Slide 1

Berita BPSDM > Bekerja Dari Rumah, BPSDM PUPR Gunakan Aplikasi Konverensi Video Sendiri


Kamis, 02 April 2020, Dilihat 121 kali

Jakarta, 2 April 2020 - Implementasi Social dan Physical Distancing untuk mencegah penularan Virus Corona (Covid-19) mendorong Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyempurnakan aplikasi video conference BPSDM (vcBPSDM) sebagai sarana komunikasi dalam melaksanakan berbagai tugas, seperti koordinasi pekerjaan, utamanya dengan adanya peraturan bagi pegawai untuk bekerja dari rumah atau work from home (WFH).


VcBPSDM hadir untuk melengkapi beberapa aplikasi konferensi video yang sudah ada dan tengah popular di masyarakat, antara lain Zoom, Skype for business, dan join.me. Meskipun vcBPSDM sebenarnya sudah dikembangkam sejak tahun lalu, namun pengoperasiannya masih belum sempurna. Pada awalnya VcBPSDM digunakan untuk mendukung pelatihan jarak jauh (e-learning) pada balai-balai diklat BPSDM PUPR, yang selama ini masih menggunakan aplikasi luar, seperti Zoom. Dalam perkembangannya, bagian Data dan Informasi BPSDM, dengan disupervisi oleh Sekretaris BPSDM, K.M. Arsyad, bekerjasama dengan praktisi IT berinisiatif untuk mengembangkan aplikasi VC sendiri.


Kepala Sub-bagian Pengembangan Sistem Sekretariat BPSDM, Satya Raharja, yang merupakan salah satu eksekutor VcBPSDM, dalam penjelasannya kepada Tim Publikasi Data dan Informasi BPSDM, menyebutkan beberapa kelebihan VcBPSDM dibandingkan dengan aplikasi-aplikasi lain, di antaranya lebih efisien, karena untuk mengoperasikannya tidak harus berlangganan atau menjadi member terlebih dahulu. Disamping itu VcBPSDM juga bisa disesuaikan dan dikembangkan sesuai kebutuhan BPSDM, selain aksesnya juga dijamin lebih aman, karena menggunakan server yang diciptakan sendiri.


Sekarang ini, meskipun pengembangannya belum 100%, tetapi sudah bisa digunakan, bahkan sejak diberlakukan WFH sangat membantu pegawai sebagai media komunikasi dengan atasan maupun rekan kerja di luar wilayah secara real time. Kedepan VcBPSDM akan diintegrasikan dengan sistem e-Pelatihan dan akan dikemas ke Mobile App untuk memudahkan para widyaiswara (pengajar) dan peserta yang akan mengaksesnya di manapun dan kapanpun.


Menutup perbincangan, Satya mengungkapkan untuk saat ini aplikasi hanya diperuntukkan bagi pegawai BPSDM PUPR. Namun tidak menutup kemungkinan apabila unit organisasi lain di Kementerian PUPR ingin ikut menggunakannya dapat mengajukan surat perizinan ke Sekretariat BPSDM PUPR. (Datin)



‚Äč