Slide 1

Berita BPSDM > BPSDM PUPR Turut Andil Pada Pameran Trenchless Asia 2019


Kamis, 18 Juli 2019, Dilihat 98 kali

Panel mengenai On the Job Training (OJT) Pelatihan Terowongan yang diselenggarakan BPSDM PUPR

Jakarta (18/07) - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bersama Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi Nasional (LPJKN) menggelar pameran dan workshop teknologi konstruksi modern bertajuk 'Trenchless Asia 2019' di Jakarta International Expo (JIExpo), Kemayoran, Jakarta. Salah satu teknologi konstruksi yang diharapkan mampu memberikan kontribusi pada percepatan pembangunan adalah teknologi trenchless. Teknologi ini mengintegrasikan teknologi digital jasa konstruksi yang dipergunakan untuk memasang infrastruktur bawah tanah tanpa mengganggu bangunan atau bentang alam yang ada di atasnya. Keuntungan dari pemanfaatan teknologi ini antara lain lebih ramah lingkungan, meminimalisir dampak sosial terhadap terhadap kondisi di sekitar lokasi proyek, meminimalisir terjadinya kecelakaan kerja konstruksi, durasi pekerjaan proyek lebih singkat, sehingga biaya konstruksinya lebih murah dan menjamin pencapaian kualitas konstruksi.

“Oleh karena itu perlu inovasi yang dikenal dengan lima terobosan Percepatan Pembangunan Infrastruktur yakni peraturan pengadaan lahan, koordinasi yang baik antar lembaga, pendanaan inovatif, kepemimpinan yang kuat, serta dukungan inovasi dan teknologi,” jelas Direktur Jenderal Bina Konstruksi Kementerian PUPR Syarif Burhanuddin pada pembukaan pameran Trenchless Asia 2019 di Jakarta, Rabu (17/07).

Kebijakan sektor konstruksi nasional tentunya harus mendukung penggunaan teknologi yang memberi solusi pada permasalahan yang dihadapi saat ini sehingga pembangunan infrastruktur dapat berjalan dengan lebih cepat, lebih mudah, dan tentunya lebih baik. Salah satu percepatan teknologi konstruksi yang diharapkan mampu memberikan kontribusi pada percepatan pembangunan infrastruktur tersebut adalah Teknologi Trenchless.

 “Teknologi ini mengintegrasikan teknologi digital jasa konstruksi yang dipergunakan untuk memasang infrastruktur bawah tanah tanpa mengganggu bangunan atau bentang alam yang ada di atasnya,” kata Syarif.

BPSDM PUPR tidak ketinggalan juga turut ambil bagian dalam pameran ini dengan menampilkan informasi mengenai On the Job Training (OJT) Pelatihan Terowongan yang diselenggarakan oleh Pusat Pendidikan dan Pelatihan Jalan, Perumahan, Permukiman, dan Pengembangan Infrastruktur Wilayah, Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (BPSDM PUPR). Sejumlah pengunjung yang mengunjungi booth Kementerian PUPR tampak antusias ingin mengetahui informasi mengenai penerapan teknologi trenchless di Kementerian PUPR.

Pameran Trenchless Asia 2019 berlangsung  pada 17 – 18 Juli 2019 ini tanpa dikenakan biaya masuk. Acara diikuti sekitar 3.000 exhibitor dengan menghadirkan alat berat dengan teknologi terkini untuk pekerjaan konstruksi bawah tanah. Sebelum pembukaan pameran dilakukan penandatanganan kerjasama yang dilakukan oleh LPJKN dengan The International Society for Trenchless Technology (ISTT) yang disaksikan oleh Direktur Jenderal Bina Konstruksi Kementerian PUPR dan Managing Director Trenchless Asia Paul Harwood terkait pembinaan SDM konstruksi nasional. Turut mendampingi Dirjen Bina Konstruksi, Direktur Kerjasama dan Pemberdayaan Ditjen Bina Konstruksi Kimron Manik dan Sekretaris Direktur Jenderal Bina Konstruksi, Kementerian PUPR, Dewi Chomistriana. (Dp)