Pencarian

Saran Dan Pengaduan


|3285| 18 07 2012Mahrus Ali
Perihal : Kerusakan Prasarana Umum
Kepada para pejabat DPU Jatim mohon dengan amat hormat segera memperbaiki jalan yang rusak berat seperti yang tertulis di logo kementrian PU yang berbunyi Bekerja keras-Bergerak cepat-Bertindak tepat kasihan anak sekolah, Wisatawan Religi dan Pecinta Situs Purbakala, karena mereka melewati jalan RUSAK PARAH dan tida layak dilewati, bukan hanya lobang tp aspalnya ilang, karna drainase kurang OK. Tolong dengan sangat Pak,..saya tunggu jawabanya,....
Jawaban :Sdr. Mahrus Ali, Yth. terima kasih atas masukannya. Namun berhubung jalan kabupaten merupakan kewenangan Dinas PU Kabupaten, kami akan melanjutkan pengaduan Saudara ke pihak yang berwenang. (Subbidang Pelayaan Informasi Publik - Humas Puskompu)
|3284| 18 07 2012Ir. HANDRIYANTO
Perihal : sambungan aspal antara jembatan dan jalan
Saya prihatin dengan banyaknya aspal yang berlubang antara sambungan aspal yang berada di atas jembatan dengan aspal yang menghubungkannya di darat/tanah. Jika hal ini dibiarkan terlalu lama...maka sudah sangat pasti akan cepat memperlemah konstruksi dan struktur jembatan tsb dikarenakan oleh terjadinya getaran-getaran setiap kali kendaraan melewatinya (melindas lobang itu). Kondisi ini akan membuat jembatan menjadi cepat rusak dan tentunya akan membutuhkan anggaran yang lebih banyak untuk memperbaikinya. Disamping itupun kendaraan yang melewatinya juga akan cepat rusak. Saya berharap agar Dinas PU menjadi tanggap akan hal ini. Jika terjadi ada lubang yang belum terlalu besar, maka segeralah diperbaiki. Disamping akan membutuhkan biaya yang relatif tidak terlalu besar, juga meminimalisir terjadinya kecelakaan. Salah satu contoh kecil yang ada adalah jembatan di daerah Gombong Cikarang, di depan RS.Medika Gombong. Rasanya masih sangat banyak lagi jembatan-jembatan yang berkondisi demikian. Jika sedini mungkin kondisi setiap jembatan tsb kita perbaiki...niscaya banyak sekali yang dapat "terselamatkan", baik dari sisi anggaran negara maupun jiwa manusia. Terimakasih jika saran dari salah satu rakyat indonesia ini diperhatikan. Ini untuk kepentingan kita semua.
Jawaban :Sdr. Ir. Handriyanto, Yth. terima kasih atas masukannya. Namun berhubung jalan kabupaten merupakan kewenangan Dinas PU Kabupaten, kami akan melanjutkan pengaduan Saudara ke pihak yang berwenang. (Subbidang Pelayaan Informasi Publik - Humas Puskompu)
|3283| 18 07 2012SOLIKIN, ST
Perihal : informasi beasiswa
Up. Sekretariat Jenderal Pekerjaan Umum Republik Indonesia Kepada yth. Bapak Sekretariat Jenderal Pekerjaan Umum RI Sehubungan dengan informasi program beasiswa yang diselenggarakan oleh Sekretariat Jenderal Pekerjaan Umum Republik Indonesia. Berkaitan dengan informasi Program beasiswa untuk pendidikan kedinasan. pengaduan atau pertanyaan. 1. Apakah Pegawai Negeri Sipil dari Daerah yang bekerja dilingkup Ke PU an boleh mengikuti program beasiswa tersebut? 2. Apakah ada program beasiswa yang diprogramkan oleh Kementerian Pekerjaan Umum untuk peserta bagi PNS daerah yang bekerja dilingkup Ke PU an? 3. mengapa pendaftaran program beasiswa harus dibatasi, dengan lingkup peserta hanya dari kalangan PNS Kementerian Pekerjaan Umum? ketika kita melihat informasi program beasiswa yang diselenggarakan oleh Pusbindiklatren Bappenas tidak tersedia program jurusan yang sesuai dengan lingkup pekerjaan (saya sendiri dari lulusan Sarjana Teknik Pengairan) kita selama ini. Mohon kiranya agar dari Kementerian Pekerjaan Umum untuk mengakomodasi hal tersebut bahwa tidak semuanya bidang yang diprogramkan dalam Pusbindiklatren Bappenas sesuai dengan bidang kita selama ini dan itu ada di program beasiswa yang diselenggarakan oleh Kementerian Pekerjaan Umum tetapi terbatas untuk peserta yang boleh mengikuti. Demikian disampaikan, atas perhatiannya kami ucapkan terimakasih.
