Slide 1

Berita BPPSPAM > Ketua BPPSPAM : Penggantian Meter Air Tingkatkan Pendapatan PDAM 200%


Kamis, 01 Agustus 2019, Dilihat 338 kali

Jakarta- Ketua BPPSPAM, Bambang Sudiatmo menyampaikan bahwa berdasarkan pengalaman BPPSPAM mendampingi peningkatan kinerja di beberapa PDAM, diketahui bahwa penggantian meter air di PDAM yang kondisi meter airnya sudah tidak akurat dan rusak karena melebihi batas umur teknis serta belum pernah melakukan penggantian meter air, apabila dilakukan penggantian meter air dapat meningkatkan pendapatan.

“Penggantian meter air pada PDAM yang mayoritas meter airnya rusak atau sudah tidak akurat dapat meningkatkan penjualan air ke pelanggan yang meter airnya diganti sampai 300 % dan pendapatannya bisa naik hingga 200 %. Hal ini sudah pernah terjadi di PDAM Karawang,” kata Bambang dalam acara Penandatanganan Kesepakatan Bersama Bantuan Meter Air PAM Jaya untuk Penyehatan PDAM Sakit di Provinsi Lampung, di Kantor BPPSPAM, Kamis (01/08/19).

Lebih lanjut Bambang menyampaikan bahwa latar belakang kegiatan bantuan meter air oleh PAM Jaya dilakukan karena minimnya penggantian meter air pada PDAM sakit. Padahal penggantian meter merupakan kunci pendapatan PDAM.

Oleh karena itu, BPPSPAM menggagas ide pendanaan penggantian meter air berdasarkan kemitraan antar PDAM. BPPSPAM juga sangat mengapresiasi kepedulian PAM Jaya untuk membantu PDAM lain yang berkinerja Sakit dan berharap kegiatan ini dapat ditiru dan diadaptasi oleh lebih banyak PDAM lagi di Indonesia.

Pada kesempatan ini, PAM JAYA akan memberikan hibah meter air sebanyak 950 unit. Ada 3 (tiga) PDAM yang akan menerima bantuan meter air yaitu PDAM Kabupaten Pringsewu sebanyak 300 unit; PDAM Kabupaten Lampung Timur sebanyak 450 unit; dan PDAM Kabupaten Tulang Bawang sebanyak 200 unit.

Direktur Utama PAM JAYA, Priyatno Bambang Hernowo menyampaikan bahwa selain meningkatkan pendapatan melalui pergantian meter air secara rutin, PDAM juga harus menerapkan efisiensi biaya produksi melalui efisiensi energi dan menurunkan tingkat kehilangan air untuk menambah pendapatan.

“Meter air seyogyanya dicek dan diganti secara berkala karena itu merupakan hal krusial bagi pertumbuhan sebuah PDAM karena sebagai pencatat pendapatan dan juga bagi pelanggan untuk mendapatkan haknya dalam hal ini pencatatan penggunaan konsumsi yang akurat” tegas Priyatno Bambang hernowo.

Bantuan meter air PAM JAYA ini diharapkan mampu meningkatkan pendapatan 3 PDAM yang mendapat bantuan tersebut sehingga berangsur dapat memperbaiki kinerja PDAM secara menyeluruh.(el/Irn)