Slide 1

Berita Ditjen Cipta Karya > Air bersih SPAM Bendung Gresik Sembayat Ditargetkan Mengalir Februari 2021


Selasa, 28 April 2020, Dilihat 216 kali

Dirut PDAM Giri Tirta Gresik

Gresik - Pengerjaan Proyek Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Bendung Gerak Sembayat (BGS) dikebut untuk memenuhi target Commisioning Test awal tahun 2021, sehingga cakupan layanan air bersih yang didistribusikan oleh PDAM Gresik bisa semakin luas dinikmati masyarakat.

Menurut Direktur Utama PDAM Giri Tirta Gresik, Siti Aminatus Zahriyah, ketika meninjau lokasi Proyek SPAM Bendung Gerak Sembayat di Gresik, Senin (27/4/2020), saat ini tengah dilakukan pemancangan tiang perdana untuk pondasi pompa air baku atau intake, dan sesuai masterplan, intake yang dibangun mampu menampung air dari Sengawan Solo hingga 1.200 m3.

Hingga saat ini progres pembangunan proyek SPAM BGS sudah mencapai 30 persen, yaitu pembangunan secara paralel meliputi pembangunan Instalasi Pengolah Air (IPA), pembangunan Resevoar di Manyar, pembangunan Intake dan kegiatan pipanisasi.

Diharapkan proyek tersebut akan selesai pada Desember 2020, sehingga pada Februari 2021 air SPAM Bendung Gerak Sembayat sudah bisa dinikmati warga.

“Kami berkomitmen untuk memberikan dukungan dan mengawal proyek SPAM BGS ini agar rampung sesuai dengan target, dan air bersih bisa segera didistribusikan dan dinikmati masyarakat,” kata Siti Aminatus Zahriyah.

Untuk kegiatan pipanisasi dari IPA menuju pertigaan Bungah sejauh 7,8 kilometer, saat ini sudah mencapai 60 persen. Pipa yang memiliki diameter 1,1 meter itu nantinya akan mendistribusikan air bersih hingga 1.000 liter/detik.

Pada awal 2021 jumlah air bersih yang didistribusikan dari SPAM BGS mencapai 500 liter/detik. Jumlah itu akan bertambah menjadi 750 liter/detik pada tahun kedua, dan 1.000 liter/detik di tahun ketiga.

“Mohon dukungan dari masyarakat agar proyek berjalan lancar, sehingga masyarakat yang ada di Kecamatan Bungah, Manyar, Gresik bisa segera menikmati air bersih,” katanya. (pspam/yss)