BPSDM Selenggarakan Penilaian Potensi dan Kompetensi Bagi Jabatan Fungsional

BPSDM Selenggarakan Penilaian Potensi dan Kompetensi Bagi Jabatan Fungsional

320 29 Print

Jakarta, 09 Agustus 2022- Pelaksanaan penilaian potensi dan kompetensi dilakukan dalam rangka memposisikan SDM sebagai modal strategis (human capital) bagi organsiasi dalam membangun kinerja dan penciptaan nilai tambah sesuai dengan tugas dan fungsinya. BPSDM melalui Balai Penilaian Kompetensi, menyelenggarakan Penilaian Potensi dan Kompetensi Online untuk Usulan Perpindahan dan Kenaikan Jenjang Jabatan Fungsional Gelombang 7 di Lingkungan Kementerian PUPR melalui Video Conference yang resmi dibuka, Selasa (09/08).


Kepala Pusat Pengembangan Talenta, Rudy Ridwan Effendi, menyampaikan,” Pelaksanaan penilaian potensi dan kompetensi ini bertujuan untuk mengukur potensi, kompetensi manajerial dan kompetensi sosial kultural serta kompetensi teknis sesuai dengan standar kompetensi jabatan yang dipersyaratkan serta bermanfaat untuk penyusunan strategi pengembangan pegawai dan pemenuhan kebutuhan ASN di lingkungan Kementerian PUPR."


“Peningkatan ASN yang unggul, berintegritas, dan berdaya saing merupakan satu dari enam fokus utama kebijakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) di tahun 2022. Salah satu langkah untuk mewujudkan hal tersebut adalah dengan menjadi Smart Aparatur Sipil Negara (ASN). Smart ASN merupakan pegawai dengan kompetensi, kinerja, serta profesionalisme yang tinggi sehingga mampu beradaptasi dan semakin responsif terhadap perubahan dan pencapaian tujuan organisasi,”imbuh Rudy Ridwan Effendi.


Pemenuhan kebutuhan ASN di lingkungan Kementerian PUPR haruslah menitikberatkan kepada kompetensi dan kinerja pegawai. Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono menegaskan bahwa dalam menunjang Agenda Prioritas Presiden Untuk 5 Tahun ke depan perlu adanya Perkuatan Sumber Daya Manusia yang Berintegritas dan Kompeten. Sejalan dengan arahan beliau tersebut, maka diperlukan peningkatan karakter yang baik dan kuat para pegawai PUPR dengan mampu bersikap Berani, Tangguh dan Disiplin.


Penilaian potensi dan kompetensi ini tidak dapat dinilai secara parsial, sehingga peserta wajib mengikuti keseluruhan tahapan kegiatan penilaian dari awal sampai akhir meskipun dapat dilakukan dengan urutan yang berbeda. Kegiatan ini merupakan satu kesatuan rangkaian utuh yang bersifat sequensial dan berkelanjutan. 


Pelaksanaan Penilaian Potensi dan Kompetensi ini dilakukan secara online sesuai standar kompetensi jabatan yang dipersyaratkan yang dilaksanakan selama 2 (dua) hari, dimulai Selasa, 09 Agustus 2022 sampai dengan Rabu, 10 Agustus 2022. Peserta yang mengikuti Penilaian Potensi dan Kompetensi Online untuk Usulan Perpindahan dan Kenaikan Jenjang Jabatan Fungsional Gelombang 7 sebanyak 14 orang dimana 12 orang berasal dari Direktorat Jenderal Sumber Daya Air; 1 orang dari Direktorat Jenderal Bina Konstruksi dan 1 orang berasal dari Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota Surakarta.

Terima kasih telah berpartisipasi merespon kuis ini..

Berita Terkait