Selamat Datang   |   Register   |   Login   
    
: PERMUKIMAN TATA RUANG KAWASAN
: Air Bersih/Air Minum
: Pedoman Teknis
: Semua Jenis
Data ada 31 record
Daftar SNI Bidang Konstruksi Dan Bangunan
No No SNI Judul Ruang Lingkup
1 Pt T-24-2000-C Tata Cara Penilaian Kinerja PDAM. Tata cara ini digunakan untuk menjamin pelaksanaan penilaian kinerja PDAM secara menyeluruh untuk memperoleh klasifikasi kinerja PDAM bagi keperluan penilai.
2 Pt T-25-2000-C Tata Cara Pengoperasian dan Pemelihaan Terminal Air Tata cara ini digunakan untuk memperoleh kontinuitas operasi dan lama masa operasi sesuai dengan perencanaan, bagi penanggungjawab terminalair. Tata cara ini memuat ketentuan-ketentuan mengenai penanggung
3 Pt T-26-2000-C Tata Cara Pemeliharaan Jaringan Pipa Transmisi dan Pipa Distribusi Air Minum Tata cara ini digunakan untuk memperoleh kelangsungan kinerja pipa transmisi, distribusi dan perlengkapannya, bagi keperluan pengelola. Tata cara ini memuat ketentuan tentang pemeliharaan , jaringan pipa transmisi dan distribusi, teknis, peralatan dan bahan.
4 Pt T-28-2000-C Tata Cara Pembubuhan Kaporit pada Unit Pipa Tata cara ini memuat tentang ketentuan bahan, peralatan, pembubuhan, pendosisan, penyimpanan dan cara pembubuhan kaporit ke dalam instalasi penjernihan.
5 Pt T-29-2000-C Tata Cara Pembubuhan Gas Khlor pada Unit Pipa IPA Tata cara ini memuat tentang ketentuan pengangkutan, penyimpanan, peralatan, bahan, cara pembubuhan dan penanganan kebocoran gas klhor.
6 Pt T-33-2000-C Tata Cara Pemeliharaan Pompa Tangan Dangkal untuk Air Bersih Tata cara ini mencakup ketentuan pemeliharaan pompa tangan dangkal dan cara pengerjaannya.
7 Pt T-34-2000-C Tata Cara Pengoperasian dan Pemeliharaan Bangunan Pengaduk Lambat Secara Mekanis pada IPA1 Tata cara ini memuat ketentuan mengenaiteknisi, bahan, fungsi dan peralatan bangunan pengaduk lambat secara mekanis.
8 Pt T-35-2000-C Tata Cara Overhaul Pompa Sentrifugal dan Submersibel pada Sarana Sistem Penyediaan Air Bersih Tata cara ini mencakup pemeriksaan, bongkar pasang, bahan suku cadang, peralatan dan teknisi.
9 Pt T-36-2000-C Tata Cara Pengoperasian dan Pemeliharaan Mobil Tangki untuk Air Minum Tata cara ini memuat ketentuan teknisi, peralatan, bahan dan suku cadang serta cara pengoperasian dan pemeliharaan
10 Pt T-20-2000-C Tata Cara Perencanaan Air Bersih Pedesaan dengan Kran Umum Tata cara ini mencakup ketentuan dan persyaratan dalam penilaian desa, tahapan perencanaan dan perencanaan teknis air bersih pedesaan dengan kran umum.
11 Pt T-21-2000-C Tata Cara Dasar Perencanaan Plambing untuk Air Minum, Air Limbah dan Air Hujan Tata cara ini berlaku bagi sistem plambing dan bagian dari padanya yang dipasang didalam persil gedung dan bangunan untuk hunian yang dipasang. Tata cara ini digunakan dalam pemasangan instalasi perpipaan mengenai air minum, air limbah, dan air hujan dengan perlengkapannya yang melayani hunian pada gedung dan persil.
