Komisi V DPR RI Dukung Peningkatan Infrastruktur Kabupaten Grobogan

Komisi V DPR RI Dukung Peningkatan Infrastruktur Kabupaten Grobogan

268 37 Print

Purwodadi– Komisi V DPR RI yang dipimpin oleh Sudewo beserta rombongan melaksanakan Kunjungan Kerja Spesifik (kunfik) Komisi V ke Kab. Grobogan, Jawa Tengah pada Jumat (24/6). Pada kesempatan ini, Komisi V DPR RI melaksanakan pertemuan bersama dengan jajaran Kementerian PUPR dan Bupati Grobogan, Sri Sumarni di Pendopo Kantor Bupati Grobogan. 

Pada pertemuan ini Bupati Grobogan menyampaikan harapannya kepada Kementerian PUPR antara lain terkait peningkatan kapasitas jalan ruas Semarang-Godong-Purwodadi-Wirosari-Ngaringan-Blora yang saat ini merupakan jalan alternatif pendukung mobilitas angkutan orang/barang dari kota Semarang menuju Surabaya. Sehari-hari ruas jalan ini kondisinya padat dengan kendaraan besar dan kecil sehingga sering terjadi kepadatan lalu lintas dan rawan kecelakaan. 

Menanggapi hal ini Direktur Pembangunan Jalan Ditjen Bina Marga, Satrio Sugeng Prayitno menjelaskan bahwa akan ada tiga ruas yang akan ditangani oleh APBN antara lain ruas Semarang-Godong-Purwodadi, Purwodadi-Wirosari-Blora dan Surakarta-Gemolong-Purwodadi. "Saat ini statusnya masih dalam proses lelang" tambah Satrio.

Selain itu untuk infrastruktur bidang Sumber Daya Air Kementerian PUPR akan mendukung Sudetan Kali Satrian di Kecamatan Brati ke Kali Lusi. "Saat ini desain sudetannya telah selesai, juga telah dihitung biayanya. Namun kami perlu dukungan dari Pemkab. Grobogan terkait pembebasan lahannya" jelas Direktur Bina Teknik Ditjen Sumber Daya Air, Muhammad Rizal. 

Sementara itu menanggapi permintaan dukungan di bidang Cipta Karya, Direktur Pengembangan Kawasan Permukiman , J. Wahyu Kusumosusanto menjelaskan bahwa pada TA. 2022 di Kab. Grobogan akan dilaksanakan antara lain rehabilitasi 9 SD Negeri dan 1 SMP Negeri, PISEW di 14 kecamatan dan Sanitasi di 29 desa. "Untuk penataan kawasan Bledug Kuwu dan Api Abadi Mrapen sudah diusulkan untuk kegiatan di TA. 2023" tambah Wahyu.

Sebagai penutup acara kunker spesifik, Sudewo mengatakan bahwa seluruh usulan di Kunfik Grobogan akan dilaksanakan pembahasan lebih lanjut pada Rapat Kerja dengan Menteri PUPR dan Rapat Dengar Pendapat Eselon 1. "Jadi meskipun mungkin tidak semua usulan Bupati Grobogan dapat dipenuhi, paling tidak ada hal-hal pokok yang dapat diakomodir oleh Kementerian PUPR" jelas Sudewo.

Pada pelaksanaan kunker ini turut mendampingi antara lain Kepala Balai Besar Wilayah Sungai Pemali-Juana, Adek Rizaldi, Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional Jawa Tengah-D.I. Yogyakarta, Wida Nurfaida, Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah Jawa Tengah, Cakra Nagara dan Kepala Balai Penyedia Perumahan Jawa III, M. Salahudin Rasyidi. (HAL/Mar)

Terima kasih telah berpartisipasi merespon kuis ini..

Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR
Facebook: Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat
Twitter: @kemenpu
Instagram: kemenpupr
Youtube: kemenpu
#SigapMembangunNegeri

Berita Terkait