REFORMASI BIROKRASI
KEMENTERIAN PEKERJAAN UMUM REPUBLIK INDONESIA
 
 
Beranda

Profil

Capaian RB 2012

Capaian RB 2013

Quick Wins

Dokumen

Agenda

Survey Internal

Simulasi PMPRB 

QUICk WINS

Salah satu wujud nyata bagian dari Reformasi Birokrasi di lingkungan Kementerian Pekerjaan Umum adalah penetapan quick win. Quick Win diartikan sebagai langkah inisiatif yang mudah dan cepat dicapai untuk mengawali pelaksanaan suatu program dalam reformasi birokrasi. Quick Wins dipilih dari salah satu atau kombinasi beberapa area perubahan yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan masing-masing instansi, khususnya pada program peningkatan kualitas pelayanan publik.

RPJMN 2010-2014 telah ditetapkan 11 (sebelas) prioritas nasional dimana 7 (tujuh) prioritas nasional terkait dengan bidang PU dan Penataan Ruang. Salah satu prioritas pembangunan didalam Renstra Kementerian PU 2010-2014 adalah meningkatkan keandalan sistem koneksivitas jaringan jalan, untuk mendukung pertumbuhan ekonomi nasional dan pengembangan wilayah. Sasaran utama dibidang jalan adalah meningkatnya kualitas layanan jalan nasional dan pengelolaan jalan daerah serta meningkatkan kapasitas jalan nasional. Isu utama yang dijumpai adalah belum memadainya kualitas pelayanan jalan, terutama ruas-ruas jalan yang merupakan jalur-jalur ekonomi utama.

Berdasarkan hal tersebut, Kementerian Pekerjaan Umum telah menetapkan sebagai program quick win Kementerian Pekerjaan Umum adalah penerapan pelayanan preservasi jalan terukur dengan target kinerja layanan penambalan lubang jalan paling lama 10 hari di ruas jalan nasional non-tol Cikampek-Losari-Semarang (Jalur Pantura Jawa).

Dalam program ini, ditargetkan tidak ada jalan lubang yang tidak ditangani. Penanganan jalan lubang tidak lebih 10 (sepuluh) hari dalam kondisi normal. Panjang ruas jalan Quick Wins Cikampek – Semarang terdiri dari Ruas jalan Cikampek – Losari dan Ruas Jalan Losari – Semarang.

Strategi dalam pelaksanaan Quick Wins pelayanan preservasi jalan ditetapkan sebagai berikut:

  • Mengalokasikan dana pemeliharaan jalan cukup
  • Menyediakan peralatan dan bahan yang cukup
  • Menyiapkan personil dalam pelaksanaan di lapangan (termasuk Penilik Jalan)
  • Penerapan manual mutu termasuk SOP managemen pelaksanaan dilapangan
  • Menyediakan dana kondisi jalan ter-up-to-date dengan memaksimalkan peran penilik jalan
  • Penerapan sistem informasi monitoring pelaksanaan penanganan jalan "Quick Wins"

Diharapkan melalui strategi tersebut target penerapan pelayanan preservasi jalan terukur dengan target kinerja layanan penambalan lubang jalan paling lama 10 hari di ruas jalan nasional non-tol Cikampek-Losari-Semarang (Jalur Pantura Jawa) dapat tercapai.

Masyarakat dapat menyampaikan informasi mengenai kondisi jalan melalui Menu Saran dan Pengaduan pada website Kementerian PU (www.pu.go.id/saran) atau Kotak Pengaduan yang diberada dibeberapa Rumah Makan sepanjang Jalur Pantura Jawa.