Slide 1

Berita Ditjen Perumahan > Kementerian PUPR Resmikan Rusun Ponpes di Poso


Jumat, 14 Agustus 2020, Dilihat 225 kali

POSO - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat telah menyelesaikan pembangunan Rumah Susun (Rusun) untuk Pondok Pesantren Islam Amanah Putra Poso yang berlokasi di Desa Toini Kecamatan Poso Pesisir Kabupaten Poso. Adanya Rusun Ponpes tersebut diharapkan dapat mendorong semangat para santri untuk belajar dengan baik dengan fasilitas tempat tinggal yang nyaman.

“Sesuai instruksi Presiden Joko Widodo kepada Menteri PUPR bahwa pemerintah tetap berupaya memperhatikan infrastruktur pendukung pendidikan seperti hunian santri dan mahasiswa. Salah satu Rusun yang kami bangun adalah Rusun Pondok Pesantren Islam Amanah Putra Poso,” ujar Direktur Jenderal Perumahan Kementerian PUPR Khalawi Abdul Hamid mewakili Menteri PUPR Basuki Hadimuljono saat meresmikan Rusun Pondok Pesantren Islam Amanah Putra di Poso, Sulawesi tengah, Jum’at (14/8/2020).

Peresmian Rusun Ponpes tersebut di tandai dengan penandatanganan prasasti dan pengguntingan pita  oleh Dirjen Perumahan Khalawi Abdul Hamid didampingi oleh Direktur Rumah Susun Direktorat Jenderal Perumahan Maryoko Hadi, Bupati Poso Darmin Agustinus , Kepala Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan (BP2P) Wilayah Sulawesi II Suko Wiyono, Kepala BNPT Komjen Pol Dr. Boy Rafli  Amar, dan Pembina Pondok Pesantren Islam Amanah Putra,  KH Muhammad Adnan Abdul Rahman Saleh.

 Khalawi menerangkan, pembangunan Rusun bagi para santri diperlukan agar mereka bisa lebih fokus belajar serta meningkatkan prestasinya. Selain itu, saat ini Kementerian PUPR juga tengah menyelesaikan pembangunan Rusundi sejumlah Ponpes di Sulawesi Tengah tahap pembangunan .

“Kami berharap adanya pembangunan Rusun tersebut bisa membantu para santri untuk mendapatkan asrama yang layak selama proses belajar mengajar dan meningkatkan karakter generasi muda yang unggul dan berakhlak mulia untuk bangsa dan negara.  Kami juga meminta para santri untuk menjaga dan memanfaatkan semua fasilitas yang ada di Rusun dengan baik agar bisa belajar dengan giat dan nyaman” harapnya.

Berdasarkan data yang ada, Rusun Pondok Pesantren Islam Amanah Putra Poso yang dibangun  oleh  Satuan kerja Non Vertikal Tertentu (SNVT) Penyediaan Perumahan Provinsi Sulawesi Tengah dengan anggaran Rp 2,4 Milyar. Rusun tersebut terdiri dari  satu tower setinggi dua lantai. Rusun tersebut dibangun dengan tipe hunian berupa empat unit barak yang dapat menampung 56 santri.

Guna menambah kenyamanan para santri selama tinggal di Rusun tersebut, Kementerian PUPR telah melengkapi Rusun tersebut dengan berbagai fasilitas seperti air bersih, instalasi listrik, tempat tidur, kasur, lemari pakaian sebanyak 56 unit serta toilet komunal, area wudhu dan PSU. Pembbangunan Rusun dikerjakan oleh kontraktor pelaksana CV Kaliavo dengan luas ukuran bangunan 393,6 meter persegi dan ukuran bangunan 24 x 8,2 meter.

Sementara itu, Pembina Ponpes Islam Amanah Putra Poso, KH Muhammad Adnan Arsal menyatakan sangat bersyukur dan berterima kasih kepada Kementerian PUPR yang telah memberikan bantuan rumah susun sehingga para santri dapat  merasakan manfaatnya.

“Semoga Rusun ini dapat menambah semangat para santri serta mendukung pendidikan di Poso,” katanya. TIM KOMUNIKASI PUBLIK BALAI PELAKSANA PENYEDIAAN PERUMAHAN (BP2P) WILAYAH SULAWESI II/ BAGIAN HUKUM DAN KOMUNIKASI PUBLIK DITJEN PERUMAHAN KEMENTERIAN PUPR



‚Äč