|

MENTERI PU TERIMA PENGURUS GAPKAINDO

Jumat , 6 Mei 2005

MENTERIPU TERIMA PENGURUS GAPKAINDO

GabunganPerusahaan Kontraktor Air Indonesia (GAPKAINDO) hari ini (6/5), mendatangiMenteri PU Djoko Kirmanto. Gapkaindo yang diketuai oleh RM. Napitupulu merupakanterdiri dari gabungan beberapa asosiasi. Terbentuknya asosiasi seperti Gapkaindoberasal dari usulan daerah. Adapun salah satu alasan terbentuknya Gapkaindokarena banyak anggota dari asosiasi yang sudah ada tidak bisa ditangani, sepertiproses sertifikasi lama sehingga menghambat berusaha. Namun, Gapkaindo mencoba berjalan berdampingan dengan Asosiasi Konstruksi Air Indonesia (Akaindo).Terkait dengan terbentuknya Gapkaindo Menteri PU mengatakan, "Jangan sampaimemberikan pelayanan cepat tanpa mengikuti standard." Menurutnya lagi, ISOstandard mutu harus ada mengingat terbentuknya Gapkaindo untuk memberikanpelayanan yang cepat dan mudah. Djoko menambahkan, jangan sampai terbentuknyaGapkaindo karena pecah/kecewa sehingga membentuk asosiasi baru.

Gapkaindoyang telah mendapat akreditasi dari Lembaga Pengembangan Jasa KonstruksiNasional (LPJKN) dan berstandard memiliki program Sumber Daya Manusia (SDM) yangmenurut Menteri sangat menarik sekali. Berdasarkan Undang-Undang Jasa Konstruksi,asosiasi yang ingin mengeluarkan sertifikat harus dilakukan pelatihan-pelatihansehingga Gapkaindo akan mengadakan pelatihan dalam waktu dekat.

Dikatakanoleh Ketua Umum Gapkaindo Napitupulu, dana pelatihan tersebut berasal darisubsidi asosiasi (Gapkaindo) dan juga peserta pelatihan. Dalam waktu dekat,Gapkaindo juga akan mengadakan Rapat Pimpinan Nasional (RAPIMNAS) dan Menteri PUdiharapkan dapat memberikan sambutannya dalam pembukaan.

Gapkaindoberdiri dan dideklarasikan pembentukannya pada 2000 lalu. Hingga saat ini,anggotanya telah mencapai sekitar 360 asosiasi dari 20 provinsi di Indonesia.Kesulitan yang dihadapi antara lain sertifikat keahlian yang belum ada. Haltersebut karena tidak ada yang mengeluarkan sertifikat keahlian di daerah.Sertifikat keahlian diperlukan dalam menangani berbagai bidang sepertipemasangan instalasi perpipaan, sanitasi dan air bersih. Untuk mengatasinya,Djoko Kirmanto mengatakan Departemen PU dapat membantu masalah pelatihan melaluiBadan SDM yang dimilikya (BPSDM).

Menurutsalah satu anggota LPJKN, anggota dari asosiasi yang sudah ada (Akaindo) bolehmengundurkan diri dari asosiasinya tetap harus ada surat pernyataan secaratertulis dan bermaterai, sehingga tidak disalahkan karena menarik anggota barudari asosiasi yang sudah ada. Namun buru-buru ditambahkan, asosiasi yang dapatmemberikan sertifikasi terbaik dan memberikan pelayanan terbaik kepadaanggotanyalah yang akan dipilih oleh anggota.

ProfilGapkaindo

Gapkaindodilahirkan di Kota Makassar dan dideklarasikan di Jakarta dengan visimenciptakan pengusaha jasa konstruksi di bidang perpipaan dan air bersih yanghandal dan berkompeten. Misinya senantiasa melakukan pembinaan terhadap anggota,memberikan pelayanan kepada anggota dan senantiasa melakukan konsolidasi kepadaanggota. Badan hukum sudah ada pada tahun 2000. Namun, sementara ini belum bisadievaluasi oleh karena sedang dalam proses sertifikasi kembali. Adapun programjangka pendek yang akan dilakukan adalah melakukan Rapimnas dan melakukankonsolidasi organisasi serta peningkatan sumber daya manusia yang masuk dalamanggota Gapkaindo. Pelatihan akan dilakukan di setiap provinsi, sedangkan.Rapimnas kemungkinan akan dilakukan dua minggu kedepan di Jakarta. (ind/ipul)

Pusdatin

060505

 

 

060505

 

 

Tag :  

Share