Lomba Infografis dan Keynote Speech Sambut Hari Bakti PU ke-77, Menteri Basuki: Sebagai Intellectual Exercise

Lomba Infografis dan Keynote Speech Sambut Hari Bakti PU ke-77, Menteri Basuki: Sebagai Intellectual Exercise

765 39 0 Print

Jakarta - Dalam rangka memperingati Hari Bakti PU ke-77 Tahun 2022, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyelenggarakan Lomba Penyusunan Infografis tentang Capaian 8 Tahun Kinerja PUPR dan Lomba Keynote Speech Menteri PUPR yang diikuti oleh seluruh pegawai Kementerian PUPR. Penjurian 10 karya terbaik dilakukan langsung oleh Menteri PUPR Basuki Hadimuljono bersama para Pejabat Tinggi Madya Kementerian PUPR dan Juri Independen di Ruang Serbaguna, Kementerian PUPR, Rabu malam (30/11/2022). 

Menteri Basuki mengatakan bahwa perlombaan yang diadakan pada hari ini juga sebagai bentuk pembinaan dalam rangka peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM). "Perlombaan infografis dan penulisan keynote speech ini adalah learning organization yang harus terus kita selenggarakan dalam rangka Hari Bakti PU. Ini sebagai intellectual exercise di luar perlombaan fisik seperti voli dan badminton," kata Menteri Basuki. 

Menteri Basuki berharap dengan diselenggarakannya lomba membuat infografis, pegawai Kementerian PUPR dapat mengomunikasikan informasi capaian dan kinerja Kementerian PUPR secara visual dengan lebih cepat, sederhana, dan mudah dipahami oleh masyarakat. 

"Saya ingin menyiapkan informasi laporan kepada masyarakat secara jelas, bisa dipelajari masyarakat secara jelas. Informasi yang memang diperlukan oleh masyarakat, di samping tampilannya juga menarik," kata Menteri Basuki.

Untuk itu, Menteri Basuki meminta pembelajaran pembuatan infograris bagi pegawai Kementerian PUPR tidak hanya sampai pada perlombaan Hari Bakti PU, tetapi terus dilanjutkan melalui pelatihan-pelatihan oleh Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kementerian PUPR. "Terima kasih atas upayanya para peserta, saya kira tidak sampai di sini, perlu diselenggarakan pelatihan-pelatihan pembuatan infografis," kata Menteri Basuki. 

Selanjutnya Menteri Basuki menyampaikan  diselenggarakannya lomba keynote speech bagi pejabat Eselon II untuk mendorong kebiasaan menulis dan menyampaikan materi berdasarkan bahan infrastruktur PUPR secara runut. "Dari 72 karya yang sudah disaring menjadi 10 karya. Saya sudah baca semua karya dari 10 finalis. Saya hanya melihat serius atau tidaknya orang menulis, itu bisa dilihat dari tulisannya," kata Menteri Basuki. 

Turut hadir sebagai juri, Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian PUPR Mohammad Zainal Fatah, Inspektur Jenderal T. Iskandar, Dirjen Bina Marga Hedy Rahadian, Dirjen Cipta Karya Diana Kusumastuti, Dirjen Perumahan Iwan Suprijanto, Kepala BPSDM Kementerian PUPR Khalawi Abdul Hamid, Staf Ahli Menteri Bidang Hubungan Antar Lembaga Asep Arofah Permana, Staf Ahli Menteri Bidang Teknologi, Industri dan Lingkungan Endra S. Atmawidjaja, dan Tim Juri Independen. (Tri)

Terima kasih telah berpartisipasi merespon kuis ini..

Berita Terkait