Slide 1

Berita Ditjen Cipta Karya > Menteri Koordinator Kemaritiman RI Kunjungi TPS 3R Aldi Sejahtera


Jumat, 02 November 2018, Dilihat 161 kali

Menteri Koordinator Kemaritiman RI Kunjungi TPS 3R Aldi Sejahtera
Menteri Koordinator Kemaritiman RI Luhut Binsar Panjaitan, Rabu (31/10/2018) mendatangi TPS 3R Aldi Sejahtera di Kawasan Mantuil Basirih, Kota Banjarmasin dalam rangka koordinasi II penanganan sampah padat di kawasan regional, perkotaan dan destinasi pariwisata.
 

Luhut Binsar Panjaitan menyampaikan saat ini 80% kebocoran sampah plastik berasal dari darat serta 30% kebocoran sampah di laut yaitu plastik. Langkah penanganan melalui metode 3R ini penting agar sampah bisa didaur ulang dan tidak dibuang sembarangan untuk keselamatan lingkungan dan kesehatan.

TPS 3R Aldi Sejahtera dibangun pada tahun 2017 oleh Satuan Kerja Pengembangan Sistem Penyehatan lingkungan Permukiman (PSPLP)  Provinsi Kalimantan Selatan dan meraih penghargaan sebagai salah satu TPS 3R terbaik di Indonesia oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat pada Hari Habitat yang lalu.

Ketua KSM Aldi Sejahtera Rio Franata mengatakan, melalui TPS 3R ini mereka melaksanakan inovasi dalam bidang persampahan salah satunya adalah metode pembuatan kompos dengan waktu singkat yaitu 10 hari, pembuatan batako dari limbah plastik dan metode kerja KSM yang terpadu dalam pengambilan sampah sehingga bisa dihitung dengan statistik.

Luhut juga terkesan dengan kebijakan Walikota Ibnu Sina yang menerapkan larangan penggunaan kantong plastik untuk ritel moderen yamg dituangkan dalam Peraturan Walikota Nomor 18 Tahun 2016 dan sudah berhasil mengurangi sampah kantong plastik sebanyak satu ton perhari, sehingga selain penanganan secara 3R seperti yang dilakukan KSM Aldi Sejahtera secara legal Pemerintah Kota Banjarmasin telah melakukan pencegahan timbunan limbah plastik melalui peraturan perundang-undangan. (HRD KALSEL/ari)



‚Äč