Slide 1

Berita BPSDM > Sebanyak 57 PNS Ikuti Penilaian Potensi Dan Kompetensi Gelombang II


Rabu, 05 Agustus 2020, Dilihat 116 kali

Jakarta, 5 Agustus 2020 – Sebanyak 57 orang Pelaksana Angkatan Pegawai Negeri Sipil (PNS) 2018 yang mendapatkan tugas khusus untuk memberikan bantuan pasca bencana gempa bumi di Nusa Tenggara Barat mengikuti Penilaian Potensi dan Kompetensi Gelombang II yang dilaksanakan secara daring dari Jakarta, Rabu (5/8).

Penilaian tersebut dimaksudkan untuk melengkapi profil kompetensi pegawai ybs, sehingga dapat dipetakan dalam talent pool yang nantinya diharapkan dapat dimanfaatkan untuk memetakan jabatan yang sesuai dengan potensi dan kompetensinya.

Seperti diketahui, untuk mendapatkan profil potensi dan kompetensi pegawai agar dapat dipetakan dalam talent pool, Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyelenggarakan Penilaian Potensi Dan Kompetensi.

Kepala BPSDM PUPR, Sugiyartanto dalam sambutannya melalui konferensi video dari Jakarta, mengatakan setiap Aparatur Sipil Negara (ASN) harus mempunyai peta talenta masing-masing. Penilaian potensi dan kompetensi bertujuan untuk mengukur potensi, kompetensi manajerial, dan sosial kultural, serta kompetensi teknis para peserta agar dapat dipetakan dalam matriks talenta, sehingga diketahui langkah pengembangan aparatur kedepannya. Dengan demikian nantinya profil kompetensi pelaksana dapat diperoleh secara utuh dan menyeluruh, sehingga dapat digunakan secara maksimal dalam menerapkan manajemen talenta atau pola karir bagi ASN di lingkungan Kementerian PUPR.

Sugiyartanto menambahkan, Kementerian PUPR sudah mendapatkan apresiasi Anugerah KASN 2018 terkait implementasi pelaksanaan Sistem Merit di Lingkungan Kementerian PUPR. Penghargaan tersebut memberikan tantangan sekaligus peluang terhadap mekanisme kebijakan dan strategi pengembangan SDM di Kementerian PUPR secara obyektif dan transparan, mulai dari perencanaan kebutuhan pegawai, pengadaan ASN, pengembangan karir dan kompetensi, promosi dan mutasi, manajemen kinerja, serta penerapan sistem pendukung.

Dalam akhir sambutannya, Sugiyartanto berpesan agar para peserta mengikuti tes potensi dan kompetensi secara keseluruhan tahapan penilaian dari awal sampai akhir secara urut, lengkap, dan memaksimalkan potensi diri untuk menjawab, karena dengan itu kompetensi masing-masing akan terlihat sesuai dengan kebutuhan organisasi nantinya.

Kegiatan yang dilaksanakan secara daring oleh Balai Penilaian Kompetensi BPSDM PUPR tersebut berlangsung selama selama tiga hari ini yang tersebar di beberapa wilayah atau lokasi dan dimulai pada 5 Agustus s/d 7 Agustus 2020. (Kompu BPSDM)