|

Saran Dan Pengaduan


|6592| 03 10 2017Parlindungan Sinaga
Perihal : Pengaduan
Selamat pagi bapak/ibu, di depan rumah saya saat ini ada proyek drainase, di depan rumah saya juga ada pohon mahoni yang besar dan sudah berumur puluhan tahun. Dalam proyek drainase tersebuy dinding luar parit yang sekaligus penyangga pohon tersebut dihancurkan oleh pekerja karena memang bahagian pekerjaan drainase tersebut. Nah....wajar dong saya jaga-jaga agar pohon besar tersebut tidak mengenai rumah saya, kemudian saya mengadu ke dinas pertamanan kota medan, mereka menjawab bahwa segala pengerjaan penebangan pohon sudah diserahkan ke dinas PU dalam proyek drainase tersebut. Saya pulang dan jumpai pengawas proyek, dan dia menjawab bahwa sa nya itu bukan pekerjaan mereka , melainkan dinas pertamanan kota. Saya menjawab bahwa saya telah dari dinas pertamanan kota dan mereka menjawab sudah menjadi tugas dinas pu, kemudian si pengawas berdalih bahwa pohon tersebut tidak akan tumbang. kepada bapak kepala dinas pu kota medan, tolong bapak tinjau langsung le lokasi ino kondisi pohon nya pak dan tolong tegur pemenang tender agar memperhatikan rumah masyarakat. Terima kasih
Jawaban :Sdr. Parlindungan Sinaga, Yth. Terimakasih atas pengaduan yang Saudara sampaikan. Menindaklanjuti pengaduan Saudara dapat kami sampaikan bahwa terkait hal tersebut dapat disampaikan kepada pemerintah daerah/ Dinas PU yang bersangkutan.

Demikian penyampaian kami, atas perhatiannya kami mengucapkan terimakasih.(Bagian Hukum dan Komunikasi Publik Ditjen Bina Marga)
|6590| 02 10 2017Indarta hasan
Perihal : RTRW
Selamat siang, saya mau menanyakan perihal RTRW samarinda yg sdh disahkan tahun 2014. RTRW yang ada sekarang keadaan nya sangat jauh dari kondisi dilapangan, jalan ringroad mahkota 2 digambarkan di RTRW yang ada salah posisi sehinggga wilayah kami yang terkena jalur ringroad mahkota 2 menjadi hutan rakyat. Seharusnya di jalur ringroad tersebut dapat dijadikan kawasan strategis kota yang mendukung kawasan jalan tol samarinda balikpapan. Mohon petunjuk bagaimana cara kami untuk membuat permohonan revisi RTRW yg berlaku. Karena pas saat penyusunan RTRW tersebut tidak melibatkan masyarakat, sehingga banyak terjadi ketidaksesuaian
Jawaban :Sdr. Indarta hasan, Yth. Terimakasih atas pengaduan yang Saudara sampaikan. Menindaklanjuti pengaduan Saudara dapat kami sampaikan bahwa kewenangan terkait Rencana Tata Ruang Wilayah menjadi kewenangan pemerintah daerah, jika ada masukan terhadap RTRW dapat disampaikan kepada pemerintah daerah yang bersangkutan.

