Slide 1

Berita PUPR > Menteri Basuki Tinjau Pembangunan Tol Cimanggis-Cibitung


Jumat, 02 Oktober 2015, Dilihat 213 kali

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono, melakukan peninjauan untuk memantau secara langsung pekerjaan pembangunan Jalan Tol Cimanggis-Cibitung sepanjang 26,3 kilometer, Jumat (2/10). Untuk masalah pembebasan menurut Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono saat dilokasi mengatakan, untuk pembebasan tanah mudah-mudahan akhir tahun ini tanah yang 3,5 km ini bisa kita bebaskan. “Mudah-mudahan tidak terlalu lama lagi dan dalam pembebasan lahan tentu ada proses dan prosedurnya”, tegas Basuki.

Dengan terhubungnya Tol  ini menurutnya,  mudah-mudahan diharapkan dapat mengurangi tingkat kepadatan.

Sementara itu menurut Kepala Badan Pengatur Jalan Tol Kementerian PUPR Herry Trisaputra Zuna mengatakan, Jalan tol ini nantinya akan terhubung dengan Jalan Tol Cikampek serta Jagorawi. Jalur tol yang membentang dari Tangerang-Bogor-Depok-Bekasi hingga DKI Jakarta ini diharapkan dapat mengurangi tingkat kemacetan di wilayah Jabodetabek.

Untuk masalah pembebasan lahan menurutnya, Tol Cimanggis-Cibitung masih terkendala masalah pembebasan lahan. Sampai saat ini lahan yang dibebaskan bebaskan baru 0,3 persen. “Untuk tanah, masih belum tuntas,” ujarnya

Sebagai informasi bahwa, Tol Cimanggis-Cibitung yang merupakan jaringan Jakarta Outer Ring Road (JORR) II memiliki panjang tol 26,3 km yang dalam pelaksanaan kontruksinya akan dibagi menjadi 2 seksi. Untuk Seksi 1 Cimanggis Junction-On/Off Ramp Transyogi sepanjang 3.50 km, sedangkan seksi 2 On/Off Ramp Transyogi-Cibitung Junction sepanjang 22,8 km.

Desa-desa yang bakal dilewati tol ini antara lain di Kecamatan Setu yaitu Desa Cijengkol, Cibening, Desa Burangkeng, Desa Taman Rahayu, kemudian di Kecamatan Cikarang Barat yaitu Desa Telajung, Desa Dandamekar, Desa gandasari, lalu Kecamatan Cibitung Desa Cibuntu. (Iwn)



‚Äč