Slide 1

Berita BPSDM > Hadapi Perkembangan IT, BPSDM Adakan Pelatihan SMK3 Berbasis e-Learning


Kamis, 16 Mei 2019, Dilihat 52 kali

Jakarta (15/05), Sebanyak 19 aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengikuti Pelatihan Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3) Konstruksi berbasis e-Learning dan Sertifikasi Ahli Muda K3 Konstruksi.

Dengan mengikuti pelatihan selama dua hari (15-16 Mei 2019) tersebut peserta diharapkan mampu memahami Kebijakan SMK3, Standar dan Kode, Peraturan Perundangan K3, Pengetahuan Dasar K3, Manajemen Resiko, RK3K Tender dan RK3K Pelaksanaan, Pengendalian Operasional Penerapan SMK3 Konstruksi Bidang PUPR, Biaya Penyelenggaraan SMK3 Konstruksi Bidang PUPR, Monitoring dan Evaluasi Penerapan SMK3 Konstruksi Bidang PUPR secara e-Learning.

Sambutan pembukaan Setditjen Bina Konstruksi Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) yang dibacakan oleh Kepala Balai Diklat Wilayah III, Yunaldi menyebutkan Sumber Daya Manusia (SDM) merupakan isu sentral dalam penentuan keberhasilan organisasi dalam mewujudkan visi dan misinya, sehingga pengelolaan yang terencana dan terarah untuk mewujudkan SDM profesional mutlak diperlukan, khususnya dalam menghadapi tantangan pembangunan saat ini. Karena itu dibutuhkan SDM yang kompeten dan profesional untuk mensukseskan program pemerintah yang telah dicanangkan, khususnya di bidang infrastruktur, sehingga Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) yang bertugas melaksanakan pengembangan ASN menyelenggarakan berbagai kegiatan pengembangan kompetensi, yang salah satunya menyelenggarakan pelatihan. 

 

Sambutan Pembukaan Pelatihan SMK3 Oleh Kepala Balai Diklat PUPR Wilayah III Jakarta

Seiring dengan perkembangan teknologi informasi yang semakin pesat kebutuhan akan suatu konsep dan mekanisme belajar mengajar berbasis IT menjadi tidak terelakkan lagi. Konsep e-Learning membawa pengaruh terjadinya proses transformasi belajar mengajar konvensional ke dalam bentuk digital, baik secara isi maupun sistemnya. BPSDM dalam kaitan itu secara intensif mendorong pengembangan e-Learning, yang salah satunya pada pelatihan SMK3 Konstruksi untuk memberikan layanan dan kesempatan kepada peserta pelatihan yang selama ini tidak terjangkau dengan sistem konvensional secara tatap muka.

Beberapa kebijakan yang menjadi dasar bagi BPSDM untuk mengembangkan sistem pembelajaran secara elektronik (e-Learning) antara lain berdasarkan PP Nomor 11 tahun 2017 pasal 212 ayat 3 tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil, bahwa pengembangan kompetensi dalam bentuk pelatihan non-klasikal dilakukan paling kurang melalui e-learning, bimbingan di tempat kerja, pelatihan jarak jauh, magang, dan pertukaran antara PNS dengan pegawai swasta. Selain itu juga didasarkan pada Peraturan LAN RI Nomor 8 Tahun 2018 tentang Pedoman Penyelenggaraan Pengembangan Kompetensi PNS melalui e-learning.

 

Suasana Belajar Pelatihan SMK3

Pelatihan SMK3 Konstruksi berbasis e-Learning ini dimaksudkan untuk meningkatkan kemampuan teknis SDM Aparatur yang merupakan kunci keberhasilan pelaksanan tugas dan fungsi organisasi. Untuk itu, pembangunan SDM Aparatur harus diarahkan agar setiap PNS Aparatur benar-benar memiliki profesionalisme, integritas yang tinggi dan moralitas yang baik dan diharapkan mampu meningkatkan kinerja organisasi. 

Pelatihan SMK3 Konstruksi dilaksanakan secara non-klasikal berbasis e-Learning di instansi masing-masing peserta pada 2-13 Mei 2019 dan dilanjutkan dengan sesi klasikal yang terdiri atas materi pembekalan, serta pelaksanaan Sertifikasi Ahli Muda K3 Konstruksi pada 16-17 Mei di Kampus Balai Diklat PUPR Wilayah III Jakarta.

Dari 62 orang calon peserta yang diusulkan untuk mengikuti pelatihan SMK3 Konstruksi ini, 41 orang telah mengikuti sesi pembelajaran non-klasikal sejak tanggal 2 s.d 13 Mei 2019. Dari jumlah tersebut, 25 orang dinyatakan memenuhi syarat untuk melanjutkan ke sesi pembelajaran klasikal. Hingga pagi hari ini telah hadir sebanyak 19 orang peserta yang akan mengikuti materi pembekalan serta Sertifikasi Ahli Muda K3 Konstruksi.(Ts)



‚Äč