Slide 1

Berita PUPR > Membangun SDM PUPR melalui SIMANTU


Jumat, 14 Juni 2019, Dilihat 292 kali

Jakarta - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) sangat serius dalam mengembangkan Sumber Daya Manusia untuk seluruh ASN PUPR. Melalui Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) telah mengembangkan Sistem Informasi Manajemen Pengetahuan (SIMANTU) yang dapat diakses melalui media internet melalui alamat url https://simantu.pu.go.id.

SIMANTU, pada Maret 2019 telah diluncurkan langsung oleh Menteri Basuki Hadimuljono sebagai bentuk keseriusan Kementerian PUPR dalam upaya untuk terus meningkatkan Pengembangan Sumber Daya Manusia.

Berjalan selama 3 bulan dari peluncuran SIMANTU pada bulan Maret hingga Juni 2019, pengunjung saat ini tercatat sudah mencapai 9.997. Tingginya angka pengunjung dan aktivitas dalam sistem SIMANTU dapat menjadi dasar bahwa sistem ini sangat bermanfaat bagi ASN dan masyarakat dalam menyajikan Ilmu Pengetahuan ke PUPR-an.

Saat ini SIMANTU sudah dapat diakses dalam bentuk Desktop dan Mobile dengan dukungan Android sehingga akan sangat mudah dalam mencari ilmu pengetahuan ke-PUPR-an. Aktivitas SIMANTU menggunakan media Internet (IoT), Sistem Manajemen Pengetahuan ini didesain sebagai perpustakan dunia maya (library 3.0), sebagai dokumentasi tentang keilmuan yang ada di Kementerian PUPR dan menjadi sumber pengetahuan serta solusi atas berbagai permasalahan teknis dan non-teknis di bidang PUPR.

Data yang tersajikan dalam SIMANTU telah terintegrasi dengan beberapa sistem besar (Big Data) seperti e-Pelatihan dan e-HRM. e-Pelatihan secara otomatis menampilkan data mengenai materi dan modul pelatihan, dimaksudkan agar para ASN juga dapat membaca modul dan materi pelatihan – pelatihan yang dilaksanakan oleh BPSDM Kementerian PUPR. Selain itu, integrasi sistem dengan e-HRM memudahkan mengambil informasi ASN PUPR yang akan masuk kedalam sistem untuk berinteraksi dan turut serta membagikan informasi dalam SIMANTU.

Mengelola data digital yang besar dan banyak dari seluruh ASN Kementerian PUPR merupakan hal yang tidak mudah, namun SIMANTU telah dikembangkan untuk dapat mengelola dan menyimpan data digital tersebut secara otomatis dan akan aman tersimpan dalam server SIMANTU (Cloud Computing).

Selain dapat mengelola secara otomatis data tersebut, SIMANTU juga telah mendukung Artificial Intelengence (AI). Sistem ini memiliki kecerdasan untuk dapat memberikan referensi ilmu pengetahuan yang tepat untuk pengunjung. Artificial Intelegence SIMANTU ini bekerja berdasarkan aktivitas pengunjung dalam mencari informasi pengetahuan. SIMANTU akan selalu menampilkan informasi terbaru yang dibagikan oleh ASN PUPR dan menampilkan fokus pengetahuan yang sedang hangat dicari oleh pengunjung.

Tidak hanya berhenti sampai disini, SIMANTU memiliki layanan unggulan yaitu Ruang Diskusi. Ruang Diskusi terhubung langsung dengan para ahli Kementerian PUPR melalui WhatsApp sehingga akan secara langsung mendapatkan jawaban dari para ahli Kementerian PUPR dan dapat langsung berdiskusi dengan para pengunjung SIMANTU.



‚Äč