flu Burung dan Antraks. Dalam sambutannya, Ketua DWP Dep.PU Ny.Karen Syarief mengatakan dengan terselenggaranya ceramah ini, para ibu-ibu DWP Dep.PU telah membantu program pemerintah dalam meningkatkan kesadaran masyarakat akan kesehatan.

Sementara itu, Ny Umi Widiyati.Amron selaku Ketua DWP Ditjen SDA dalam laporannya mengatakan, acara tersebut diselenggarakan dalam rangka ikut berpartisipasi mensosialisasikan    pengetahuan kesehatan masyarakat dengan mengajak bapak/ibu yang tertarik dan ingin mengetahui lebih dalam mengenai kedua penyakit yang dapat menimbulkan korban jiwa. Untuk dapat lebih memahami dan mendalami kedua penyakit tersebut, dihadirkan narasumber dokter dan dokter hewan yaitu dr.drh.Mangku Sitepu  yang dapat menjelaskan dari dua sisi yang berkaitan dengan kesehatan manusia dan dari sisi penyakit hewan yang dapat menular kepada manusia. Hadir dalam ceramah tersebut antara lain Ny. Soenarno, Direktur Sungai, Danau dan Waduk Diah Ayu Pangesti,  juga segenap pegawai dan anggota Dharma Wanita Departemen PU. (Ind)

Pusat Komunikasi Publik

221205

 

 

221205

 

 

Tag :  

Share