|

Saran Dan Pengaduan


|5758| 20 11 2014sonny limuel
Perihal : betonisasi
Mohon campur tangan pusat agar bisa mempercepat proses betonisasi di jalan karang tengah / Ciledug.. Sudah 2 bln progress nya sangat lamban.. Tiap pagi kami melewati jalan itu sangat sengsara..sekarang kondisinya beton di depan mc.d dan depan soto kudus sdh kering dan banyak motor yg bisa lewat biarpun belum di finishing..tp sepertinya jalan itu sengaja ditutup untuk mobil oleh para preman2... Mohon PU pusat bisa bertindak.. Dan satu lagi krn kondisinya yg buka-tutup para preman2 ini tidak bisa mengendalikan berapa jumlah kendaraan sistim buka tutup.. Terima kasih.. Saya yakin kementrian pu dalam kabinet kerja bisa menindaklanjuti laporan kami..
Jawaban :Sdr. Sonny Limuel, Yth. Terimakasih atas pengaduan yang Saudara sampaikan. Perlu kami informasikan bahwa dengan adanya UU nomor 32 Tahun 2004 tentang Pemerintah Daerah, Dinas PU bukan lagi berada di bawah kewenangan Kementerian PU, tapi sudah menjadi lembaga di bawah Pemda. Sebaiknya Saudara menyampaikan saran dan pengaduan tersebut ke pihak yang berwenang, yakni Pemda terkait. (Subbidang Pelayanan Informasi Publik - Humas Puskompu)
|5757| 17 11 2014Kanan
Perihal : Usul
Assalamualaikum pak kan BBM baru aja naik nih katanya pemerintah dapat dana produktif dari hasil pengalihan subsidi BBM minimal 100 trilyun rupiah harapan saya sebagai masyarakat indonesia yg juga pembayar pajak agar dana segitu tolong di sisakan buat membangun jalan antar desa pak terus terang jika melihat jalan di indonesai itu ironis pak tiap tahun rusak perbaikinnya juga lama banget kalopun diperbaiki juga cm ditambal dikit doang taun depan rusak parah lagi tolonglah jalan antar desa itu semisal dibeton rata semua aja lah pak mahalan dikit tp awet untuk paling tidak 10tahunan bisa lebih ketimbang cm tambal doang malah mahal pak tolong pak jalan antar desa itu akses penting untuk kami untuk roda ekonomi.terimakasih
Jawaban :Sdr. Kanan, Yth. Terima kasih atas masukan yang saudara sampaikan, akan menjadi pertimbangan kami ke depan. (Subbidang Pelayanan Informasi Publik - Humas Puskompu)
|5756| 14 11 2014Herjuno Aditya Rachman
Perihal : website cpns PU down sejak kemarin
Selamat pagi,
Saya Herjuno Aditya Rachman ingin menanyakan, sejak kemarin website portal cpns PU 2014 down dan tidak dapat diakses. Sementara saya perlu mendownload berkas-berkas persyaratan untuk TKB yang akan dilaksanakan besok.
Mohon konfirmasinya kapan website akan normal kembali, serta jika sampai nanti malam website masih tidak dapat diakses, bagaimana cara saya untuk mengunduh file-file tersebut?
Mohon konfirmasinya.

Terimakasih
Jawaban :Sdr. Herjuno Aditya Rachman, Yth. mohon maaf atas ketidaknyamanan tersebut. Saat ini website CPNS Kementerian PU sudah kembali normal. Silakan dicek. Terima kasih. (Subbidang Pelayanan Informasi Publik - Humas Puskompu)
|5748| 31 10 2014Teguh prayitno
Perihal : Pengaduan
Selamat kepada bapak menteri yg baru di lantik
Pengaduan saya =jalan di desa kami rusak parah bapak,tolong cepat di perbaiki pak segera,sudah bertahun tahun jalan kami rusak gak di perbaiki,akses kami mau kmana 2terbatas pak,apalagi jalan poros nya rusak semua,mohon sekira nya pengaduan saya ini di tanggapi.terima kasih
Jawaban :Sdr. Teguh Prayitno, Yth. Terimakasih atas pengaduan yang Saudara sampaikan. Namun permasalahan tersebut bukan termasuk kewenangan Kementerian PU. Sebaiknya Saudara menyampaikan saran dan pengaduan tersebut ke pihak yang berwenang, yakni Dinas PU terkait. (Subbidang Pelayanan Informasi Publik - Humas Puskompu)
|5747| 29 10 2014Jemmy Hosan
Perihal : Masukan untuk jabatan eselon I Kemen PU-PERA
Sebaiknya ex Kemenpera jangan dijadikan direktorat jenderal perumahan, kami usulkan sekurang-kurangnya dibentuk 2 eselon I, satu untuk urusan teknis perumahan dan satu untuk urusan teknis pembiayaan
Jawaban :Sdr. Jemmy Hosan, Yth. Terima kasih atas masukan yang saudara sampaikan, akan menjadi pertimbangan kami ke depan. (Subbidang Pelayanan Informasi Publik - Humas Puskompu)
|5745| 29 10 2014Ardiansyah
Perihal : user id
yang terhormat Bpk/ Ibu di PU.NET. gimana cara nya supaya saya dapat user id PU.NET
Jawaban :Sdr. Ardiansyah, Yth. menjawab pertanyaan saudara, Untuk User Id dan Password silahkan membaca Petunjuk Teknis Registrasi / Pendaftaran User Id untuk Penyedia Jasa pada Menu Layanan E-Procurement pada website Kementerian PU (www.pu.go.id). Terima kasih. (Subbidang Pelayanan Informasi Publik-Humas Puskompu)
|5744| 28 10 2014Ilmiahwan
Perihal : Pengaduan
Yth.
