Slide 1

Berita BPSDM > Pelatihan Perencanaan Teknis Embung Untuk Cegah Degradasi Fungsional


Senin, 22 Juli 2019, Dilihat 59 kali

Banjarmasin (22/07) , Perlu upaya pemeliharaan yang baik dan berkesinambungan terhadap embung irigasi, karena sering degradasi fungsional. Seperti diketahui keberadaan embung, selain untuk irigasi sawah juga bermanfaat untuk konservasi air yang dapat digunakan sebagai sumber air baku, sumber air bagi ternak, terutama pada saat musim kemarau. Tidak hanya itu, keberadaan embung juga sangat penting, karena di beberapa daerah Indonesia terdapat masyarakat yang masih kesulitan memperoleh air bersih. Karena itu jumlah tampungan air melalui embung terus ditingkatkan pembangunannya di seluruh Indonesia.

Dalam rangka mendukung pelaksanaan pembangunan dan pemeliharaan embung tersebut Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (BPSDM PUPR) mengadakan Pelatihan Perencanaan Teknis Embung. Kepala Pusat Pendidikan dan Pelatihan Sumber Daya Air dan Konstruksi BPSDM PUPR, Yudha Mediawan, dalam sambutan pembukaan pelatihan di Balai Diklat BPSDM PUPR Wilayah VII Banjarmasin, Senin (22/7) mengatakan penyelenggaraan pelatihan tersebut untuk meningkatkan kompetensi Aparatur Sipil Negara (ASN) PUPR dalam menjelaskan dan melaksanakan Perencanaan embung dengan baik. 

Materi Pelatihan Perencanaan Teknis Embung yang terdiri dari 81 jam pelatihan (JP) adalah sebagai berikut:

1. Pembangunan Integritas, Penyalahgunaan Narkoba dan Pengarusutamaan Gender (4 JP)

2. Konsep Kebijakan Bendungan (2 JP)

3. Pengantar Perencanaan Embung (4 JP)

4. Geologi dan Geologi Teknik (4 JP)

5. Survei Topografi (4 JP)

6. Analisis Hidrologi (4 JP)

7. Desain Bangunan Pelengkap (8JP)

8. Desain Tubuh Embung (8 JP)

9. Stabilitas Embung (6 JP)

10. Konsultasi Publik dan Penyelesaian Konflik (4JP

11. SMK3 dan SMK3L (4JP)

12. Penggambaran Perhitungan Volume AHS dan RAB (6 JP)

13. Praktek Perencanaan Embung dan Seminar (12 JP) 

Pada akhir pelatihan nantinya akan dilakukan sertifikasi keahlian oleh Himpunan Ahli Teknik Hidraulik Indonesia (HATHI). "Saya berharap pelatihan ini, dengan para instruktur yang berpengalaman, dapat dimanfaatkan oleh Bapak/Ibu untuk berdiskusi dan bertukar pikiran dalam rangka memahami dan membantu berbagai permasalahan lapangan," ujar Yudha. (Kn)



‚Äč