Slide 1

Berita BPPSPAM > BPPSPAM Fasilitasi Penerapan Manajemen Aset di 14 PDAM


Kamis, 26 Juli 2018, Dilihat 230 kali

BPPSPAM Fasilitasi Penerapan Manajemen Aset di 14 PDAM

Infrastruktur air minum merupakan aset utama yang nilainya sangat signifikan, sehingga harus dikelola secara baik mulai sejak perencanaan kebutuhan, penyediaan dana, pengadaan aset, pengoperasian, pemeliharaan, penyusutan hingga pemusnahan aset. Dengan melakukan pengelolaan aset secara terintegrasi, diharapkan aset dapat dimanfaatkan secara optimal untuk meningkatan pelayanan air minum kepada masyarakat.

Hal ini disampaikan oleh Anggota BPPSPAM Unsur Pemerintah, Eko Wiji Purwanto pada pembukaan acara Workshop Penerapan Pengelolaan Manajemen Aset Tahap ke-3 yang diselenggarakan oleh Badan Peningkatan Penyelenggaraan Penyediaan Air Minum (BPPPSPAM) di Malang pada tanggal 24-27 Juli 2018.

“Bagi PDAM, infrastruktur air minum merupakan aset utama yang harus dikelola dengan baik sehingga dapat dimanfaatkan secara optimal untuk meningkatan pelayanan air minum kepada masyarakat,” kata Eko.

Lebih lanjut disampaikan, mengingat banyak PDAM yang belum melakukan manajemen aset, BPPSPAM mendorong PDAM untuk melakukan manajemen aset secara terintegrasi mulai sejak perencanaan kebutuhan, penyediaan dana, pengadaan aset, pengoperasian, pemeliharaan, penyusutan hingga pemusnahan aset. Dalam rangka memfasilitasi PDAM melakukan manajemen aset, sejak tahun 2015, BPPSPAM telah membuat Aplikasi Manajemen Aset yang dapat memudahkan PDAM dalam melaksanakan dan menerapkan manajemen aset.

Pada tahun 2018, BPPSPAM melakukan fasilitasi kepada 14 PDAM yang terpilih untuk menerapkan aplikasi manajemen aset. Kegiatan fasilitasi manajemen aset merupakan rangkaian kegiatan yang telah dimulai dari awal tahun secara bertahap termasuk penandatangan komitmen dari para Direksi PDAM untuk mendapatkan pendampingan penerapan aplikasi manajemen aset.

Dalam Workshop Penerapan Pengelolaan Manajemen Aset Tahap ke-3, PDAM yang mendapat fasilitasi akan dibekali dengan pemahaman untuk melakukan penilaian resiko aset, pengelolaan resiko aset memperkirakan kondisi umur aset, menghitung life cycle cost aset, menyusun strategi pendanaan, dan cara menyusun strategic Asset Management Plan, serta praktek penginputan data pada aplikasi manajemen aset. Hadir dalam acara ini 14 PDAM yang mendapatkan fasilitasi diantaranya PDAM Surakarta, PDAM Palembang, PDAM Kabupaten Bangkalan dan PDAM Makasar dengan menghadirkan Advisor BPPSPAM yaitu Ir, Budi Sutjahjo,MT; Drs. Effendi Mansur, CES, Drs. Engkus Kusnaedi Ak,MA, dan perwakilan PDAM Kota Malang, Agung Putra Kusuma, SKom sebagai narasumber.