Saat ini ada program Rehab/Bedah Rumah bagi keluarga kurang mampu yang memiliki rumah tidak layak huni. Namun dalam pelaksanaan di Lapangan, Kepala Desa Lowa deskriminatif terhadap sebagian Warga yang dipengaruhi oleh politik, dan data Rumah yang di Usulkan oleh Kepala Desa, tdak sesuai dengan kriteria (Rumah Layak Huni dan beberapa dari kalangan mampu. Kami berharap agar, program tersebut ditinjau ulang dan Tim Verifikasi Kabupaten Dapat realistis melihat kondisi rumah Yang diusulkan Kepala Desa Lowa.Terima kasih atas perhatiannya.
Jawaban :Sdr. Ilmiahwan, Yth. Terimakasih atas pengaduan yang Saudara sampaikan. Namun permasalahan tersebut bukan termasuk kewenangan Kementerian PU. Sebaiknya Saudara menyampaikan saran dan pengaduan tersebut ke pihak yang berwenang, yakni Pemda terkait. (Subbidang Pelayanan Informasi Publik - Humas Puskompu)
|5743| 28 10 2014suwarman
Perihal : mohon bantuan
tolong pak kami yang ada di tg batu di sungai ungar parit mangkil kab,karimun provinsi kepri di buat kan tempat penampungan air atau air bersih buat di sekitar tempat saya tinggal
Jawaban :Sdr. Suwarman, Yth. Terimakasih atas pengaduan yang Saudara sampaikan. Namun sebaiknya Saudara berkoordinasi dan menyampaikan saran dan pengaduan tersebut ke pihak yang berwenang, yakni Dinas Pekerjaan Umum terkait. (Subbidang Pelayanan Informasi Publik - Humas Puskompu)
|5742| 25 10 2014Olga Kasiaha
Perihal : Penyerobotan paksa tanah/tanaman kelapa
Yth
Kementrian PU Republik Indonesia
Kami adalah keluarga korban penggusuran paksa tanah/tanaman kelapa (karena sebelumnya tidak pernah diinformasikan sama sekali dalam bentuk apapun lisan, tulisan, sosialisasi dalam bentuk apapun baik oleh TNI, PU, Pemkot Manado). Ini adalah program/proyek kerjasama antara TNI lewat program TMMD, PU, Pemkot Manado lewat anggaran APBD 2014 yg berlokasi di Bailang Link. II kec. Bunaken, Manado, Sulut. Sampai saat ini kami keluarga tidak pernah merelakan tanah tsb dengan alasan tanah tsb adalah satu-satunya warisan dari orang tua kami. Kami 4 bersaudara dan 3 diantaranya belum memiliki rumah dan tempat tinggal . kami sangat kecewa dan sedih atas proyek ini. Kami sudah melapor ke pihak-pihak terkait (ke kepala lingkungan Lurah, KODIM, KORAMIL, PU Manado, Pemkot) tetapi sia-sia. Bagaimana tanggung jawab dari pihak terkait atas proyek initerutama dari pihak PU??