12 Pt S-04-2000-C Spesifikasi Bak Penampung Air Hujan untuk Air Bersih dari Ferro Semen Spesifikasi ini memuat pengertian dan persyaratan teknis bak ferrosemen untuk menampung air hujan untk air bersih yang mencakup bentuk, ukuran, bahan, fungsi dan kekuatan atau struktur dengan kapasitas 2 m3 sampai dengan 10 m3.
13 Pt S-05-2000-C Spesifikasi Bak Penampung Air Hujan untuk Air Bersih dari Pasangan Bata Spesifikasi ini memuat pengertian dan persyaratan teknis bak penampung bak air hujan dari pasangan bata untuk air bersih yang mencakup bentuk, ukurana, bahan, fungsi, dan kekuatan atau struktur dengan kapasitas 2 M3 sampai dengan 10 m3.
14 Pt T-11-2002-C Pemanfaatan pompa hidram dalam penyediaan air bersih Pedoman teknis ini meliputi istilah dan definisi, pemilihan lokasi dan pemasangan, pengoperasian dan pemeliharaan pompa hidram sistem tunggal.
15 Pt T-14-2002-C Sistem penyediaan air bersih komersil untuk permukiman - Pedoman teknis ini sebagai pegangan atau acuan dalam penerapan penyedian air bersih komersial di lingkungan permukiman. - Pedoman teknis ini bertujuan untuk pemerataan pelayanan air bersih di suatu kawasan permukiman dan dengan maksud untuk menghindari pencemaran sumber air di lingkungan permukiman sehingga kesehatan masyarakat meningkat.
16 Pt T-18-2002-C Penanganan air bersih dan PLP di pesantren Pedoman teknis ini mencakup kebutuhan air, timbulan sampah, penentuan teknologi di Pondok Pesantren yang meliputi : air bersih, persampahan, drainase, air limbah, dan MCK.
17 Pt T-03-2003-C Tata Cara Perencanaan Penyediaan Air Bersih dengan Destilasi Surya Atap Kaca (DSAK) Spesifikasi ini mencakup istilah dan definisi, persyaratan teknis mengenai bentuk, ukuran, dan bahan destilator surya atap kaca (DSAK) untuk kapasitas 5 Liter/hari.
18 Pt S-01-2003-C Spesifikasi Destilasi Surya Atap Kaca (DSAK). Petunjuk Teknis ini meliputi Perencanaan dan Perhitungan Sistem Destilator Surya Atap Kaca, dengan kapasitas maksimum 5 Liter/hari.
19 RSNI T-15-2004 Tata cara pemeliharaan system plambing Tata cara ini mencakup persyaratan umum, persyaratan teknik, cara pemeliharaan berupa tindakan pemeriksaan dan pembersihan pada system plambing air minum, air limbah, air hujan, dan perlengkapannya.
20 RSNI T-17-2004 Tata cara pengadaan, pemasang-an dan pengujian pipa pvc untuk penyediaan air minum Tata cara ini mencakup : a) penanganan pipa termasuk di dalamnya cara penyimpanan dan pengangkutan; b) pemasangan pipa sebagai penyaluran air minum; c) pengaliran air di bawah tekanan sampai suhu 45 0C untuk penyediaan air minum; d) pengujian kekuatan pipa PVC terhadap tekanan hidrostatik di lapangan.
21 Pd T-01-2004-C Tata cara perencanaan instalasi pengolahan air system berpindah-pindah (mobile) Tata cara ini meliputi istilah dan definisi serta persyaratan yang berlaku untuk instalasi pengolahan air untuk air minum sistem berpindah-pindah kapasitas 0,5 - 1 Liter/ detik yang dapat memenuhi kebutuhan masak dan minum bagi 500-1000 orang.
22 Pd S-01-2004-C Spesifikasi instalasi pengolahan air system berpindah-pindah (Mobile) kapasitas 0,5 L/detik. Spesifikasi ini mencakup istilah dan definisi, persyaratan teknis tentang bentuk, ukuran, bahan, dan fungsi. Spesifikasi teknis ini dimaksudkan sebagai acuan bagi perencana dan pelaksana untuk pembuatan instalasi pengolahan air system berpindah-pindah, yang bertujuan untuk memberikan kemudahan-kemudahan dalam pelaksanaannya.
