ANALISA PERSANDINGAN

PROVINSI BENGKULU

DALAM PETA RTRWP, PPWI 2004PETA CITRA SATELIT 2001

 

 

 

Data-data yang dipergunakan dalam proses analisa persandingan ini berasal dari :

 

  1. Peta Rencana Tata Ruang Wilayah ( RTRW ) Provinsi Bengkulu.
  2. Peta Prasarana Wilayah Indonesia ( PPWI ) 2020 untuk Provinsi Bengkulu tahun 2004.
  3. Peta Citra Satelit Wilayah Provinsi Bengkulu tahun 2001.

 

Dalam Peta Rencana Tata Ruang Provinsi Bengkulu, pemanfaatan ruang terdiri dari :

 

  1. Kawasan Lindung
  2. Kawasan/Potensi Lahan Perkebunan
  3. Kawasan /Potensi Lahan Basah
  4. Kawasan/Potensi Lahan Kering

 

Pembagian kawasan sesuai dengan arahan tersebut terdiri dari :

 

        Pada kawasan di sepanjang pantai merupakan kawasan/potensi lahan kering sepanjang dari pantai bagian Utara sampai dengan kawasan bagian Selatan Provinsi ini.

        Dibagian lapisan ke dua arahan pemanfaatan lahan berupa lahan untuk perkebunan dan

        Kawasan lapisan ketiga dari arah pantai berupa kawasan lindung.

        Kawasan lain (Lahan Basah) terdapat hanya di beberapa kawasan seperti halnya juga untuk Kawasan Tambak.

 

Struktur tata ruang terdiri dari kota dengan pelayanan utama adalah Bengkulu dan diikuti oleh ibukota kabupaten sebagai pusat pelayanan sekundernya, seterusnya diikuti oleh kota-kota ibukota kecamatan. Semua pusat pelayanan ini dihubungkan dengan Jaringan Jalan Arteri dan Kolektor dari bagian Utara sampai ke Selatan ke arah kota-kota di wilayah Provinsi Lampung.

Kondisi prasarana wilayah terbentuk juga sesuai dengan bentuk topografi wilayah yang hanya memanfaatkan lahan di sepanjang pantai dari Wilayah Utara memanjang ke Selatan.

 

Dilihat berdasarkan Peta Citra maka kondisi tersebut sebagian besar masih sesuai dengan rencana-rencana ruang yang dikembangkan di provinsi ini, sebagian besar rencana mempunyai kendala topografi wilayah. Pada bagian Wilayah Utara provinsi direncanakan untuk wilayah/kawasan Perkebunan, Pertanian Tanaman Pangan baik Lahan Basah atau Lahan Kering. Lahan basah dukungan prasarana Irigasi di jumpai di Kabupaten Bengkulu Utara, selain dukungan irigasi, jalan dan beberapa prasarana wilayah lainnya. Di kawasan ini terdapat beberapa pemukiman transmigrasi yang telah diserahkan kepada pemerintah kabupaten setempat . Kawasan pemukiman ini memerlukan supplay air bersih yang saat ini kapasitas dan distribusinya terbatas.

 

Jaringan Arteri yang menghubungkan Kota Bengkulu kearah Selatan menuju Provinsi Lampung memiliki peran yang besar terutama dikaitkan dengan fungsi kawasan sekitarnya, seperti Lahan Basah /Persawahan, Perkebunan yang mendukung hasil produksi kawasan kekonsumen dan kota-kota lainnya.