Demikian penyampaian kami, atas perhatiannya kami mengucapkan terimakasih.(Bagian Hukum dan Komunikasi Publik Ditjen Cipta Karya)
|6587| 29 09 2017Erni Romansyah
Perihal : Pengaduan fasilitas umum rumah bersubsidi program sejuta rumah
Assalamualaikum, sehubungan dengan adanya pogram sejuta umah untuk rakyat berpenghasilan rendah, kami memohon untuk segera ada tindaklanjut untuk penyelesaian fasilitas umum di perumahan kami di BTN Lantana Garden. Notabenenya sampai saat ini sepertinya perumahan yang difasilitasi oleh developer PT. HISTO sangat tbengkalai dan tidak ada klanjutannya. Sementara fasilitas jalan, saluran selokan, masjid, dan fasilitas penerangan jalan idak ada indaklanjut pengerjaan sedikitpun. Padahal warga sudah hampir semua sudah menempati rumah sejak akhir tahun 2016. Fasilitas umum yg saya sebutkan diatas tadi belum dikerjakan samasekali sampai sekarang. Mohon segera diaudit dari pihak kementrian PUPR supaya segera ada tindaklanjut pengerjaan fasilitas umum di perumahan yang kami tempati. Timakasih, mohon segea ditanggapi
Jawaban :Sdr. Erni Romansyah, Yth. Terimakasih atas pengaduan yang Saudara sampaikan. Menindaklanjuti pengaduan Saudara dapat kami sampaikan bahwa :
1) Berdasarkan Peraturan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Nomor 21/PRT/M/2016 sebagaimana diubah Nomor 26/PRT/M/2016 tentang Kemudahan dan/atau Bantuan Perolehan Rumah Bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah bahwa pada Pasal 25 (1) Bank Pelaksana harus melakukan Verifikasi dan bertanggungjawab atas ketepatan kelompok sasaran KPR Sejahtera secara legal formal.

2) Ayat (2) huruf C pemeriksaan Fisik bangunan rumah, prasarana dan sarana serta utilitas umum.

3) Sebelum dilakukan akad kredit seharusnya prasarana, sarana dan utilitas umum telah berfungsi

4) Kami sarankan Saudara Erni Romansyah berkoordinasi dengan Developer dan Bank Pelaksana terkait koordinasi keadaan prasarana, sarana dan Utilitas umum perumahan tersebut dan apabila Saudara merasa dirugikan silakan melaporkan kepada pihak yang berwajib.

Demikian penyampaian kami, atas perhatiannya kami mengucapkan terimakasih.(Bagian Hukum dan Komunikasi Publik Ditjen Pembiayaan Perumahan)
|6583| 23 09 2017Febri Irawan
Perihal : KPR
Pak Saya ambil rumah di perum grand balaraja bersupsidi. Pada waktu akad ada ketentuan free BPHTP Dan Notaris. Tp Baru 10 bulan jalan saya diminta biaya buat peningkatan dari sertifikat HGB Jadi SHM. yang mau saya tanyakan sbenarnya peraturanya bagaimana. terimakasih
Jawaban :Sdr. Febri Irawan, Yth. Terimakasih atas pengaduan yang Saudara sampaikan. Menindaklanjuti pengaduan Saudara dapat kami sampaikan bahwa :

1) Azas Kebebasan Berkontrak, yaitu bahwa para pihak dalam suatu perjanjian bebas untuk menentukan materi/isi dari perjanjian sepanjang tidak bertentangan dengan ketertiban umum, kesusilaan dan kepatutan. Azas ini tercermin jelas dalam Pasal 1338 KUH Perdata yang menyatakan bahwa semua perjanjian yang dibuat secara sah mengikat sebagai undang-undang bagi mereka yang membuatnya.

2) Hal tersebut diatas maka perjanjian yang diberlakukan sesuai yang diperjanjikan semula

3) Untuk peningkatan dan sertifikat HGB menjadi SHM tergantung kesepakatan Saudara Febri Irawan dengan pihak dimaksud tetapi hal tersebut tidak boleh dipaksakan dan rumah yang difasilitasi KPR bersubsidi tidak mengenal peningkatan kualitas.

Demikian penyampaian kami, atas perhatiannya kami mengucapkan terimakasih.(Bagian Hukum dan Komunikasi Publik Ditjen Pembiayaan Perumahan)
|6579| 21 09 2017LULUK FAUZIAH
Perihal : Pengaduan
Kantor PU Provinsi Bengkulu, bagian cipta karya beberapa waktu lalu menunjukan seperti pasar durian. Karyawan seenak-enaknya saja membawa dan makan durian di dalam ruang kerja. Bukan hanya itu. Setiap saya datang ke bagian cipta karya itu memang seperti tidak kondusif. Sedikitnya pegawai yg masuk. Dan masih banyak kejanjalan di sana. Tolong di tindak lanjuti pak.
Jawaban :Sdr.Luluk Fauziah, Yth. Terimakasih atas pengaduan yang Saudara sampaikan, akan menjadi perhatian kami, dan akan kami sampaikan kepada Bagian Kepegawaian agar ditindaklanjuti.

