Slide 1

Berita PUPR > PENCANANGAN PEMBANGUNAN PERMUKIMAN NELAYAN EKS KALI ADEM DI


Rabu, 11 Februari 2004, Dilihat 133 kali

kim1102041b

Penertiban permukiman nelayan eks Kali Adem yangdilaksanakan oleh Pemerintah DKI Jakarta pada awal bulan November 2003 telahmenyebabkan lebih dari 1.500 KK kehilangan tempat tinggal. Dari 1.500 KK inikurang lebih 1.000 KK menempati tempat penampungan sementara dengan membuatsendiri bangunan tempat tinggal sementara dengan ukuran 4x4m2, sebanyak 223 KKmenyatakan diri ingin pindah ke Karang Song Indramayu, dan sebagian lagi  pindahke tempat lainnya. Melalui koordinasi antar Departemen Kelautan dan Perikananserta Direktur Jenderal di lingkungan Departemen Permukiman dan PrasaranaWilayah bersama Pemerintah Kabupaten Indramayu telah dapat dibebaskan dandisiapkan lahan siap bangun sebanyak 4,2 Ha. Dari lahan yang telah dibebaskandan siap bangun tersebut telah disepakati dan direncanakan untuk pembangunanperumahan bagi warga eks Kali Adem dan nelayan setempat serta pembangunanpelabuhan penangkapan ikan di Karang Song, Indramayu, Propinsi Jawa Barat.

kim1102041aBerkenaan dengan hal tersebut pada Tanggal 30 Januari 2004Taufik Kiemas didampingi oleh Menteri Permukiman dan Prasarana Soenarno, MenteriKelautan dan Perikanan Rokhmin Danhuri, Kapolri Dai Bahtiar, sejumlah anggotaDPR dari Fraksi PDIP  beserta pejabat di lingkungan Depkimpraswil mencanangkandimulainya pelaksanaan pembangunan pelabuhan penangkapan ikan dan pembangunanpermukiman nelayan di Karang Song, Indramayu.

Dalam sambutannya Menteri Kimpraswil  menyatakan, bahwaDadap dapat menjadi pelabuhan nelayan yang potensial. Karena setiap harinyapaling tidak ada sekitar 1.500 kapal kecil dan 50 kapal besar yang berlabuh.Sehingga bila pelabuhan ini selesai dibangun diharapkan dapat mendorongpertumbuhan ekonomi Indramayu yang akhirnya berdampak pada kesejahteraan rakyat.“Jadi urbanisasi ke Jakarta tidak perlu terjadi lagi” katanya. Untuk ituDepkimpraswil telah menyediakan bantuan dana  dalam rangka pembangunaninfrastruktur di Dadap.

Untuk T.A. 2004 pelaksanaan pembangunan lahan siap bangununtuk rumah nelayan dan pembangunan pelabuhan penangkapan ikan di Karang SongIndramayu Jawa Barat  masing – masing instansi mengalokasikan bantuan danasebagai berikut : Direktorat Jenderal Perkotaan dan Perdesaan mengalokasikandana sebesar Rp. 1 milyar yang diperuntukkan untuk penyediaan air bersih danjalan utama di permukiman; Direktorat Jenderal Perumahan dan Permukimanmengalokasikan dana sebesar Rp. 4,8 milyar yang diperuntukkan untuk pembangunanrumah sebanyak 300 unit termasuk fasilitas sosial, fasilitas umum dan jalanserta saluran; Direktorat Jenderal Prasarana Wilayah mengalokasikan dana sebesar800 juta untuk membangun jalan masuk dari jalan inspeksi ke kawasan permukimansepanjang 600m; Direktorat Jenderal Sumber Daya Air mengalokasikan dana sebesarRp. 7,8 milyar untuk pembuatan jety sepanjang 1 km; Departemen Kelautan danPerikanan mengalokasikan dana sebesar Rp. 3-4 milyar untuk pembuatan talud,drainase, lampu navigasi dan pembangunan pabrik pengolah ikan; Pemkab Indramayudan Pemprov Jawa Barat  pembebasan dan mematangkan lahan.

kim1102041cPelaksanaan pembangunan rumah nelayan sebanyak 300 unit inidirencanakan akan dihuni sebanyak 223 KK yang berasal dari penertiban permukimaneks Kali Adem, sedangkan sisanya sekitar  20%(77 KK) berasal dari pendudukKarang Song. Tahap I untuk pelaksanaan pembangunan rumah nelayan  akan dibangunsebanyak 92 unit yang dijadwalkan akan selesai pada akhir bulan Februari 2004.Sedangkan tahap sisanya akan dilaksanakan pada bulan Februari 2004, yangdiharapkan pelaksanaan pembangunan rumah beserta prasarana dan sarana dasar akanselesai  dan siap huni pada bulan Mei 2004.

Kepemilikan  rumahnelayan penertiban permukiman eks Kali Adem dan warga Kelurahan Karang Song iniakan dilakukan dengan cara diangsur. Direncanakan batas waktu mengangsur +15 tahun, setelah itu akan menjadi hak milik penghuni. Uang angsuran inirencananya akan digulirkan dan dikelola oleh Pemerintah Kabupaten Indramayu,diharapkan dapat dimanfaatkan untuk membangun rumah – rumah nelayan yang baru diKarang Song.

PENCANANGAN PEMBANGUNAN
PERMUKIMAN NELAYAN EKS KALI ADEM
DI KARANG SONG INDRAMAYU

Humas Perkim