|

Saran Dan Pengaduan


|6464| 07 05 2017Feronika Yappo
Perihal : Pertanyaan tentang Penerimaan CPNS PU
maaf mau nanya :)
Kira2 penerimaan CPNS PU provinsi papua kapan ya dibuka dn gmna cara daftarx? :) trimkasih :)
Jawaban :Sdr. Feronika, Yth. Terkait pertanyaan saudara, dapat kami sampaikan bahwa untuk rekrutmen pegawai di Kementerian/Lembaga (termasuk Kementerian PUPR) diselenggarakan oleh Panitia Seleksi Nasional Penerimaan CPNS (Calon Pegawai Negeri Sipil) Kementerian PAN&RB; serta dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia.

Informasi mengenai Rekrutmen CPNS tersebut selalu diumumkan secara terbuka di website Kementerian PUPR (www.pu.go.id), dan di website Kementerian PAN&RB; (www.menpan.go.id)
Silakan saudara untuk selalu mengecek di website kementerian PUPR maupun Kementerian PAN&RB;, untuk berita-berita ter-update termasuk informasi rekrutmen CPNS. Untuk tahun 2017 ini, pengumuman CPNS belum diumumkan.


Demikian yang dapat kami sampaikan, atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih (Subbag. Pelayanan Informasi Publik, Biro Komunikasi Publik.
|6442| 22 04 2017Syarif haryono
Perihal : Penipuan kpr subsidi
Yg terhormat kementerian pupr.
Saya atas nama syarif haryono dan ratusan custamer merasa tertipu dengan pt. Cakrawala karya kinakas selaku developer kpr rumah bersubsidi. Administrasi dan uang dp semua sudah masuk sejak bulan des 2015. Tpi sampai dengan saat ini tidak ada kejelasan. Untuk di wawancarapun tidak pernah oleh bank btn. Kami hanya rakyat kecil yg bermimpi ingin mempunyai rumah. Tpi kok malah di tipu seperti ini. Secara pribadi saya kehilangan dp 17juta. Dan saya minta uang itu kembali sangat di. Persulit oleh developer yg selalu menghindar. Saya dengan ratusan custamer yg kecewa bingung untuk mengadu kepada siapa, karna kami rakyat kecil. Total kerugian ratusan custaner semua mencapai 2milliar. Kami ingin meminta bantuan kepada pupr.. Agar menindak lanjutkan masalah ini. Berita tangerang pun sempat memberitakan http://harianekonomi.com/tidak-ada-etikat-baik-dirut-ratusan-konsumen-akan-kembali-geruduk-pt-ckk.kami hanya ingin uang kami kembali. Terima kasih atas perhatiannya bapak dan ibu
Jawaban :Sdr. Syarif Haryono, Yth. Terimakasih atas pengaduan yang Saudara sampaikan. Menindaklanjuti pengaduan Saudara dapat kami sampaikan bahwa:
1. Berdasarkan Undang-undang Nomor 1 Tahun 2011 tentang Perumahan dan Kawasan Permukiman pada Pasal 148 ayat (1) "Dalam hal penyelesaian sengketa melalui musyawarah untuk mufakat tidak tercapai, pihak yang dirugikan dapat menggugat melalui pengadilan yang berada di lingkungan pengadilan umum atau diluar pengadilan berdasarkan pilihan sukarela para pihak yang bersengketa melalui alternatif penyelesaian sengketa"

2. Kasus tersebut dapat disinyalir tindak pidana penipuan, untuk itu kami sarankan Bapak dapat melaporkan kasus tersebut kepada Pihak yang berwajib.

Demikian penyampaian kami, atas perhatiannya kami mengucapkan terimakasih.(Bagian Hukum dan Komunikasi Publik Ditjen Pembiayaan Perumahan)
|6435| 20 04 2017Albertus
Perihal : Pengembang Condotel Bermasalah
Selamat Pagi, Mohon bantuannya jika saya mengalami kendala dengan pengembang properti condotel Sahid Jaya.. Dan belum ada solusinya hingga sekarang tentang kejelasan Condotel saya yang mana sudah dibayarkan lunas.. Adakah langkah dan bantuan serta prosedur pengaduan yang dapan Kementrian PU dan perumahan rakyat dapat berikan kepada saya.. Terimakasih Atas Waktu dan Bantuannya..
Jawaban :Sdr. Albertus, Yth. Terimakasih atas pengaduan yang Saudara sampaikan. Menindaklanjuti pengaduan Saudara dapat kami sampaikan bahwa permasalahan yang Saudara alami dan alamat Properti Condotel Sahid Jaya tidak lengkap sehingga tidak dapat kami berikan arahan yang pasti terhadap permasalahan yang Saudara alami.