Kami mohon maaf jika ada salah-salah kata. Terima kasih
Jawaban :Sdr. Olga Kasiaha, Yth. Terimakasih atas pengaduan yang Saudara sampaikan. Perlu kami informasikan bahwa dengan adanya UU nomor 32 Tahun 2004 tentang Pemerintah Daerah, Dinas PU bukan lagi berada di bawah kewenangan Kementerian PU, tapi sudah menjadi lembaga di bawah Pemda. Sebaiknya Saudara menyampaikan saran dan pengaduan tersebut ke pihak yang berwenang, yakni Pemda terkait. (Subbidang Pelayanan Informasi Publik - Humas Puskompu)
|5741| 25 10 2014DJOKO SURYANTO
Perihal : Banjir di indonesia
Musim hujan banjir , Musim kemarau kekeringan
Ada yang salah dalam mengelola hujan di Indonesia
IKLIM DI INDONESIA
Indonesia secara geografi berada di antara benua Asia dan Australia menjadi tempat perlintasan arah angin yang berganti arah setiap 6 bulan sekali, sehingga Indonesia mengalami pergantian musim hujan dan musim kemarau.
musim kemarau atau musim kering terjadi antara bulan April sampai dengan bulan September dengan ciri –ciri curah hujan lebih kecil dari 60 mm per bulan, sedangkan musim hujan di tandai dengan meningkatnya curah hujan di suatu daerah di banding biasanya dalam jangka waktu tertentu secara tetap, musim hujan terjadi antara bulan Oktober sampai dengan bulan Maret.
Indonesia terkenal dengan istilah zambrud katulistiwa, karena Jika dilihat dari angkasa gugusan kepulauan Indonesia nan hijau menyejukan mata bak batu Zamrud, alamnya yang kaya dengan sumber kehidupan tersedia melimpah di bumi Indonesia seperti hutan yang sangat lebat untuk menghasilkan oxsigin, curah hujan yang sangat banyak, sinar matahari selama 12 bulan ini semua wajib di syukuri bagi rakyat Indonesia .
Tapi kenyataannya semua rahmat dari Allah tersebut ada yang salah dalam mengelolanya, yaitu seperti di turunkannya hujan di wilayah Indonesia.
Memperhatikan hasil pengamatan dari BMKG yaitu :
Perubahan iklim yang ditandai dengan perubahan pola hujan dan jumlah intensitas hujan sering dianggap sebagai faktor yang menyebabkan kejadian banjir di kawasan Jabodetabek. Namun demikian, berdasarkan data curah hujan bulanan dan harian yang ada di kawasan ini tidak dapat menjelaskan bahwa terdapat perubahan pola dan intensitas hujan. Data curah hujan bulanan di stasiun Jakarta Obs (1866-2003) yang disajikan pada Gambar 3.21 menunjukkan bahwa tidak terjadi perubahan pola hujan di kawasan ini. Dengan kata lain, anggapan bahwa penyebab utama banjir wilayah Jabodetabek akibat perubahan iklim dan curah hujan adalah sama sekali tidak berdasar data dan fakta.




Gambar 3.21. Curah Hujan Bulanan Jakarta tahun 1866-2003 (sumber: BMG)


Hasil pengamatan curah hujan dari BMKG tersebut, bahwa selama 148 tahun , hujan di Indonesia di setiap wilayah tidak ada yang meningkat secara extrim, jadi besaran curah hujan relative normal di setiap wilayah Indonesia, ini memberikan informasi kepada kita bahwa secara periodic pada musim hujan dan pada bulan bulan di musim hujan tersebut besar curah hujan relative sama.
MAKSUD DAN TUJUAN DITURUNKANNYA HUJAN
Maksud di turunkannya hujan adalah Rahmat Allah untuk seluruh makhluk di alam semesta ini sebagai sumber kehidupan dan bertujuan untuk memberikan keyakinan , keimanan ; peringatan bagi umatnya untuk di maknahi sebagai hikmah bagi umat yang bertaqwa kepada Allah SWT.
Turunnya hujan adalah rencana Allah SWT yang Maha Agung dan lagi bijaksana , maha kasih sayangnya kepada seluruh makhluk di alam semesta ini , sehingga rencana penciptaan hujan tersebut telah ditulis di Lauhul Mahfuzh , 50. 000 tahun sebelum penciptaan Langit dan Bumi dan telah ditakdirkan oleh Allah SWT termasuk kejadian apa saja yang terjadi di muka bumi ini .
Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
“Allah telah mencatat takdir setiap makhluk 50.000 tahun sebelum penciptaan langit dan bumi.”