Demikian penyampaian kami, atas perhatiannya kami mengucapkan terimakasih.(Bagian Hukum dan Komunikasi Publik Ditjen Cipta Karya)
|6576| 17 09 2017ibnu muwahidin
Perihal : pengaduan indikasi penipuan oleh developer perumahan
yth. bpk/ibu. pada tgl 09 feb 2014 saya dan beberapa(ada puluhan) orang telah memesan unit perumahan di pt. integra nusa sentosa,yg beralamat di ruko bukit dago blok AA4 no. 1 jl raya pendidikan rawakalong gunung sindur bogor. selanjutnya kami telah membayarkan sejumlah uang muka. pada tahun tahun pertama kami tidak segera mendapatkan unit rumah.sehingga kami menanyakan unit rumah yg kami pesan dan mendapat jawaban bahwa unit rumah akan selesai dibangun tahun depan.sampai pada tahun yang dijanjikan unit belum dibangun juga, begitu seterusnya kami tak bosan menanyakan pada pihak pengembang dan kami pun hanya mendapat janji yg tidak pernah ditepati. sampai saat ini pun di tahun 2017 ini kami cuma di janji janjikan. maka dari itu kami memohon bantuan bpk/ibu di instansi ini untuk membantu kami. sekian sebelumnya saya mengucapkan terimakasih.
Jawaban :Sdr. ibnu muwahidin, Yth. Terimakasih atas pengaduan yang Saudara sampaikan. Menindaklanjuti pengaduan Saudara dapat kami sampaikan bahwa :

1. Kami sarankan Saudara Ibnu Muwahidin berkoordinasi dengan Developer terkait DP atau Uang Muka yang Saudara berikan.

2. Sehubungan dengan hal tersebut apabila benar terjadi penipuan maka tindakan tersebut merupakan perkara pidana dan Saudara dapat melaporkan developer dimaksud pada pihak yang berwajib.

3) Saudara harus melengkapi data-data seperti bukti pembayaran uang muka dan bukti yang merugikan Saudara yang dilakukan oleh PT Integra Nusa Sentosa sehingga pihak berwajib dapat menindaklanjuti laporan tersebut.

Demikian penyampaian kami, atas perhatiannya kami mengucapkan terimakasih.(Bagian Hukum dan Komunikasi Publik Ditjen Pembiayaan Perumahan)
|6574| 14 09 2017Unggul bawono
Perihal : Realisasi pt. Baiti anugerah inti tujuh di jl. Musi no 23 surabaya. Untuk perumahan graha puncak anom sari
Realisasi pt. Baiti anugerah inti tujuh di jl. Musi no 23 surabaya. Untuk perumahan graha puncak anom sari di driyorejo gresik menemui kendala.
Saya pengajuan mulai september 2015 sampai saat ini september 2017 belun terealisasi. Dengan alasan yang berbelit belit. Mulai dari nunggu acc bank, nunggu barengan yg dibangun, stelah jadi surat2 baru di urus di split dll. Mohon bantuan untuk menangani dan menyelesaikan masalah ini.
Jawaban :Sdr. Unggul bawono, Yth. Terimakasih atas pengaduan yang Saudara sampaikan. Menindaklanjuti pengaduan Saudara dapat kami sampaikan bahwa :

1) Kami sarankan Saudara Unggul Bawono berkoordinasi dengan Developer PT Baiti Anugrah Inti Tujuh terkait pengajuan Saudara.

2) Sehubungan dengan hal tersebut apabila benar terjadi penipuan maka tindakan tersebut merupakan perkara pidana dan Saudara dapat melaporkan developer dimaksud pada pihak yang berwajib.