Demikian penyampaian kami, atas perhatiannya kami mengucapkan terimakasih.(Bagian Hukum dan Komunikasi Publik Ditjen Pembiayaan Perumahan)
|6432| 19 04 2017
Perihal : bantuan subsidi senilai 4 juta rupiah
assalamualaikum pak...saya konsumen perumahan bersubsidi gran batara yang berlokasi di kurao pagang siteba kota padang sumatera barat yang developernya PT NALIDA, saya ingin menanyakan tentang dana bantuan subsidi pemerintah sebesar Rp. 4 juta rupiah untuk masing-masing konsumen perumahan bersubsidi yang mana semua konsumen telah menerima dana bantuan tersebut dan di perumahan yang saya ambil hanya saya dan rekan tetangga sebelah rumah saya yang belum menerima dana bantuan tersebut dan ketika saya konfirmasi kepada pihak bank BTN kemudian pihak bank mengatakan bahwa dana tersebut belum saya terima karena rekening bank BTN saya tidak aktif lagi dan setelah saya aktifkan semenjak 5 bulan lalu sampai sekarang saya masih belum menerima dana bantuan tersebut, saya ingin menanyakan kemana dana bantuan yang seharusnya saya terima sebesar Rp. 4.000.000,- (empat juta rupiah) tersebut? mengapa sampai saat sekarang belum saya terima sedangkan semua persyaratan dan prosedur sudah saya penuhi dan saya lengkapi
Jawaban :Sdr, Yth. Terimakasih atas pengaduan yang Saudara sampaikan. Menindaklanjuti pengaduan Saudara dapat kami sampaikan bahwa:
1) Saudara dapat menanyakan pada Bank Pelaksana yaitu Bank BTN untuk menindaklanjuti Subsidi Bantuan Uang Muka;

2) Keterlambatan tersebut karena kesalahan rekening Saudara yang semula tidak aktif sehingga dana yang sudah disalurkan kembali pada Kas Negara.

Demikian penyampaian kami, atas perhatiannya kami mengucapkan terimakasih.(Bagian Hukum dan Komunikasi Publik Ditjen Pembiayaan Perumahan)
|6429| 18 04 2017Susi kuraesin pancasari
Perihal : Sarana dan prasarana umum KPR subsidi
Salam sejahtera. Saya mengambil perum subsidi di daerah sumedang dengan nama perum " Bumi Mekarjaya Indah" developer PT Herlan Jaya Utama dari bulan desember 2016 dan penghuni perum sudah kurang lebih 55 KK. Menurut informasi yang saya dapatkan bahwa depelover sudah mendapatkan kucuran dana subsidi untuk fasilitas umum sebesar 2 milyar bulan oktober 2016, tapi sampai saat ini fasilitas umum baik itu masjid tidak ada, jalan masih tanah dan genangan genangan air seperti kolam, taman tidak ada, saluran air belum beres. Kami penghuni -penghuni di perum ini seperti terbengkalai oleh ulah2 oknum depelover. Mohon untuk ditindak lanjuti. Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.
Jawaban :Sdri. Susi Kuraesin, Yth.Terimakasih atas pengaduan yang Saudara sampaikan. Menindaklanjuti pengaduan Saudara dapat kami sampaikan bahwa PT Herlan Jaya Utama sebagai pelaku pembangunan Bumi Mekarjaya Indah telah menerima dana subsidi untuk fasilitas umum sebesar Rp. 2.000.000.000.- dari pemerintah pusat, kami telah berkoordinasi dengan Subdit Bantuan Rumah Umum Direktorat Rumah Umum dan Komersial. Berdasarkan informasi yang kami dapatkan, dari tahun 2015-2017 tidak ada usulan Bantuan PSU dari pelaku pembangunan tersebut sehingga dapat kami simpulkan pelaku pembangunan telah memberikan informasi yang salah.