Jawaban :Sdr. Solikin,ST, Yth. menjawab pertanyaan Saudara, kami informasikan bahwa persyaratan umum calon peserta beasiswa Kementerian Pekerjaan Umum tahun 2013 adalah Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) atau Pegawai Negeri Sipil (PNS) Kementerian Pekerjaan Umum, Pegawai Daerah yang ditempatkan di lingkungan Kementerian PU, dan Pegawai Kementerian PU yang ditempatkan/diperbantukan di lingkungan daerah. Terima kasih. (Pusat Pendidikan dan Pelatihan)
|3278| 17 07 2012Sugito
Perihal : permintaan User ID dan Pasword
dengan hormat, kami dari PT.Alberindo Java selaku rekanan PU. pada hari kamis tgl 12 Juli 2012 lalu sudah mendaftarkan perusahaan saya di e-proc PU, tetapi sampai hari ini kami belum mendapatkan user ID and Pasword guna mengikuti lelang pengadaan. untuk itu kami mohon segera di tindak lanjuti atas permintaan user ID dan Pasword tersebut. mengingat sangat pentingnya hal ini. demikian kami sampaikan. terima kasih
Jawaban :Sdr. Sugito, Yth. harap menunggu konfirmasi dari panitia e-proc atau Saudara dapat menghubungi Subdit Pengembangan Aplikasi, Bidang Penyelenggaraan Sistem Jaringan dan Aplikasi, Pusat Pengolahan Data di nomor telp. 7395588 ext. 199. Terima kasih. (Subbidang Pelayaan Informasi Publik - Humas Puskompu)
|3276| 17 07 2012hendry
Perihal : majalah kiprah, pedoman teknis, download buku
mohon kiranya majalah kiprahnya diperbanyak, sangat membantu membuka wawasan kami di daerah, dan disediakan pedoman teknis dari kementerian pu yang bisa kami download serta buku yang ada di perpustakaan yang diterbitkan oleh pu ataupun litbang disediakan link downloadnya bukan hanya previewnya saja demi kemudahan dan kemajuan perkembangan pembangunan di daerah. terima kasih.
Jawaban :Sdr. hendry, Yth. terima kasih atas apresiasi yang diberikan untuk majalah KIPRAH. Menjawab pertanyaan saudara, terkait distribusi majalah KIPRAH serta pihak di luar Kementerian PU yang ada di Pusat (Jakarta), yang ingin mengakses koleksi perpustakaan, dapat menghubungi Perpustakaan Kementerian PU di no.telp. (021) 7248932. Terima kasih. (Perpustakaan Kementerian PU)
|3274| 15 07 2012VREDRIK BAINLAWUIL
Perihal : Info CPNS tahun 2012
Salam sejahtera buat Bpk/Ibu Yang mendengar saran/atau pengaduan dari saya mau tanya mengenai Info CPNS yang ada di dinas PU. Makasi atas perhatianya dan trimakasih.
Jawaban :Sdr. Vredrik Bainlawuil, Yth. kami informasikan bahwa dengan adanya UU nomor 32 Tahun 2004 tentang Pemerintah Daerah, Dinas PU bukan lagi berada di bawah kewenangan Kementerian PU, tapi sudah menjadi lembaga di bawah Pemda. Untuk pengadaan CPNS pun tidak ada hubungan dengan Kementerian PU. Pengadaan CPNS Kementerian PU khusus untuk lingkup Kementerian PU dan dapat Saudara lihat melalui website kami, www.pu.go.id. Terima kasih. (Subbidang Pelayanan Informasi Publik - Humas Puskompu)
|3272| 14 07 2012alan
Perihal : kemacetan jalan
sore pak, kami dari jambi ingin menyampaikan penggunaan jalan umum sepanjang +/- 100 km (kab. sarolangun - kota jambi) oleh pihak tambang dan cpo sawit dengan tonase muatan berat yang seringkali menimbulkan kemacetan dan kecelakaan lalu lintas. kami minta kepada pihak pu agar bisa membuat jalan alternatip, saran kami kalau bisa angkutan lewat sungai saja.
