|

UJI MODEL HIDRAULIK UNTUK ALIRAN LAHAR KALI PUTIH MERAPI

Kamis , 28 Jul 2011

UJI MODEL HIDRAULIK UNTUK ALIRAN LAHAR KALI PUTIH MERAPI

 

Pembangunan “Diversion Channel” sepanjang 2,75 km dan jembatan rangka baja dengan bentang 60 m di Kali Putih, Desa Jumoyo, Kabupaten Magelang segera dikerjakan. Balai Sabo Yogyakarta, Puslitbang SDA, Selasa (26/7) melaksanakan ekspose uji model hidraulik aliran lahar di Kali Putih di outdoor laboratorium Sabo. Rencana pembangunan jembatan ini merupakan salah satu upaya rehabilitasi bencana akibat erupsi Gunung Merapi lalu.

 

Ekspose ini dihadiri oleh Ir. Pitoyo Subandrio, Dipl.HE, Direktur Sungai dan Pantai, Balai Besar Serayu Opak Ditjen SDA, dan P2JN, Ditjen Bina Marga, Fakultas  Teknik UGM, UPN, Undip, serta Dinas PU Magelang.

 

Direktur Sungai dan Pantai, Pitoyo Subandrio mengatakan bahwa pemerintah dan masyarakat harus berusaha untuk mengetahui kemauan alam. Serta berupaya menyesuaikan diri dengan alam. Menurut Pitoyo, penanganan di Kali Putih di Jumoyo tersebut adalah upaya untuk mengembalikan ke alur sungai lama. Beberapa kali banjir lahar dingin terjadi dan melimpas ke Jalan Nasional Yogyakarta – Magelang. Hal tersebut mengakibatkan gangguan arus lalu lintas dan perekonomian dana membahayakan masyarakat sekitar.

 

Terkait dengan uji model aliran lahar, Kepala Balai Sabo Untung Budi Santosa menjelaskan bahwa ekspose uji model aliran lahar di “Outdoor Laboratory” merupakan rangkaian percobaan yang telah dan akan dilakukan untuk mengetahui perilaku aliran lahar. Serta, pengarah aliran dan posisi jembatan dengan beberapa variabel dan model pada skala 1:50.

 

Uji model aliran lahar dilanjutkan dengan diskusi untuk menyampaikan pendapat dan argumen dari sisi teknik penanggulangan maupun hidraulik aliran lahar. Hal ini manjadi masukan dalam penyempurnaan rencana pelaksanaan pembangunan jembatan dan “diversion Channel” di Kali Putih.

 

Pada ekspose tersebut, Pitoyo berharap agar ekspos model tes aliran lahar tidak hanya untuk pengembangan ilmu pengetahuan saja, tetapi juga untuk menguji model rencana yang akan dibangun, untuk  memastikan keberhasilan fungsi bangunan. (ubs/ind)

 

Pusat Komunikasi Publik

280711

 

 

280711

 

 

Tag :  

Share