KATA PENGANTAR

1. Maksud dan Tujuan

"Peta Tematik Perkembangan Sektor Pertanian" dimaksudkan untuk menggambarkan perkembangan dan persebaran sektor pertanian dalam arti yang luas, serta dukungan prasarana dalam wilayah nasional, terutama pada kawasan sentra produksi pertanian.

2. Cakupan Informasi :

Perkembangan pada Edisi - I ini baru mencakup kawasan sentra produksi padi dan palawija dalam dimensi luas sawah beririgasi, baik luas potensial maupun luas efektif, serta pangsa produksi padi pada kawasan sentra-sentra produksi padi. Kawasan sentra produksi yang digarnbarkan adalah kawasan yang mempunyai pangsa produksi terhadap total produksi nasional > 0, 1

3.Stratifikasi Penyajian :

Penyajian dilakukan dalam bentuk peta dan tabulasi pada berbagai tingkat pengamatan : Nasional, Propinsi dan Kabupaten.
  1. Tingkat Nasional
  2. Menyajikan informasi perkembangan pertanian dalarn dimensi luas sawah efektif dan pangsa produksi padi dalam kawasan-kawasan sentra produksi pada 10 propinsi utama penghasil padi (Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Larnpung, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sulawesi Selatan dan NTB).
  3. Tingkat Propinsi
  4. - Menyajikan informasi perkembangan sektor pertanian dalam dimensi luas sawah potensial dan luas sawah efektif pada setiap kawasan sentra produksi, serta pangsa produksi kawasan sentra produksi terhadap total produksi nasional. - Informasi dukungan prasarana mencakup jaringan jalan dan program pengembangan serta akses jalan dari kawasan sentra produksi ke jaringan jalan utama (Jalan Nasional, Propinsi dan Kabupaten).

  5. Tingkat Kabupaten Menyajikan informasi luas dan sistim irigasi sawah pada setiap daerah irigasi. Informasi dukungan prasarana mencakup jaringan jalan dan program pengembangan serta akses jalan dari daerah irigasi kejaringan jalan utama (Jalan Nasional, Propinsi dan Kabupaten).
4.Rencana Pengembangan Lebih Lanjut
  1. Penyiapan peta tematik perkembangan sektor pertanian akan dilanjutkan, sehingga mencakup informasi pertanian yang luas mencakup Perkebunan, Hutan Tanaman Industri dan lain-lain.
  2. Dengan selesainya peta tematik mengenai perkembangan sektor pertanian yang ada, dikandung maksud untuk mengembangkan lebih lanjut pemetaan tentang :
  3. - Arahan lokasi dan jenis pertanian yang potensial dikembangkan sesuai dengan Rencana Tata Ruang Wilayah Nasional (RTRWN).