Slide 1

Berita Ditjen Bina Marga > Urai Kemacetan Kota Serang, PUPR Bangun Jembatan Layang Kemang B


Rabu, 09 September 2020, Dilihat 48 kali

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal (Ditjen) Bina Marga tengah membangun jembatan layang (overpass) Kemang B di Serang, Banten. Overpass sepanjang 382 meter tersebut berada di atas jalan tol Tangerang-Merak pada Km 71+600.

 

Sebagai informasi konstruksi overpass Kemang B tersebut merupakan duplikasi dari jembatan Kemang yang sudah ada sebelumnya.  Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) 1.1 Pelaksanaan Jalan Nasional (PJN) 1, Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) Banten Rahmat Donal mengatakan overpass ini berada di kota Serang yang menghubungkan pusat kota Serang menuju Jakarta.

 

“ Kondisi lalu lintas dari kota Serang ke arah Jakarta yang melewati jalan nasional ruas Cikande Rangkasbitung tersebut cukup padat. Saat ini kondisi jembatan yang ada di ruas jalan nasional tersebut tidak cukup memadai. Maka dari itu Direktorat jenderal Bina Marga mengusulkan pembangunan Overpass Kemang B ini,” terang Donal.

 

Pembangunan overpass yang memiliki lebar 7 meter (2 lajur) tersebut dimulai kontrak pada 24 Januari 2020 dengan nilai kontrak sebesar Rp 46 milliar. Jembatan layang tersebut memiliki total panjang 382 meter dengan perincian 55 meter panjang overpass dan 327 meter jalan pendekat. Untuk konstruksinya overpass Kemang B menggunakan 3 buah steel box girder. 

 

Mengingat sebagian wilayah kerja konstruksi overpass yang berada di atas jalan tol Tangerang-Merak, Donal menyebutkan pihaknya sedari awal sudah koordinasi dengan Badan Pengatur Jalan Tol dan Dinas perhubungan Kota Serang dan PT Marga Mandalasakti selaku operator jalan tol Tangerang-Merak.

 

“Alhamdulilah launching atau pemasangan steel box girder sudah berhasil kami lakukan pada tanggal 19 Agustus malam,” lanjutnya.

 

Progres konstruksi pekerjaan per tanggal 7 September yaitu 68 persen dari semula rencana 65 persen. Masih surplus sekitar 3 persen dari target pembangunan.  Pengerjaan overpass Kemang B sendiri ditargetkan rampung pada akhir tahun ini. Target tersebut mengalami percepatan dari rencana awal penyelesaian konstruksi yang pada Maret 2021.



‚Äč