Slide 1

Berita PUPR > Komisi V DPR RI Tinjau Sejumlah Infrastruktur di Kota Jambi


Senin, 22 Oktober 2018, Dilihat 106 kali

Jambi – Dalam rangka peninjauan infrastruktur dan transportasi di Kota Jambi, Komisi V DPR RI melakukan kunjungan kerja spesifik yang dipimpin oleh Anton Sukartono Suratto selaku Wakil Ketua Komisi V DPR RI, pada (18/10/18). Pembangunan infrastruktur bidang pekerjaan umum yang ditinjau antara lain jalan akses Pelabuhan Ujung Jabung, stasiun pompa asam, rencana pembangunan Jembatan Batanghari III, dan pengembangan Danau Sipin.

Dalam kunjungan tersebut, Kepala BPJN IV Jambi, Junaidi menyampaikan bahwa jalan akses Pelabuhan Ujung Jabung sudah lama dicanangkan, untuk menuju ke Pelabuhan, jarak dari Kota Jambi kurang lebih 155 km. Kondisi jalan tersebut berada pada lahan gambut, untuk mengatasi hal itu, BPJN IV Jambi menggunakan teknologi dari Pusjatan.

“Kita memakai teknologi mortar busa dari Pusjatan, per kilometer biayanya hanya Rp 16 M. Mortar busa lebih ringan karena berat jenis betonnya hanya 0,8. Sekarang sudah dipakai separuh jalan, separuhnya lagi di cor. Target awal Desember 2018 selesai,” jelas Junaidi.

Junaidi menambahkan untuk Jembatan Batanghari III masih dalam tahap desain. Kehadiran jembatan ini lah yang diharapkan oleh Komisi V DPR RI. Jika jembatan tersebut jadi, seyogyanya terhubung secara paralel dengan jalan tol.

Selanjutnya, rombongan Komisi V juga meninjau langsung Stasiun Pompa Asam di Sungai Asam yang sudah beroperasi sejak Tahun 2017. Kemudian dilanjutkan pembangunan pengembangan Danau Sipin yang memiliki luas tampungan 2,19 juta m3 direncanakan akan rampung pada akhir tahun 2018.

Kepala Balai Wilayah Sungai Sumatera VI, Nurfajri mengatakan Danau Sipin akan dijadikan suatu kawasan wisata dan arena dayung. Saat ini sedang berjalan pembangunan pengendali pintu air dari Sungai Putri.