Pencarian

AKSES PERBATASAN KALTIM JADI PRIORITAS SISA ANGGARAN LEBIH (

Selasa , 6 Mar 2012

AKSES PERBATASAN KALTIM JADI PRIORITAS SISA ANGGARAN LEBIH (SAL)

Dari beberapa program yang diajukan pemerintah Provinsi Kalimantan Timur, akses perbatasan merupakan salah satu prioritas Sisa Anggaran Lebih (SAL) tahun 2011. Hal tersebut diungkapkan oleh Menteri Pekerjaan Umum (PU) Djoko Kirmanto, saat menerima Wakil Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim) FaridWadjdy, Jumat (2/3) di Jakarta. Hal tersebut menjadi arahan prioritas yang diinstruksikan oleh presiden Soesilo Bambang Yoedhoyono (SBY), terkait provinsi-provinsi lain yang mendapatkan SAL untuk kebutuhan infrastruktur.

Di antara provinsi-provinsi yang disebutkan akan menerima SAL, akses perbatasan di Kalimantan Timur merupakan salah satu prioritas. Perbatasan Kaltim sudah di masukkan ke dalam program prioritas SAL. Mudah-mudahan kita dapatkan pertambahan tersebut, karena masih harus diperjuangkan di DPR dan Kementerian Keuangan, tambah Djoko.

Sementara itu Farid mengungkapkan terkait dengan menciptakan akses transportasi darat untuk membuka keterisolasian wilayah pedalaman dan perbatasan,  terdapat  jalan parallel  sepanjang 920 km dan jalan akses perbatasan sepanjang 433 km, yang berada pada tiga kabupaten, Kutai Barat, Malinau, dan Nunukan tersebut membutuhkan dana sebesar Rp 864 miliar.

Sampai dengan tahun 2011, telah terbangun jalan dari Tj Selor Sekatak Buji Buji Malinau Simanggaris Batas Negara dengan kondisi aspal 296,220 km, agregat 146,596 km dan tanah 79,238 km. lalu Simanggis Sei Ular dengan kondisi aspal 15,717 km, agregat 58,683 km dan Tj. Lapang P.Sapi Simpang Temlang Long Alango Malinau Seberang Long Bawan, dengan kondisi aspal 22,225 km dan agregat 8,880 km. Sementara itu untuk jalan yang belum tembus sepanjang 215,557 km.(nrm)

Pusat Komunikasi Publik

020312

 


Index Berita


Tag :  

Share