Jawaban :Sdr. Alan, Yth. terkait permasalahan tersebut, kami sampaikan bahwa: 1) Dalam program pembangunan jalan, mengacu pada Undang-Undang No.38 Tahun 2004 tentang Jalan dan Peraturan Pemerintah No.34 Tahun 2006 tentang Jalan, dimana kekuatan konstruksi jalan di Provinsi Jambi direncanakan dengan kekuatan Muatan Sumbu Terberat (MST) 8 Ton, kecuali Jalan Lintas Timur dengan MST 10 Ton; 2) Ruas Jalan Sarolangun-Ma. Tembesi-Kota Jambi banyak dilalui truk angkutan berat yang mengangkut batu bara dan CPO sawit dimana tonase yang diangkut sering melewati batas tonase yang diijinkan (overloading) sehingga mengakibatkan jalan cepat rusak, tidak sesuai umur rencana. Hal ini mengakibatkan pemborosan keuangan negara; 3) Pihak PU Pusat telah berkoordinasi dengan Pemprov Jambi untuk merencanakan jalan alternatif Sarolangun-Kota Jambi-Talang Duku yang saat ini sedang dibahas melalui mekanisme Public Private Partnership (PPP). Terima kasih. (Ditjen Bina Marga)
|3269| 14 07 2012alan
Perihal : sbu yg biasa ikut proyek tahun 2012
kami dari jambi mau mempertanyakan SE no.9 tahun 2011 yg menyangkut sbu. dalam SE tersebut yg bunyinya kira2 begini : yg bisa mengikuti proyek 2012 adalah a. sbu yg diterbitkan sebelum 30 september 2011 dan belum habis masa berlakunya b. ...dst (kalau salah mohon dimaafkan). sbu kami golongan kecil berlaku s/d 2013 sudah dileges 2012 dan selama ini tidak ada masalah, setelah hasil PTUN LPJK ditolak kini baru timbul masalah dimana instansi di daerah kami memberlakukan sbu format baru. kami menghubungi LPJKD di daearah kami utk perubahan tapi tdk bisa karena asosiasi kami belum terdaftar. melalui form saran ini kami selaku pengusaha kecil di daerah memohon bantuan penjelasan dari bapak/ibu di kementrian pu apakah sbu kami masih bisa dipakai di tahun 2012 saja atau kami harus pindah asosiasi. atas saran dan perhatian dari bapak/ibu di kemetrian pu kami ucapakan banyak terima kasih. wassalam
Jawaban :Sdr. Alan, Yth. terkait Surat Edaran Menteri PU NO.09/SE/M/2011, kami informasikan bahwa: 1) Dalam tata cara registrasi ulang SBU harus sesuai dengan Peraturan Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi nomor 02 tahun 2011. 2) Untuk pengadaan Tahun 2012, apabila dalam pembuktian kualifikasi SBU/SKA/SKT tidak memenuhi persyaratan sesuai Surat Edaran Menteri PU NO.09/SE/M/2011 angka 3 maka SBU/SKA/SKT tersebut tidak dapat digunakan dan tidak berlaku dalam pengadaan pekerjaan konstruksi. Surat Edaran Menteri PU NO.09/SE/M/2011 angka 3 yaitu: a) Persyaratan kualifikasi penyedia jasa konstruksi dalam proses pengadaan pekerjaan konstruksi dan jasa konsultasi agar berpedoman pada Lampiran III dan IV Peraturan Presiden No.54 tahun 2010 tentang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah dimana izin Usaha Jasa Konstruksi (IUJK) yang sesuai dengan peraturan perundang-undangan menjadi salah satu persyaratan kualifikasi; b) Sesuai dengan amanat Pasal 17 ayat (5) Undang-Undang Nomor 18 Tahun 1999 tentang Jasa KOnstruksi (UUJK), perencana konstruksi, pelaksana konstruksi, pengawas konstruksi baru dapat mengikuti pemilihan penyedia jasa apabila telah memenuhi ketentuan sebagaimana diatur dalam pasal 8 dan pasal 9 UUJK. Pemenuhan Ketentuan Pasal 8 dan Pasal 9 kemudian dituangkan dalam bentuk SBU, Sertifikat Keahlian Kerja (SKA) dan/atau Sertifikat Ketrampilan Kerja (SKT); c) SBU/SKA/SKT yang dapat digunakan dan berlaku dalam Pengadaan Pekerjaan Konstruksi dan Jasa Konsultasi untuk Anggaran 2012 adalah SBU/SKA/SKT yang diterbitkan sebelum tanggal 30 September 2011 dan belum habis masa berlakunya, serta SBU/SKA/SKT yang baru dan perpanjangan yang habis masa berlakunya setelah tanggal 30 September 