Kementerian PUPR Dorong Himperra Tingkatkan Penyediaan Hunian Layak dan Terjangkau Bagi MBR

Kementerian PUPR Dorong Himperra Tingkatkan Penyediaan Hunian Layak dan Terjangkau Bagi MBR

662 106 Print

Bali - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus mendorong para pengembang perumahan sebagai mitra untuk terus meningkatkan penyediaan hunian layak dan terjangkau khususnya bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR). 

Untik itu, Kementerian PUPR telah memberikan apresiasi kepada salah satu asosiasi pengembang yang telah membangun rumah terbanyak bagi MBR pada perayaan malam puncak Hapernas 2022 tanggal 25 Agustus 2022 yang lalu, yakni para pengembang yang tergabung dalam Himpunan Pengembang Permukiman dan Perumahan Rakyat (Himperra).

"Kami (Kementerian PUPR-red) ingin memberi apresiasi setinggi- tingginya atas peran Himperra sebagai salah satu mitra strategis pemerintah dalam rangka mendorong penyediaan hunian layak huni dan terjangkau bagi MBR sekaligus mewujudkan tercapainya Program Satu Juta Rumah," ujar Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dalam sambutan tertulis yang dibacakan oleh Direktur Jenderal Perumahan Kementerian PUPR Iwan Suprijanto pada Rapat Kerja Nasional (Rakernas) 2022 dan Milad ke-4 Himperra di Bali, Kamis (8/9/2022) malam.

Dikatakan Menteri Basuki, Himperra sebagai asosiasi profesi pengembang perumahan telah menunjukkan kapasitasnya sebagai mitra sejajar pemerintah dalam menyediakan rumah bagi MBR. 

"Saya berharap melalui Rakernas ini dapat menjadi momentum bagi seluruh anggota Himperra untuk semakin berkembang, solid dan kuat guna menyongsong industri properti yang semakin dinamis dan penuh tantangan dalam beberapa tahun kedepan," kata Menteri Basuki.

Menurut Menteri Basuki, bangsa Indonesia patut bersyukur karena di tengah masa pandemi Covid-19, sektor properti merupakan sektor masih tumbuh positif. Berdasarkan data BPS, Ekonomi Indonesia triwulan I-2022 tumbuh sebesar 5,01 persen (year-on-year).

"Di antara pertumbuhan tersebut, perumahan yang masuk ke dalam sektor real estate atau properti merupakan sector yang tumbuh positif sebesar 3,78 persen," kata Menteri Basuki.

Ketua Umum Himperra, Endang Kawidjaya menyatakan, pihaknya siap mendukung pelaksanaan Program Sejuta Rumah bagi masyarakat. Hal itu dikarenakan Program Sejuta Rumah sangat bermanfaat dalam penyediaan hunian layak dan terjangkau sekaligus mendorong perekonomian nasional.

"Kami siap mendukung Kementerian PUPR dalam pelaksanaan Program Sejuta Rumah serta memberikan masukan kepada pemerintah untuk meningkatkan pembangunan rumah bagi masyarakat," kata Endang. (Jay)

Terima kasih telah berpartisipasi merespon kuis ini..

Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR
Facebook: Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat
Twitter: @kemenpu
Instagram: kemenpupr
Youtube: kemenpu
#SigapMembangunNegeri

Berita Terkait