Kementerian PUPR Selenggarakan Donor Darah Dalam Rangka HUT RI Ke-77

Kementerian PUPR Selenggarakan Donor Darah Dalam Rangka HUT RI Ke-77

978 111 Print

Jakarta - Dalam rangka memeriahkan rangkaian acara menyambut HUT RI ke-77, Kementerian PUPR bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) mengadakan kegiatan sosial donor darah yang berlangsung di Ruang Pendopo Kementerian PUPR, Kamis (4/8/2022). 

“Kegiatan donor darah ini diikuti oleh pegawai Kementerian PUPR dari seluruh unit organisasi di lingkungan Kementerian PUPR. Target kegiatan donor darah kali ini yaitu sebanyak 200 kantong darah dari peserta yang sudah disetujui oleh dokter dari PMI,” kata Kepala Bagian Rumah Tangga Biro Umum Kementerian PUPR dr. Erlina Kartika Sari. 

Dr. Erlina mengatakan peserta yang akan melakukan donor darah diseleksi terlebih dahulu melalui screening atau pemeriksaan dari dokter PMI untuk mengecek dahulu apakah mereka memiliki kondisi badan yang sehat, dalam artian memiliki tensi darah dan kadar sel darah yang cukup, memiliki berat badan yang cukup, tidak meminum obat-obatan, tidak menggunakan narkoba, dan tidak memiliki riwayat penyakit yang menular. 

“Syarat untuk melakukan donor darah yaitu wanita dan pria usia dewasa diatas 17 tahun dengan kadar tekanan darah dibawah 160/100 mmHg dengan kadar sel darah merahnya yaitu 12,5 sampai 18 g/dL. Begitu juga dengan peserta yang diperbolehkan mengikuti donor darah yaitu peserta yang sudah post covid, minimal sudah 2 minggu sejak dinyatakan negatif covid,” terangnya. 

Adapun manfaat bagi pegawai yang sudah mendonorkan darah menurut dr. Erlina yaitu dapat menstimulasi sel darah merah dalam tubuh sehingga dapat menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. “Terutama bagi wanita dapat meningkatkan kulit menjadi lebih cerah, lalu juga dapat menurunkan berat badan,” tuturnya. (Yul)

Terima kasih telah berpartisipasi merespon kuis ini..

Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR
Facebook: Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat
Twitter: @kemenpu
Instagram: kemenpupr
Youtube: kemenpu
#SigapMembangunNegeri

Berita Terkait