3) Saudara harus melengkapi data-data seperti bukti pembayaran uang muka dan bukti yang merugikan Saudara yang dilakukan oleh PT Baiti Anugrah Inti sehingga pihak berwajib dapat menindaklanjuti laporan tersebut.

Demikian penyampaian kami, atas perhatiannya kami mengucapkan terimakasih.(Bagian Hukum dan Komunikasi Publik Ditjen Pembiayaan Perumahan)
|6570| 13 09 2017Rahmadhi s
Perihal : DANA BUM
Slmt mlm ijin mnanyakan untuk dana bum itu brapa lama pncairanx. Kami sdh tnyakan ke pgembang dlm hal ini perum green valley katax blm ada dterima. Mhon pencerahan krena kami sdh akad kredit tapi belum bisa serah trima kunci dkrenakan sisa dpx msh mnggu bum yg blm cair. Trims
Jawaban :Sdr. Rahmadhi s, Yth. Terimakasih atas pengaduan yang Saudara sampaikan. Menindaklanjuti pengaduan Saudara dapat kami sampaikan bahwa :
1) Saudara dapat menanyakan pada Bank Pelaksana untuk menindaklanjuti Subsidi Bantuan Uang Muka;
2) Untuk informasi lebih lanjut Saudara dapat menghubungi Call Center Bantuan Uang Muka (BUM) pada Nomor 021-27516112.

Demikian penyampaian kami, atas perhatiannya kami mengucapkan terimakasih.(Bagian Hukum dan Komunikasi Publik Ditjen Pembiayaan Perumahan)
|6568| 12 09 2017ABDIZIL IKHRAM LUBIS
Perihal : Pertanyaan mengenai bekisting
Yth Bapak Ibu
Sesuai Permen PU Nomor 28 tentang pedoman ASHP bidang citpa karya
Untuk analisa pemakaian bekisting seperti kolom dan balok untuk gedung adalah analisa pemakaian sekali pakai
Yang sering dijumpai dalam praktek lapangan bekisting bisa digunakan minimal 2 pakai
Pertanyaan saya, adakah analisa apabila pemakaian bekisting 2 pakai?
Terima kasih
Jawaban :Sdr. Abdizil Ikhram Lubis, Yth. Terimakasih atas pengaduan yang Saudara sampaikan. Menindaklanjuti pengaduan Saudara dapat kami sampaikan bahwa analisa tersebut hanya untuk sekali pakai, kalau yang untuk berulang kali pakai (sampai 10x pakai) bisa menggunakan analisa yang ada pada pekerjaan "beton pracetak".

Demikian penyampaian kami, atas perhatiannya kami mengucapkan terimakasih.(Bagian Keuangan dan Umum, Balitbang)
|6567| 09 09 2017ALI RAHMAN
Perihal : saya mau bertanya. Berapa ukuran lebar pelepasan lahan untuk jalan dan irigasi sekunder di kabupaten mandailing natal?
saya mau bertanya. Berapa ukuran lebar pelepasan lahan untuk jalan dan irigasi sekunder di kabupaten mandailing natal?
Jawaban :Sdr. Ali Rahman, Yth. Terimakasih atas pengaduan yang Saudara sampaikan. Menindaklanjuti pengaduan Saudara dapat kami sampaikan bahwa saran yang disampaikan oleh Bapak Ali Rahman merupakan permohonan informasi.

Sehubungan dengan hal tersebut Dalam rangka peningkatan kualitas pelayanan informasi publik Kementerian PUPR dan sebagai bentuk tertib administrasi maka terhitung sejak tanggal 12 Juni 2017 Permohonan Informasi Publik agar memohon melakukan registrasi pada alamat link http://eppid.pu.go.id/index.php/Page/permintaan_informasi terlebih dahulu.

Demikian penyampaian kami, atas perhatian dan kerjasama Bapak/Ibu kami mengucapkan terimakasih. (Sub.bag Pelayanan Informasi Publik, Biro Komunikasi Publik)
Halaman :  1 2 3 >  Last ›