Begitu pentingnya rencana hujan itu diturunkan,karena hujan berfungsi sebagai sumber kehidupan seluruh makhluk di bumi ini, sebagai pendukung misi dari Allah SWT yang akan menciptakan langit dan bumi, sehingga turunnya hujan termasuk kunci ilmu ghoib dan hanya Allah SWT yang mengetahui kapan turunnya.
Allah Ta’ala berfirman,
“Sesungguhnya Allah, hanya pada sisi-Nya sajalah pengetahuan tentang Hari Kiamat; dan Dia-lah Yang menurunkan hujan, dan mengetahui apa yang ada dalam rahim. Dan tiada seorang pun yang dapat mengetahui (dengan pasti) apa yang akan diusahakannya besok. Dan tiada seorang pun yang dapat mengetahui di bumi mana dia akan mati. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal.” (QS. Luqman: 34)
Turunnya hujan untuk mengatur sumber sumber di bumi Allah Ta’ala berfirman,
”Apakah kamu tidak memperhatikan bahwa sesungguhnya Allah menurunkan air dari langit, maka diatur-Nya menjadi sumber-sumber di bumi kemudian ditumbuhkannya-Nya dengan air itu tanaman-tanaman yang bermacam-macam warnanya, lalu ia menjadi kering lalu Kami melihatnya kekuning-kuningan, kemudian dijadikan-Nya hancur berderai-derai. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat pelajaran bagi orang-orang yang berakal”. (QS.Az-Zumar,:21).
Jumlah air di bumi ini 97 % adalah air asin yang berada di lautan dan 3 % adalah air tawar, dari 3 % tersebut 30 % air dalam tanah dan 70 % ada di gunung es dan glacier, hanya 0,3 % air tawar yang ada di permukaan yang bisa di manfaatkan oleh manusia.
Melalui siklus hidrologi terjadilah hujan , dari air laut yang asin diproses menjadi air tawar untuk kebutuhan semua mahkluk dan setelah air dikirim ke daratan melalui hujan, PANTASKAH AIR HUJAN ITU DIBUANG LAGI KE LAUT , dalam rangka PENGENDALIAN BANJIR, ??? Yang selama ini umumnya dilakukan di Indonesia.
Padahal kalau kita memperhatikan informasi data dari pengamatan oleh BMKG : BESARNYA CURAH HUJAN RELATIVE SAMA ,, KENAPA SETIAP TAHUN DEBIT BANJIR MENINGKAT ???
KARENA : BERKURANGNYA DAERAH RESAPAN DI DAERAH ALIRAN SUNGAI DAN DI PERKOTAAN, AKIBAT PERBUATAN KITA.
Padahal selama ini kita selalu mengatakan, penyebab banjir adalah hujan, anggapan ini sudah umum dipahami oleh seluruh masyarakat indonesia bahkan dikota kota besar yang sering dilanda banjir dikatakan hujan adalah musibah , padahal hujan itu rahmat.
Jadi penulis berkesimpulan bahwa selama ini dalam mengelola turunnya hujan belum dikelola secara benar, kalau hujan dikelola sesuai dengan tujuannya yaitu untuk sumber sumber di bumi insya Allah tidak terjadi banjir di musim hujan dan kekeringan dimusim kemarau karena dalam pengendalian banjir air hujan tidak dibuang kelaut, melainkan disimpan atau diresapkan ke dalam tanah.
Secara umum fakta yang terjadi dengan banjir di Indonesia adalah :
1. PENYEBAB UTAMA BANJIR ADALAH : BERKURANGNYA DAERAH RESAPAN DI DAERAH ALIRAN SUNGAI DAN DI PERKOTAAN, INI AKIBAT PERBUATAN KITA.
2. BESARNYA CURAH HUJAN BULANAN SELAMA 148 TAHUN RELATIVE SAMA
Dua fakta di atas yang harus kita lakukan adalah :
Memperbaiki Daerah Aliran Sungai dan Perkotaaan agar bisa menyerap air hujan setiap musim, sebagai sumber sumber di bumi untuk dimanfaatkan pada waktu musim kemarau, dengan satu alasan:
KITA BUTUH AIR TAWAR, DAN HANYA SATU SATUNYA SUMBER AIR TAWAR DI DAPAT DARI KEJADIAN TURUNNYA HUJAN.
Begitulah fakta kejadian banjir secara umum di Indonesia.
Jawaban :Sdr. Suryanto, Yth. Terima kasih atas masukan yang saudara sampaikan, akan menjadi perhatian kami ke depan. (Subbidang Pelayanan Informasi Publik - Humas Puskompu)
Halaman :  1 2 3 >  Last ›