Pencarian

Tol Cikampek-Palimanan Segera Konstruksi

Kamis , 28 Jun 2012

Menteri Pekerjaan Umum (PU) Djoko Kirmanto mengatakan, konstruksi tol Cikampek-Palimanan segera dimulai. Pembangunan tol sepanjang 116,75 Kilometer (KM) dengan investor PT Lintas Marga Sedaya (LMS) tersebut mempunyai nilai proyek sebesar Rp 12,56 triliun. Djoko Kirmanto yang meninjau langsung lokasi pembangunan tol tersebut pada Rabu (27/6) siang mengaku optimis konstruksi bisa selesai pada 2014.

 

”Saya bilang ke mereka (PT LMS-red), ini start yang baik, pengerjaannya technically bagus, insyaAllah bulan depan bisa dikerjakan besar-besaran,” ungkapnya di Jakarta.

 

Menurut Menteri PU, untuk konstruksi awal ini memang masih mempergunakan dana awal (equity) milik PT LMS. Hal tersebut dikarenakan, pinjaman dari perbankan untuk tol tersebut belum bisa dicairkan karena pembebasan tanah belum selesai seluruhnya. Berdasarkan data Direktorat Jenderal Bina Marga, hingga saat ini sudah 94,49 persen tanah yang telah dibebaskan dari kebutuhan 933,5 hektare.

 

Untuk itu, Djoko Kirmanto mendorong perbankan untuk dapat mengeluarkan pinjaman untuk konstruksi. Saat ini tol Cikampek-Palimanan yang terbagi menjadi enam ruas, hanya ruas keenam yang pembebasan tanahnya belum selesai 100 persen.

 

”Padahal kalau dikerjakan, dijamin bisa berfungsi kecuali seksi enamnya,” sebutnya.

 

Sebelumnya dalam kesempatan terpisah, Direktur Proyek PT LMS Steve Ginting menuturkan, tol Cikampek-Palimanan mendapatkan komitmen pendanaan senilai Rp 8,8 triliun dari sindikasi perbankan nasional dan asing. Kontraktor pelaksananya dilakukan oleh PT Karabha Griya Mandiri bekerja sama dengan PT Nusa Raya Cipta.

 

PT LMS telah memulai proses awal dari paket kegiatan konstruksi, yakni kegiatan cut and field di konstruksi paket sepanjang 6 Km. Selain itu, mereka juga sudah memulai tahap awal untuk pembangunan kantor proyek. Selain konstruksi paket satu, perusahaan juga mempersiapkan lahan dan pengukuran lokasi tanah yang akan dilalui proyek sepanjang 116,75 Km tersebut. (rnd)

 

Pusat Komunikasi Publik

280612


Index Berita

Pusat Komunikasi Publik
Tag : bpjt  

Share