23 Pd T-05-2005-C Penyediaan air minum berbasis masyarakat (PAM BM) Volume 1. Pedoman Umum Pedoman ini meliputi ketentuan umum dalam penyelenggaraan, kelembagaan, pembiayaan, pembangunan prasarana dan sarana serta pemantauan dan evaluasi dalam upaya penyediaan air minum berbasis masyarakat.
24 Pd T-06-2005-C Penyediaan air minum berbasis masyarakat (PAM BM) Volume 2. Pedoman penyelenggaraan Tata cara penyelenggaraan yang mencakup uraian yang menyangkut pelaku terkait dan tahapan kegiatan serta prinsip pelayanan kepada masyarakat dalam rangka penyelenggaraan PAM BM. Pedoman ini dapat digunakan sebagai acuan bagi para pelaku terkait dalam pelaksanaan pembangunan prasarana dan sarana PAM BM yang mandiri dan berkelanjutan.
25 Pd T-07-2005-C Penyediaan air minum berbasis masyarakat (PAM BM) Volume 3. Kelembagaan Pedoman ini meliputi peran dan fungsi para pelaku terkait, proses pembentukan organisasi/ kepengurusan dan perangkat pendukung yang diperlukan dalam organisasi penyediaan air minum berbasis masyarakat (PAM BM). Pedoman ini merupakan buku ketiga dari Pedoman penyediaan air minum berbasis masyarakat (PAM BM).
26 Pd T-08-2005-C Penyediaan air minum berbasis masyarakat (PAM BM) Volume 4. Pembiayaan Pedoman ini memuat tata cara pembiayaan dalam kegiatan meliputi biaya penyelenggaraan dan mobilisasi dana penyediaan air minum berbasis masyarakat.
27 Pd T-09-2005-C Penyediaan air minum berbasis masyarakat (PAM BM) Volume 5. Pembangunan Prasarana dan Sarana Pedoman ini ini meliputi tata cara pemilihan jenis, perencanaan, pelaksanaan fisik dan pengoperasian serta pemeliharaan prasarana dan sarana penyediaan air minum berbasis masyarakat.
28 Pd T-10-2005-C Penyediaan air minum berbasis masyarakat (PAM BM) Volume 6. Pelaksanaan Pemantauan dan Evaluasi Pedoman ini meliputi sistem pemantauan dan evaluasi kinerja pada tahap persiapan, perencanaan, pembangunan, pengelolaan dan pengembangan PAM BM. Hasilnya dilaporkan pada perorangan atau institusi yang berkaitan dengan pengadaan/pelayanan air minum berbasis masyarakat.
29 Pt T-60-2000-C Tata cara penanggulangan air minum Tata cara ini mencakup pengawasan kebocoran pipa transmisi dan distribusi, ketentuan mengenai identifikasi kebocoran, peralatan, bahan pelaksana dan cara pengerjaan.
30 RSNI T-01-2003 Tata cara perencanaan plambing Tata Cara Perencanaan ini mencakup : 1) sistem plambing yang baru untuk air minum, air buangan, ven dan air hujan pada gedung sampai dengan pipa persil; 2) sistem plambing yang baru direncanakan untuk perubahan atu penambahan terhadap sistem plambing pada gedung yang sudah dibangun sebelum SNI ini diberlakukan.
31 RSNI T-16-2004 Tata cara pengadaan, pemasangan dan pengujian pipa pvc untuk air limbah di dalam bangunan gedung Tata cara ini memuat : a) cara pengadaan dan pemasangan pada jaringan pipa air limbah rumah tangga, air hujan dan fitingnya, tidak termasuk air limbah non rumah tangga; b) pemasangan pipa PVC dan fitingnya dapat disambungkan dengan bahan pipa jenis lain.