Demikian penyampaian kami, atas perhatiannya kami mengucapkan terimakasih.(Bagian Hukum dan Komunikasi Publik Ditjen Penyediaan Perumahan)
|6424| 11 04 2017isyak arif mustafa
Perihal : perumahan subsidi pemerintah
Yth pak menteri, masalah persyaratan rumah bersubsidi yg batasan gaji 4juta, itu kan persyaratan tahun 2016, sedangkan untuk tahun 2017 kok tidak ada kenaikan batasan gaji ??
Sedangkan berganti tahun bertambah pula umr / gaji karyawan pabrik, dan juga bertambah pula harga perumahan subsidi, tahun 2016 harga perumahan subsidi 133jt'an, tahun 2017 sudah naik jd 140jt'an.
Tahun 2016 gaji saya 3,5jt. Tahun 2017 gaji saya naik jd 4,1jt.
Saya mau mngambil perumahan subsidi, tp terkendala syarat batasan gaji.
Mohon kebijaksanaan bapak menteri untuk merevisi persyaratan batasan gaji untuk perumahan bersubsidi.
Terima kasih
Jawaban :Sdr. Isyak Arif M, Yth. Terimakasih atas pengaduan yang Saudara sampaikan. Menindaklanjuti pengaduan Saudara dapat kami sampaikan bahwa Batasan Penghasilan telah diatur berdasarkan Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Nomor 552/KPTS/M/2016 pada Diktum Kesatu bahwa:
Menetapkan batasan penghasilan kelompok sasaran KPR Bersubsidi sebagaimana tercantum dalam lampiran I yaitu:
1) KPR Sejahtera Tapak, Syariah Tapak, KPR SSB Tapak dan KPR SSM Tapak penghasilan perbulan paling banyak Rp. 4.000.000 (empat juta rupiah)
2) KPR Sejahtera Susun, Syariah Susun, KPR SSB Susun dan KPR SSM susun penghasilan perbulan paling banyak Rp. 7.000.000 (Tujuh Juta Rupiah).

Demikian penyampaian kami, atas perhatiannya kami mengucapkan terimakasih.(Bagian Hukum dan Komunikasi Publik Ditjen Pembiayaan Perumahan)
|6421| 10 04 2017ANDRI KURNIAWAN
Perihal : Bantuan uang muka kpr bersubsidi
Selamat siang bpk/ibu, saya mengajukan KPR bersubsidi ke bank Artha graha dan sudah di setujui tgl 20februari 2017.dan rencana akad kredit tgl 22 april 2017.saya belum melunaskan sisa Dp ke pihak developer karena saya mau bertanya beberapa hal sbb:
1.apakah SBUM baru bisa di ajukan setelah akad kredit?karena dari pihak developer mengatakan baru akan mengajukan SBUM setelah selesai akad kredit.
2.bukankah SBUM otomatis disetujui Kementerian PU setelah permohonan KPR saya disetujui bank?
3.bagaimana saya bisa mencek apakah SBUM saya sudah diajukan atau disetujui Kementerian PU?

Sekian dan terima kasih.
Jawaban :Sdr. Andri Kurniawan, Yth. Terimakasih atas pengaduan yang Saudara sampaikan. Menindaklanjuti pengaduan Saudara dapat kami sampaikan bahwa berdasarkan Peraturan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Nomor 21/PRT/M/2016 sebagaimana diubah Nomor 26/PRT/M/2016 tentang Kemudahan dan/atau Bantuan Perolehan Rumah Bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah bahwa:
1) Pasal 48 ayat (1) Bank Pelaksana mengajukan permintaan pembayaran SBUM kepada Satker setelah perjanjian kredit KPR Sejahtera Tapak atau akad pembiayaan KPR sejahtera Syariah Tapak.
2) Pasal 10 ayat (5) Analisis kelayakan untuk mendapatkan KPR Bersubsidi dan pemenuhan persyaratan sebagai kelompok sasaran permohonan KPR Bersubsidi dilaksanakan oleh Bank Pelaksana
3) Satuan Kerja Direktorat Jenderal Pembiayaan Perumahan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat

Demikian penyampaian kami, atas perhatiannya kami mengucapkan terimakasih.(Bagian Hukum dan Komunikasi Publik Ditjen Pembiayaan Perumahan)
|6411| 06 04 2017Anthony Atmadja
Perihal : Sertifikat rumah digadaikan oleh pengembang PT Nusuno Karya Persada
Kpd Yth Bpk. Menteri Pekerjaan Umum & Perumahan Rakyat,

Saya ingin mengadukan PT Nusuno Karya Persada selaku pengembang perumahan Palm Mansion, Pondok Kelapa.

Saya membeli rumah di Palm Mansion ini sudah dari tahun 2013 secara cash. Setelah menarik urat cukup lama akhirnya rumah rampung di tahun 2016. Namun sampai dengan saat ini proses AJB belum juga diselesaikan oleh pihak pengembang. Kami belum memegang sertifikat dan dokumen2 lainnya, hanya ppjb yang ada di kami.

