Slide 1

Berita BPSDM > Pelatihan Kepemimpinan Tingkat IV Persiapkan Calon Pemimpin Perubahan


Jumat, 24 Mei 2019, Dilihat 209 kali

Jakarta (24/05) – dalam rangka menyiapkan calon – calon pemimpin perubahan di lingkungan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) kembali menyelenggarakan Pelatihan Kepemimpinan Tingkat IV di Balai Diklat PUPR Wilayah III Jakarta yang diikuti sebanyak 30 orang peserta.

BPSDM Kementerian PUPR sesuai dengan tugas dan fungsinya untuk melaksanakan pengembangan SDM PUPR, selalu berupanya agar SDM Kementerian PUPR memiliki kompetensi yang sesuai dengan standar kompetensi jabatannya serta memiliki kemampuan inovasi dan adaptasi dalam merespon perubahan lingkungan kerja yang dinamis. Terlebih lagi dalam Era Reformasi Birokrasi dituntut adanya kemampuan ASN untuk berubah dari zona nyaman (comfort zone) ke zona kompetitif (competitive zone).

Kepala Pusdiklat Manajemen dan Pengembangan Jabatan Fungsional, Moeh. Adam, dalam sambutan penutupan Pelatihan Kepemimpinan Tingkat IV, Jumat (24/05) mengatakan bahwa pejabat saat ini dituntut untuk mampu berinovasi dan bekerja secara out of the box. “Kita pejabat, saat ini dituntut untuk mampu bekerja secara out of the box, bekerja tidak seperti air mengalir, jadi tidak seperti kebiasaan yaitu harus ada kejutan karena kedepan kita sudah memakai Sistem Merit, itu dituntut prestasi, disamping kualifikasi, kompetensi ada juga yang namanya kinerja”, Ungkap Moeh. Adam.

“Kinerja itu erat kaitannya dengan prestasi, jadi dengan prestasi yang bagus akan menjadi modal untuk menduduki jabatan yang lebih tinggi karena kemampuan bekerja secara out of the box akan mampu membuat terobosan dan inovasi. Terobosan dan inovasi ini yang akan menjadi catatan untuk karir bapak ibu kedepan” tambah Moeh. Adam.

Sebagai implementasi terobosan dan inovasi dalam manajemen kepemimpinan, para peserta pelatihan dituntut untuk membuat Proyek Perubahan yang merupakan karya nyata yang merefleksikan kemampuan peserta sebagai Pejabat Pengawas (Eselon IV) yang berkarakter: inovatif, visioner, adaptif dan responsif terhadap isu strategis, mampu mengelola stakeholders, serta mampu memimpin berjalannya kegiatan.

Pelatihan Kepemimpinan Tingkat IV ini dilaksanakan sejak tanggal 6 februari sampai dengan 24 Mei 2019 yang dilaksanakan dengan on campus dan off campus.