Slide 1

Berita BPPSPAM > BPPSPAM Dorong Perubahan Pola Komunikasi Pelayanan PDAM


Kamis, 24 Oktober 2019, Dilihat 208 kali

Kepala Sekretariat Dr.Ing-Habil. Andreas Wibowo, ST.MT berharap sumber daya manusia (SDM) Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) memiliki tekad besar untuk melakukan perubahan pola komunikasi pelayanan teknis menjadi pelayanan informatif yang bermanfaat bagi masyarakat.

“Jangan hanya memberikan informasi yang sifatnya teknis semata, namun harus diolah sedemikian rupa sehingga menjadi informasi yang memiliki nilai pengetahuan dan bermanfaat bagi penerimanya,”kata Andreas dalam acara Workshop Strategi Komunikasi Publik Penyelenggaraan SPAM di Era Industri 4.0 di Semarang, Rabu (18/10/19).

Andreas menyampaikan sebagai badan publik, PDAM harus informasi kepada masyarakat secara cepat, akurat dan dapat dipertanggungjawabkan. Oleh karena itu sebagai ujung tombak pelayanan PDAM bagian hubungan masyarakat dan hubungan pelanggan harus mengubah mindset bekerja dari pelayanan teknis semata menjadi praktisi komunikasi publik yang kreatif, inovatif dan mengikuti perkembangan kebutuhan informasi masyarakat dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi terkini.

Selain itu Bagian Humas dan Hublang juga harus memahami alur bisnis proses penyelenggaraan SPAM secara keseluruhan sehingga dapat memilih dan mengolah informasi secara tepat dan menarik untuk diberikan kepada pelanggan, pemerintah, pemda dan stakeholdernya.

Dalam workshop ini, PDAM diberikan pelatihan mengenai Peningkatan Kinerja BUMD Penyelenggara SPAM Melalui Pelayanan Publik Berbasis Teknologi Informasi & Komunikasi 4.0, Tata Cara Pembuatan Narasi Konten pada Media Komunikasi 4.0 dan Pengemasan Materi Publikasi Dalam Berbagai Paltform.

Beberapa narasumber yang hadir yaitu Anggota BPPSPAM Unsur Profesi, Ir. Popy Indrawati Janto,M.Sc; Advisory BPPSPAM, Ir. Aulawi Dzin Nun, M.Sc; Head of Coorporate of Secretary PT. Adya Tirta Batam, Maria Y. Jacobus dan Praktisi komunikasi dari RWE Bhinda Agency.