Beberapa hari yang lalu, saya mendapat surat dari Bank BTN cabang kelapa gading bahwa beberapa rumah di Palm Mansion akan dilelang, termasuk rumah saya. Hal ini sudah kami coba konfirmasi ke pihak pengembang namun kami tidak mendapatkan jawaban yang berarti. Kami pun mencoba konfirmasi ke bank BTN terkait permasalahan ini, dan menurut informasinya sertifikat rumah kami digadaikan an. PT Idantas Graha Mandiri dan kredit nya sudah macet sejak tahun 2012. Setelah kami telusuri ternyata PT Idantas Graha Mandiri tersebut adalah PT Nusuno Karya Persada itu sendiri, yang mendirikan PT lain untuk mendapat pinjaman dari bank.

Saya, dan juga mewakili penghuni Palm Mansion lainnya memohon bantuan Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat untuk membantu kami mencari solusi yang terbaik atas masalah ini. Karena jalan kekeluargaan sudah kami tempuh namun tidak mendapatkan hasil.

Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

Regards,
Anthony Atmadja
Jawaban :Sdr. Anthony Atmadja, Yth. Terimakasih atas pengaduan yang Saudara sampaikan. Menindaklanjuti pengaduan Saudara dapat kami sampaikan bahwa berdasarkan Undang-undang Nomor 1 Tahun 2011 tentang Perumahan dan Kawasan Permukiman pada Pasal 148 ayat 1 dalam hal penyelesaian sengketa melalui musyawarah dan mufakat tidak tercapai, pihak yang dirugikan dapat menggugat melalui pengadilan yang berbeda dilingkungan pengadilan umum atau di luar pengadilan berdasarkan pilihan sukarela para pihak yang bersengketa melalui alternatif sengketa.

Demikian penyampaian kami, atas perhatiannya kami mengucapkan terimakasih.(Bagian Hukum dan Komunikasi Publik Ditjen Pembiayaan Perumahan)
|6409| 06 04 2017Rolan Mediana Silaban
Perihal : Bertanya
Selamat siang Pak/Bu staff yang berhak membaca pesan ini. Saya Mediana Freshgraduate teknik sipil saya mau bertanya apakah ada lowongan di kementrian PU buat saya entah sebagai staff / apapun yang bisa untuk seorang Freshgraduate saya sedang sangat butuh pekerjaan. Saya mau jadi staff biasa aja juga gapapa pak/bu.. Mohon di respon pak/Bu. Terimakasihhhh banyakkk:(
Jawaban :Sdr. Rolan Mediana Silaban, Yth. Terkait pertanyaan saudara, dapat kami sampaikan bahwa untuk rekrutmen pegawai di Kementerian PUPR diselenggarakan oleh Panitia Seleksi Nasional Penerimaan CPNS (Calon Pegawai Negeri Sipil) Kementerian PAN&RB; serta dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia.

Informasi mengenai Rekrutmen CPNS tersebut selalu diumumkan secara terbuka di website Kementerian PUPR (www.pu.go.id), dan di website Kementerian PAN&RB; (www.menpan.go.id)
Silakan saudara untuk selalu mengecek di website kementerian PUPR maupun Kementerian PAN&RB;, untuk berita-berita ter-update termasuk informasi rekrutmen CPNS.


Demikian yang dapat kami sampaikan, atas perhatian dan kerjasamanya kami ucapkan terima kasih.(Subbag. Pelayanan Informasi Publik, Biro Komunikasi Publik)
|6408| 01 04 2017rasino
Perihal : sertifikat rumah
Saya kredit rumah sudah 10 tahun dengan bank Yudha Bhakti dan developer bimar hekalindo dan setelah 10 tahun saya sudah melunasi nya tapi surat yang di berikan oleh bank adalah ajb yang atas nama orang lain dan info yang saya dapat bahwa developer belum memproses surat - surat rumah saya saya minta bantuan dari PU PERA agar dapat menyelesaikan permasalahan di perumahan kami di perumahan Bumi sawangan Indah.
Jawaban :Sdr. Rasino, Yth. Terimakasih atas pengaduan yang Saudara sampaikan. Menindaklanjuti pengaduan Saudara, dapat kami sampaikan bahwa pembayaran Saudara selama 10 (sepuluh) tahun pada Bank Yudha Bhakti dan sudah lunas selama 10 (sepuluh tahun seyogyamya hal tersebut sudah lama selesai. untuk itu kami sarankan dikomunikasikan kembali pada Bank tersebut dan mohon di minta kepada Badan Pertanahan setempat proses sertifikat.

Demikian penyampaian kami, atas perhatiannya kami mengucapkan terimakasih.(Bagian Hukum dan Komunikasi Publik Ditjen Pembiayaan Perumahan)
Halaman :  1 2 3 >