Pencarian

SELEKSI CPNS KEMENTERIAN PU 2010

Minggu , 7 Nov 2010

SELEKSI CPNS KEMENTERIAN PU 2010

Kementerian Pekerjaan Umum (PU), Sabtu (6/11) secara serempak di empat kota yaitu, Jakarta, Medan, Surabaya, dan Makassar menyelenggarakan tes seleksi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) D3. Ujian seleksi D3 Kementerian PU tersebut diikuti oleh 8.394 pelamar. Sedangkan untuk formasi D4/S1, S2 dilakukan hari ini di lokasi yang sama. Para peserta tersebut merupakan hasil seleksi dan pendaftar online yakni berjumlah 13.822 pendaftar. Tes seleksi dilakukan untuk memenuhi 2.099 formasi CPNS yang tersedia.

Demikian disampaikan Sekretaris Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Sesmen) Tasdik Kinanto saat melakukan peninjauan pelaksanaan tes seleksi CPNS Kementerian PU di Gedung Pertamina, Jakarta, Sabtu (6/11). Turut hadir melakukan peninjuan Kepala Biro Kepegawaian dan Ortala Kementerian PU Lukman Arifin, Deputi Bidang Pengendalian Kepegawaian BKN Bambang Krisnadi.

Jumlah peserta formasi D3 yang mengikuti test tertulis di DKI Jakarta berjumlah 4.839 peserta, sedangkan untuk Medan 1.783 peserta, di Surabaya 1194 peserta, dan Makassar 578 peserta. Para peserta tersebut untuk memperebutkan 423 formasi.

Hari ini adalah hari di mana kemampuan saudara dan pengetahuan saudara akan diuji melalui seleksi CPNS Kementerian PU yang sedang membutuhkan tambahan pegawai yang betul-betul mampu untuk melanjutkan tugas-tugas Kementerian PU serta bertanggung jawab  besar. Oleh karena itu dimohon, dan diharapkan seleksi ini dapat dilaksanakan transparan, akuntabel, dan efektif.  Maka siapapun nanti yang lulus tes seleksi ini betul-betul memenuhi kriteria yang dibutuhkan jelas Tasdik.

Kemudian, Kepala Biro Kepagawaian Kementerian PU Lukman Arifin yang ikut melakukan peninjauan menambahkan untuk mendapatkan para CPNS terbaik, Kementerian PU telah menetapkan syarat-syarat administrasi pendaftaran diantaranya sertifikasi universitas minimal B, Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) minimal 2,75 untuk D3, S-1 yang terakreditasi B, 3,00 yang terakreditasi A dan 3,25 untuk S-2 yang terakreditasi A dan 3,00 yang terakreditasi B dalam skala 4.

Persyaratan lain adalah kemampuan berbahasa Inggris yang ditunjukkan melalui nilai TOEFL minimal 450 untuk S-1 dan 475 untuk S-2 dan berusia maksimal 28 tahun. Persaingan pada tes seleksi saat ini cukup ketat karena ada 3.584 peserta memperebutkan 541 posisi. Untuk itu seleksi akan menggunakan sistem rangking.

Namun, lanjutnya peserta yang hadir mengikuti tes seleksi CPNS formasi D3 hari ini dan diikuti oleh 90 persen peserta yang mendaftar tetapi tetap berjalan dengan lancar. Tampaknya ada beberapa kendala misalnya mereka tesnya ada yang double ditempat lain sehingga saya lihat ada kurang peminatnya, namun relative  90% mengikuti tes ini ujar Lukman

Sementara itu, Deputi Bidang Pengendalian  Kepegawaian BKN Bambang Krisnadi mengungkapkan bahwa pengangkatan CPNS formasi tahun 2010 untuk instansi pusat diupayakan tanggal 2 Desember. Mudah-mudahan tidak ada perubahan. Jika instansi pusat selesai pada bulan Desember apa yang dijadwalkan pemerintah terpenuhi semua kata Bambang

Kemudian, menanggapi mengenai pegawai honorer di Kementerian PU, Bambang menjelaskan pada saat ini masuk dalam proses verifikasi dan validasi yang dilakukan oleh BKN dan BPKP apakah memenuhi kriteria sumber pembiyaan dari APBN, APBD dan diharapkan selesai pada minggu ke-4 November. (ant)

Pusat Komunikasi Publik

071110


Index Berita


Tag :  

Share