Pencarian

Inovasi Green Teknologi Untuk Jalan Dan Bangunan Gedung

Kamis , 5 Sep 2013

Konsep Green Teknologi menjadi salah satu upaya dalam menangani pemanasan global. Kementerian Pekerjaan Umum  menjalankan konsep pembangunan berkelanjutan yang berwawasan lingkungan hidup.  Sehingga terencana dalam mempadukan lingkungan hidup dan sumberdaya ke dalam proses pembangunan untuk menjamin kemampuan, kesejahteraan, dan mutu hidup generasi masa kini dan generasi masa depan. Demikian topik Dialog di TVRI, Kamis (5/9) dengan narasumber Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Permukiman,  Balitbang, Kementerian PU Anita Firmanti E. S dan Kepala Balai Lalu Lintas dan Lingkungan Pusjatan, Samsi Gunarta.

 

Di lingkungan Kementerian Pekerjaan Umum, konsep pembangunan berkelanjutan diimplementasikan menjadi konstruksi berkelanjutan (green construction) oleh para pelaku jasa konstruksi dalam rangka pembangunan berkelanjutan. Dari  Green Construction juga lahir Strategi Roadmap Green Road yang berusaha  mewujudkan pembangunan jalan yang mendukung tiga pilar

pembangunan yang berkelanjutan, yaitu efisien secara ekonomi,  (economicallyefficient), berkeadilan sosial (sociallyequitable), dan tidak merusak lingkungan (ecologicallysustainable).

 

“Penerapan Green teknologi sebenarnya sudah diterapkan oleh Kementerian PU dalam membangun dua gedung baru. Yakni Gedung Baru Kementerian PU dan Gedung SDA dan Penataan Ruang. Gedung Utama Menteri yang berlantai 18 menerima Platinum Award dari Green Building Consultant Indonesia. Sedangkan Gedung SDA dan Penataan Ruang meraih Gold Award dari segi bangunannya,” ujar Anita Firmanti E. S.

 

Gedung lain yang menerapkan Green Teknologi adalah Puskim Convention Center di Jalan Turangga. Bangunan gedung tersebut menerapkan Green teknologi dengan efisiensi energi baik air dan udara. Selain itu, di sekitar bangunan juga dibuat lebih dari 30 sumur resapan yang dapat membantu Kawasan Bandung resapan air.

 

Sementara itu, Samsi Gunarta menjelaskan bahwa Green Teknologi juga diterapkan dalam pembangunan jalan. Menurut Samsi, beberapa ruas jalan sudah menggunakan Green teknologi. Seperti di jalan di perairan di Bali dengan LED, pembangunan full AMDAL, project monitoring, serta audit dari Kementerian PU. (ind)

 

Pusat Komunikasi Publik

050913


Index Berita

Pusat Komunikasi Publik
Tag :  

Share