Menteri Basuki Lantik Pengurus Olahraga Gateball Sulawesi Utara

Menteri Basuki Lantik Pengurus Olahraga Gateball Sulawesi Utara

332 11 Print

Manado - Di sela-sela kunjungan kerjanya ke Sulawesi Utara mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi), Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono melantik Kepengurusan Persatuan Gateball Seluruh Indonesia (Pergatsi) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) Periode 2021-2025, di Kota Manado, Rabu (18/1/2023). 

Menteri Basuki dalam sambutannya mengatakan, olahraga gateball sudah mulai masuk menjadi kategori olahraga prestasi yang akan dipertandingkan pada ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI 2024. 

"Pergatsi Sulawesi Utara sangat diperhitungkan di tingkat nasional, selalu menjadi peringkat-peringkat teratas di kejuaraan nasional bahkan sering menjadi wakil Indonesia di kancah internasional," kata Menteri Basuki. 

Menteri Basuki yakin dengan semangat pengurus Pergatsi Sulut yang baru dan tentunya dengan kehadiran Gubernur dalam pelantikan tersebut akan menambah semangat pengurus dan menjadikan pelantikan tersebut istimewa. 

"Saya titip kepada Pak Gubernur untuk dapat ikut membina Gateball di Sulut. Selamat bekerja dan terima kasih atas kesediaan komitmen pengurus Pergatsi Sulut untuk meningkatkan prestasi dan gateball di Sulawesi Utara," kata Menteri Basuki.

Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey mengatakan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulut ikut mendorong Pergatsi untuk menjadi olahraga prestasi. "Untuk itu Pemprov Sulut mendukung penuh untuk Gateball mengikuti pertandingan di PON, harapannya membawa mama harum Provinsi Sulut," ujarnya.

Olahraga Gateball dikenal sebagai perpaduan beberapa cabang olahraga yang membutuhkan strategi dan tingkat konsentrasi tinggi di antaranya golf dan catur, sehingga tepat untuk melatih menyelesaikan pekerjaan yang lebih cepat, lebih tepat, dan lebih baik sehingga juga menghasilkan produktivitas kerja yang tinggi. 

Gateball adalah olahraga rekreasi sekaligus olahraga kompetisi. Gateball menjadi salah satu cabang olahraga yang dipertandingkan dalam event  internasional olahraga rekreasi yang diselenggarakan oleh The Association For International Sport for All (TAFISA). TAFISA GAME diadakan setiap 4 tahun sekali, dengan mempertandingkan sejumlah olahraga rekreasi seperti Egrang, Barongsai dan Gateball.

Cabang olahraga Gateball merupakan modifikasi permainan croquet, yang menggunakan palu untuk memukul bola. Olahraga ini tidak mengenal batas tertentu sehingga tergolong sebagai barrier-free sport (olahraga tanpa batas). 

Turut hadir dalam acara, Turut hadir mendampingi Menteri Basuki, Direktur Jenderal (Dirjen) Sumber Daya Air Kementerian PUPR Jarot Widyoko, Dirjen Cipta Karya Diana Kusumastuti, Staf Ahli Menteri PUPR Bidang Teknologi, Industri dan Lingkungan, Endra S. Atmawidjaja, Direktur Bendungan dan Danau Kementerian PUPR Airlangga Mardjono, dan Kepala Balai Wilayah Sungai (BWS) Sulawesi I Komang Sudana. (Jay)


Apakah informasi di atas cukup membantu?

Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR
Facebook: Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat
Twitter: @kemenpu
Instagram: kemenpupr
Youtube: kemenpu
#SigapMembangunNegeri

Berita Terkait