Pencarian

PU Utamakan Keterpaduan untuk Percepatan Pembangunan diPapua

Jumat , 5 Jul 2013

Kementerian Pekerjaan Umum akan tetap mengutamakan pembangunan di Papua dan Papua Barat,  dengan atau tanpa Unit Percepatan Pembangunan Provinsi Papua dan Provinsi Papua Barat (UP4B). Konsistensi untuk mengembangkan pemerataan pembangunan infrastruktur di seluruh wilayah Indonesia adalah tugas dan tanggungjawab bersama.

Demikian ditegaskan Staf Ahli Menteri PU (SAMPU) Bidang Hubungan Antar Lembaga, Ruchyat Deni Djakapermana, dalam Rapat Kerja Pengendalian dan Evaluasi Kegiatan oleh UP4B di Manokwari, Papua Barat, 1-4 Juli 2013.

Dengan mengangkat tema "Mewujudkan Keterpaduan untuk Menyukseskan Pelaksanaan P4B Tahun 2013", acara ini dibuka langsung oleh Kepala UP4B, Bambang Darmono. Hadir mendampingi Ruchyat Deni Djakapermana, antara lain dari Pusat Kajian Strategis Sekretariat Jenderal PU, Ditjen Bina Marga, Ditjen Sumber Daya Air, dan Ditjen Cipta Karya.

Deny menambahkan, kegiatan fisik hampir seluruhnya berjalan sesuai perencanaannya. Apabila masih ditemukan kegiatan yang masih tampak belum berjalan atau progress 0 persen adalah terkait kegiatan pemberdayaan masyarakat. Dia mencontohkan seperti Program Pembangunan Infrastruktur Perdesaan (PPIP) yang penyerapan keuangannya akan terjadi pada Agustus 2013.

“Kementerian PU memiliki tugas membuka keterisolasian wilayah pegunungan tengah dan seluruh daerah terisolir, mendorong dan memastikan bahwa program pembangunan infrastruktur dasar dapat dilaksanakan dan dituntaskan,” jelasnya.

Dalam Raker tersebut juga disampaikan berbagai progres kegiatan khusus yang dilaksanakan di Prov. Papua dan Papua Barat. Antara lain Direktif Presiden Kawasan Perbatasan, Direktif Presiden Penanganan Jalan-Perpres 40/2013, Penanganan Pengembangan Pulau Mansinam, Pengembangan Kawasan Ternak (Ranch), Merauke Integratef Food and Energy State (MIFEE), Pelaksanaan PPIP dan Kawasan Strategis Kabupaten (KSK).

Dalam acara ini didiskusikan berbagai temuan hasil monitoring tim UP4B di lokasi-lokasi kegiatan dari seluruh Kementerian/Lembaga. Seperti permasalahan sosial yang mungkin timbul serta temuan-temuan yang memerlukan tindak lanjut khusus untuk percepatan pelaksanaannya.

Acara yang dihadiri oleh wakil dari seluruh Kementerian/Lembaga dan wakil dari Kabupaten/Kota di Provinsi Papua dan Papua Barat ini bertujuan membahas kemajuan pelaksanaan kegiatan P4B Kementerian/Lembaga Pusat dan Pemerintah Daerah, hasil pengecekan lapangan pada akhir Juni 2013, permasalahan yang ditemui, baik dalam pelaksanaan P4B maupun permasalahan kebijakan dan solusi yang diperlukan, dan pengendalian agar kegiatan dapat dilaksanakan sesuai dengan rencana TA.2013 dan dapat saling sinergi dengan kegiatan Pemerintah Daerah. (tingkim2/bcr)

Pusat Komunikasi Publik

050713


Index Berita

Pusat Komunikasi Publik
Tag :  

Share