Slide 1

Berita PUPR > Pembangunan Jalan Siantar By Pass Rampung pada tahun 2019


Senin, 11 Februari 2019, Dilihat 343 kali

Pematang Siantar – Rombongan Komisi V DPR RI yang dipimpin oleh Ibnu Munzir melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Kota Pematang Siantar, Sumatera Utara (7/2). Salah seorang anggota Komisi V DPR RI, Anthon Sihombing, berharap pembangunan infrastruktur di Pematang Siantar menjadi penunjang ekonomi masyarakat.  

"Kunjungan Spesifik komisi V DPR RI pada kesempatan kali ini dilakukan dalam rangka meninjau pembangunan infrastruktur dan transportasi sebagai sarana dan prasarana penunjang ekonomi masyarakat," tutur Anthon di Balai Kota Pematang Siantar.

Pembangunan infrastruktur menjadi salah satu aspek penting, dalam penunjang ekonomi masyarakat. Tidak dapat dipungkiri bahwa laju pertumbuhan ekonomi suatu kota tidak lepas dari pengaruh infrastruktur yang ada dalam kota tersebut. Pertumbuhan ekonomi ini pada akhirnya juga akan mempengaruhi kesejahteraan masyarakatnya.

Menurut Anthon tinjauan langsung ke lokasi-lokasi infrastruktur yang akan, sedang, dan telah dibangun oleh Pemerintah di Kota Pematang Siantar untuk mengetahui permasalahan-permasalahan yang masih terjadi terkait dengan infrastruktur dan perhubungan sehingga bisa dicarikan solusi bersama dengan mitra terkait. 

Pembangunan infrastruktur yang baik di suatu kota akan mampu mendorong peningkatan ekonomi di kota tersebut. Sebab, ketersediaan infrastruktur dapat mempermudah arus perekonomian agar dapat melakukan ekspansi seluas mungkin, mengurangi biaya produksi hingga dapat menimbulkan efek multiplier.

Kepala Satker Pelaksana Jalan Nasional Wilayah I Provinsi Sumatera Utara, Rikwanto Marbun, yang turut mendampingi rombongan Komisi V, menyampaikan bahwa Kementerian PUPR bekerja sama dengan Pemerintah Kota Pematang Siantar sedang membangun Jalan Siantar By Pass sepanjang 15,3 km dengan masa pelaksanaan dari tahun 2017 sampai dengan tahun 2019.

“Tahun 2017 telah dibangun sepanjang 1,3 km, tahun 2018 dibangun sepanjang 2,5 km, dan 2019 akan dibangun 1 km lagi. Sisanya dibangun oleh Pemerintah Kota Pematang Siantar,” jelas Marbun terkait pembangunan Jalan Siantar By Pass.

Walikota Pematang Siantar, Hefriansyah Noor, saat menerima rombongan Komisi V di kantornya menjelaskan bahwa kota Pematang Siantar dengan berbagai dinamikanya telah memberikan warna tersendiri diantara berbagai kalangan masyarakat di seluruh penjuru republik ini dengan sebutan "siantar man". Rasa solidaritas, kebersamaan, kerja keras, kritis, dan berintegritas sangat identik dengan karakter dan kepribadian masyarakatnya.

Pembangunan Ruas Jalan Tol Medan – Tebing Tinggi, lanjut Hefriansyah, telah terealisasi dan akan dilanjutkan dengan pembangunan Ruas Jalan Tol Tebing Tinggi – Pematang Siantar – Parapat yang sedang melalui tahapan pembebasan lahan, serta berbagai pembangunan infrastruktur dan jaringan transportasi lainnya yang telah terakomodir.

“Karena itu kami masih sangat mengharapkan dukungan Pemerintah Pusat melalui Bapak/Ibu Anggota DPR RI untuk menjadikan Kota Pematang Siantar sebagai salah satu sasaran prioritas pembangunan di kesempatan-kesempatan yang akan datang”, harap Hefriansyah. (PPHAL/Nov).

 



‚Äč