2011, diterbitkan oleh Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi berdasarkan Peraturan Pemerintah No.92 tahun 2010 tentang Perubahan Kedua Peraturan Pemerintah No. 28 tentang Usaha dan Peran Masyarakat Jasa Konstruksi yang dikukuhkan oleh Menteri Pekerjaan Umum pada tanggal 10 Agustus 2011 dengan Surat Keputusan Menteri Pekerjaan Umum No.223/KPTS/M/2011; d) Pembuktian kualifikasi (SBU/SKA/SKT) agar berpedoman pada Buku Lampiran Peraturan Menteri Pekerjaan Umum No. 07/PRT/M/2011 tentang Standar dan Pedoman Pengadaan Pekerjaan Konstruksi dan Jasa Konsultasi, Dimana Pokja ULP melakukan klarifikasi dan/atau verifikasi kepada penerbit dokumen. Dengan demikian data badan usaha jasa konstruksi dalam Sistem Teknologi Informasi (STI) Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi (LPJKN) tidak digunakan sebagai pembuktian kualifikasi untuk persyaratan tender Pengadaan Pekerjaan Konstruksi dan Jasa Konsultasi; e) Dalam pembuktian IUJK agar Pokja ULP memastikan penyedia jasa memiliki dan memnuhi ketentuan SBU/SKA/SKT sebagaimana pada butir 3. 3) Terhadap Pokja/ULP yang melakukan pelanggaran dan/atau kecurangan, sesuai ketentuan Perpres No.54 Tahun 2010 pasal 118 ayat (7) dalam proses Pengadaan Barang/Jasa, maka ULP dikenakan sanksi administrasi, ganti rugi, dan/atau dilaporkan secara pidana. Terima kasih. (BP Konstruksi)
|3268| 14 07 2012Pratomo Yuwono
Perihal : pengaduan
keluarga saya mempunyai sawah di Krebbet Masaran Kabupaten Sragen tepatnya di pinggir jalan Grompol-Jambangan,dua minggu lalu sawah kami dipatok-i oleh Proyek Bengawan Solo (PBS) tanpa minta ijin kepada kami, tahu-tahu tanpa musyawarah dan persetujuan dari kami sudah berdiri patok-patok di sawah, padahal patok-patok lama yang dipasang PU Pengairan masih ada di sisi saluran air, tetapi KENAPA PBS MEMASANG PATOK-PATOK LAGI JAUH MASUK KE SAWAH KAMI? Kejadian ini sudah saya adukan ke PBS di Pabelan Solo sampai tigakali,tetapi jawabannya selalu sama" masalah ini akan ditindaklanjuti" akan tetapi kenyataanya sampai sekarang tidak ada respon samasekali,malah patok permanen sudah dipasang masuk kesawah. Demikian pengaduan dari saya, dan saya mohon kepada Bapak/ibu untuk memperhatikan permasalahan ini.
Jawaban :Sdr. Pratomo Yuwono, Yth. menjawab pertanyaan Saudara, kami informasikan hal-hal sebagai berikut: 1) BBWS Bengawan Solo melakukan pemasangan patok batas aset pada tanah negara sesuai dengan Gambar Situs (GS) Pembebasan Tanah Nomor: 7225/PBS/1982, di Saluran Irigasi Colo (Saluran Sekunder Kanan) di Desa Krebet, Kecamatan Masaran, Kabupaten Sragen; 2) BBWS Bengawan Solo sedang mengkaji data sertifikat tanah mikik pemohon yang telah disampaiakan kepada BBWS Bengawan Solo; 3) Sehubungan dengan sertifikat tanah pemohon yang tidak dilengkapi dengan gambar situasi, maka BBWS Bengawan Solo sedang berkoordinasi dengan yang bersangkutan dan pihak terkait lainnya (BPN Sragen); 4) Setelah melakukan koordinasi sebagaimana diterangkan dalam butir tiga akan dilakukan pengecekan di lapangan bersama-sama. Terima kasih. (BBWS Bengawan Solo)
|3267| 14 07 2012hari prakoso
Perihal : pengaduan
salam hormat. apakah sanksi bagi panitia lelang tidak mematuhi uu,permen pu,kepmen pu,keputusan pengurs lpjkn dan tidak menjawab sanggahan lelang yang kami kirimkan, sekian dan terima kasih....mohon penjelasannya.
Jawaban :Sdr. Hari Prakoso, Yth. terhadap Pokja/ULP yang melakukan pelanggaran dan/atau kecurangan, sesuai ketentuan Perpres No.54 Tahun 2010 pasal 118 ayat (7) dalam proses Pengadaan Barang/Jasa, maka ULP dikenakan sanksi administrasi, ganti rugi, dan/atau dilaporkan secara pidana. Terima kasih. (BP Konstruksi)
Halaman : |<<  << 21 22 23 24 25 26 27 28 29 30 >>  >>|